Kereta Kamandaka

Anda sering ke Semarang?
Bosen naek travel yang butut itu?
Sering gak kebagian bis patas?
Atau udah muak naek bis ekonomi?

Oke-oke, gw punya solusi buat kalian...

Apaan sih ne? Iklan ye?

Bukan sodarah-sodarah, gw lagi kagak ngiklan, tapi mau share aja pengalaman gw kemaren ke Semarang dengan transportasi lain.
Jadi ceritanya gw harus ke semarang karena mau urus sesuatu yang penting. Nah, karna gw dah bosen naek bis patas dan gw muak naek travel, kan jadinya bingung yah mau naek apa. Ya masak gw gw terbang, kan gak mungkin *apaan seh*

Yaudah, naek bis ekonomi aja za, ngirit!
WHAT?? naek bis ekonomi?
Alergi gw sodarah-sodarah... *sokk*

Bukannya gw gaya-gayaan gak mau naek bis ekonomi, la wong liat keadaan busnya aja gw udah nelangsa. Gimana ini bis mau bawa gw sampe Semarang, la wong ini bis kayaknya bernapas aja susah *wkwkwkwk*
Lagian gw juga masih sayang sama nyawa gw cuy!

Di tengah kegalauan gw, eh ada angin segar... *wusss* #angin kentut
Ternyata PT KAI meluncurkan kereta baru!
Namanya Kereta Kamandaka, jurusan Purwokerto-Semarang PP, ekonomi AC pula *sedaapp*



Pertamanya sih gw kagak percaya sama berita ini, sampe gw liat sendiri iklannya di jalan-jalan di Purwokerto.
Keretanya berangkat jam 5 pagi, sampe Semarang jam 10 pagi. Harga tiketnya cuma 70 ribu ajah.
Weleh.., ini nih yang gw cari!

Akhirnya tanpa ba-bi-bu langsung gw ke stasiun Purwokerto buat boking tiketnya.
Syaratnya gampang, cuman data diri yaitu KTP. Oh iya, jangan lupa bawa KTP pas mau berangkat, diperiksa cuy!
Ini die tiketnye


Namanya aja berangkat subuh, ya sebelom jam 5 gw musti udah nangkring di stasiun. Emang sih, jamnya gak banget, tapi kan lu masih bisa tidur di kereta ntar, jadi ini tetep worth it.

Ah ya, ini nih yang penting banget dan harus kalian perhatikan. Jangan pernah sekali-kali berpikir kereta jaman sekarang sama kaya kereta jaman dulu!
Jangan!
Totally big different!
Sumpah, kalo lu telat ya bener-bener di tinggal!
So, prepare yourself


Terus, gimana daleman keretanya za?
Pasti kotor!
Pasti bau!
Pasti banyak kecoanya!
Pasti panas!
Pasti bau elu! #lohh
Ahaghaghag...

Gw udah bilang di entri gw sebelomnya, kereta sekarang tuh beda banget sama yang dolo. Sejak dirutnya ganti jadi Ignatius Jonan, semua kereta pake AC!
Gak ada lagi ituh orang jualan, ngamen, pengemis ato apalah yang mengganggu kenyamanan penumpang, semua di usir jauh-jauh sama beliau. Salut banget lah gw, gw acungin 7 jempol!! *hah, jempol sapa tuh!*

Masi gak percaya juga? ni gw kasih buktinya, jangan suujon sodarah-sodarah, suujon ituh dosa! *a la pak ustad*



Terus Wc nya gimana za?
Ih.. jorok banget pasti!
Mampet, gak ada aernya, bau pesing!
Becek, gak ada ojek! *cinta laura*
Ogah gw!

Masih suujon aja? dosa lu!
Sumpah perubahannya sekarang banyak banget!
WC nya jadi super bersih, sekarang ada wastafelnya, sabun cuci tangannya, ada tissuenya juga!
Dan yang paling penting, aernya ngalir deras broh!



Tuh kan mencling mempesonahh...

Terus apa lagi nih fasilitasnya?
Selain ber AC, ini kereta bersih banget. Terus setiap dibawah tempat naroh minuman ada colokannya. Jadi buat elu-elu yang gadget freak, gak bisa hidup tanpa gadget kalo mau mati ato lobet bisa noh di setrum di situ, gratess ituh.
Terus ada tempat sampahnya juga, jadi tolong jangan nyampah di gerbong!

Terus kalo laper gimana za?
Tenang cuy, ntar setiap beberapa menit sekali bakal ada mas-mas yang nawarin makanan. Ada nasi goreng, mie goreng, mie rebus, nasi ayamlah, you name it!
Udah gitu, kalo lu beli makan maka akan dapet jus gratis ato teh gratis.
Gilak, bek banget kan?
Harganya berapaan tuh?
Cuma 15 ribu ajah sodarah-sodarah..., murah kan?

Terus kalo gw ngantuk pengen ngopi gimana bos?
Wahh, tenang, lu mau kopi sachet, kopi item bisa juga pesen sama mas-masnya. Ntar dianterin kok.
Kopi tubruk kayaknya juga ada, yang gak ada perawan tubruk! ahahahaha *apaan seh*

Oh iya, ini die rutenya

Stasiun Kedatangan Keberangkatan
KA 7129 (Purwokerto-Semarangtawang)
Purwokerto - 05.10
Bumiayu 05.43-05.45
Slawi 06.52-06.54
Tegal 07.19-07.24
Pemalang 08.00-08.02
Pekalongan 08.29-08.32
Weleri 09.28-09.30
Semarang Poncol 10.01-10.06
Semarang Tawang 10.11
KA 7131 (Semarangtawang-Purwokerto)
Semarang Tawang - 16.15
Semarang Poncol 16.19-16.24
Weleri LS-16.55
Pekalongan 17.38-17.41
Pemalang 18.07-18.09
Tegal 18.32-18.37
Slawi 19.02-19.04
Bumiayu 20.09-20.11
Purwokerto 20.50 -

Nah gimana? mau nyobain?
Itu sih terserah kalian
Gw cuman share aja, kali-kali bisa jadi referensi buat kalian

Oh iya, gw punya tips nih buat kalian!
Kalo lu mau pewe, pesen lah tempat duduk di gerbong no 6, alias gerbong penumpang terakhir.
Kenapah? Karna di gerbong terakhir biasanya sepi cuy. Jadi kan banyak bangku yang kosong tuh, bisa lu jajah buat molor, wkwkwk *ketawa jahad*
Jangan minta duduk di gerbong 7! Kenapa? ya karna gerbong paling terakhir adalah gerbong restorasi dan pembangkit
Kalian gak mau kan duduk diatas kompor? *wkwkwkwk*

"Terus kalo gw duduk di gerbong 8 boleh gak za?"
Boleh, tapi lu duduk di rel!
Kagak baca tulisan gw diatas! *gebrag meja*

Ahaghaghag, enggak kok, gw kan orangnya baek hati *taktakdungdungjes*

Pesen juga nih buat lu semua:

TOLONG JANGAN JADI ORANG UDIK!!

Mau tau kaya gimana tanda orang udik?

1. Suka duduk lesehan di lantai selama masih ada bangku kosong!
2. Suka merokok sembarangan!
3. Buang sampah tidak pada tempatnya!

Tolong, yah, jadilah orang yang cerdas. Gimana orang yang cerdas?
Gampang ituh, yaitu kalian gak duduk lesehan di lantai selama masih ada bangku kosong. Selama ada bangku kosong, duduklah di bangku tersebut. Lu tau gak kenapa orang diluar negeri suka pada ngremehin kita? Ya karna kalo di bandara cuman orang Indonesia yang suka duduk lesehan di lantai, padahal masih ada banyak banget bangku kosong! Udah gitu lesehannya di tempat yang banyak dilalui orang lagi, ganggu tauk!
Untuk itu tolong lah yah, mumpung masih di setasiun, belajarlah jadi orang yang santun.

Terus orang yang cerdas adalah orang yang gak ngerokok di tempat-tempat umum. Tolong buat lu yang smokers, plis, kalo ngerokok jangan di area stasiun. Lu bisa liat sendiri kan banyak tanda dilarang merokok?
Nah, lu jangan memperlihatkan kebegoan dengan merokok di stasiun kalo ada tanda yang jelas melarang, apa lagi merokok di bawah tanda larangan, ketauan banget begoknya gak bisa baca!

Satu lagi nih, yang jadi momok orang Indonesia. Tolong buanglah sampah pada tempatnya!
Habit orang-orang kita emang suka malu-maluin. Apa susahnya sih jalan sebentar ke tempat sampah? Emang kalo buang sampah pada tempatnya akan menjatuhkan harga diri kita? Enggak sama sekali men!
Malah dengan membuang sampah pada tempatnya artinya elu menghargai orang lain.

'Kan ada tukang bersih-bersih za, ngapain sih susah-susah!'

Hadehhh, emang susah kalo ngomong sama orang yang otaknya jongkok!
Bahasa gw kasar?
Sori, emang sengaja gw, biar kalian ngerasa!

Tolong hargailah usaha pemerintah dengan memberikan fasilitas publik yang baik. Jaga itu!
Jangan buang sampah sembarangan, jangan merokok sembarangan, gak duduk klesotan di lantai kalo masi ada bangku kosong, terus jangan coret-coret fasilitas umum!
Dengan begitu, akan terlihat tertib. Kan jadi enak juga kalo diliat

"Kalian sudah mengerti kan?"
Iyaa pak guruuuu...



Bagus! Camkan itu nak!

Post a Comment

0 Comments