(TF) Memanfaatkan Uang Receh

6/21/2016 07:00:00 am Riza Alhusna 7 Comments

Hai semuahhh..

Apa kabar??

Baik-baik semua kan...

Horee hari Selasa, waktunya Tuesday-Finance

Entah kenapa gue sekarang lebih sering membahas Tuesday-Finance dari pada yang lain. Yah anggep aja ini sebagai permintaan maaf gue, karna lama gak bikin postingan ini. Selain itu seperti yang lo tau, otak gue ini otak cina. Segala sesuatu yang berbau duit lebih cepet nyantol di kepala gue daripada rumus fisika, hahaha . --> koplak



Masih inget kan lo semua, kemaren gue bahas Jangan Remehkan Uang Receh ?. Nah di postingan ini gue pengen melanjutkan sekuel tentang uang receh.


Busettt, kaya pilem aja bang pake sekuel

Biarin lah, biarkan otakku ini berimajinasi

Wkwkwkwk


Kan gw udah bilang, jangan sekali-kali meremehkan uang receh. Walopun kecil, itu ada nilainya. Karena jiwa orang sukses sangat menghargai uang sekecil apapun nilainya. Jadi kalo lo pengen jadi orang sukses, jangan sekali-kali meremehkan uang receh, walopun itu nilainya kecil. Uang adalah uang. Dia digunakan sebagai alat tukar yang sah. Jadi di postingan ini, gue mau berbagi tips buat lo semua cara memanfaatkan uang receh.

Tolong disimak yah anak-anak, hayo jangan cerita sendiri

Iyaaa pak guruuuu....


1. Sedekah

    Oke, uang kalian akan berguna banget disini. Kalo kalian suka kumpulin uang receh di botol bekas air mineral, kalian bisa sumbangin ke orang yang membutuhkan. Kasihin aja sama botolnya, praktis kan? Cara ini gue lakukan ke uang 100 dan 200 an. Biasanya gw kumpulin terus nanti kalo ada korban gempa atau bencana alam, itu gw sumbangin sama botolnya sekalian.


Ya emang sih keliatan sepele. Tapi kalo kalian melakukannya, itu akan memberi manfaat buat orang lain. Mereka akan dengan senang hati menerima pemberian kalian. Di sini selain lo dapet pahala, lo juga akan dapet senyum manis dari mereka. Ini akan berdampak baik lo buat lo. Karna biasanya senyuman mereka akan membawa aura postif buat lu. Kan oke banget kalo lo dapet aura positif dari mereka. Jadi setiap pergi kemana-mana lo akan memancarkan aura positif itu ke orang lain *tsahhh*. Tapi plis, jangan pancarkan aura postif itu dengan senyum berlebihan. Ntar semua orang ngira lo gila.  

2. Menambah Saldo Tabungan
    
    Yak, lo semua masih inget kan kata pepatah 'sedikit-sedikit lama-lama jadi bukit'. Nah pepatah itu bener banget. Setiap lo dapet uang receh karna kembalian, nemu di jalan, di rumah, di saku, atau tempat manapun, kumpulkan lah uang itu. Jangan karna nilainya kecil lo sia-siakan. Kasian ntar dia nangis (alay). Berapapun nilainya, entah 100, 200, 500 atau seribu sekalipun itu adalah uang. Kalian boleh kumpulin duit itu di dalem toples atau botol bekas air mineral. Biasanya kalo dimasukkan dalam wadah bening, itu akan membuat kita jadi semangat buat ngumpulin, I swear

Nah, mungkin suatu saat uang yang lo kumpulin udah banyak, trus gimana nih? Tenang nak, papa akan kasih tau caranya *tsahhh*. Uang itu lo satuin satu-satu berdasarkan nominalnya. Yang 100 sama 100, 200 sama 200, 500 sama 500 dan 1000 sama 1000. Kalo udah lo bungkus yang rapi.

Trus diapain lagi bang?

Terus lo bawa ke bank deh buat ditabung. Lu tenang aja, bank gak akan menolak orang yang nabung pake duit receh. Mereka mana berani nolak uang lu, kalo nolak akibatnya penjara loh. 


Ah masa bang? Cius?

Iye, masa gw boong.


Kalo gak percaya silakan kalian buka di Pasal 23 UU Mata Uang. Googling sendiri yah, gw males njabarinnya, hahahaha ---> gak niat.

Gw pernah loh nabung receh selama 3 bulan terus dapet 150 ribu. Terus gw setorin aja ke bank. Saldo tabungan jadi nambah deh. Mayan banget kan??? Saldo bertambah hati pun senang. Ntar kalo lo butuh duit, tinggal ditarik aja lewat atm. Tuinggg, duit lu berubah dari receh ke uang kertas *mata bling-bling*.


3. Bayar Parkir atau Angkot

    Nah disini yang namanya uang receh keliatan banget gunanya. Kan kadang lo musti bayar parkir pake uang kecil, disinilah uang receh jadi penyelemat lo. Uang 500 an atau 1000 an lo kumpulin aja di dompet khusus yang kecil, jadi gampang dibawa kemana-mana. Ntar kalo pas mau bayar parkir, tinggal lo keluarin deh si koin kecil ini. 

Uang receh juga berguna banget kalo lo sering naik angkot atau kopaja. Bayar aja pake uang receh, mereka mau kok. Malahan seneng biasanya. Kenapa? Karena mereka butuh uang receh buat kembalian. Jadi selain bisa buat bayar uang receh bisa buat alat menolong orang lain. Oke broh?


4. Bayar Belanjaan atau Pengamen

    Elu emak-emak? Kalo iya, ngumpulin receh wajib banget hukumnya. Ini keliatan akan sangat berguna banget kalo misal lo lagi belanja ke pasar atau supermarket ternyata butuh uang kecil. Saat itulah uang receh akan menolong lo. Walaupun 100 an perak, tapi kalo ada 10 kan sama aja seribu. Ini bisa lo pake buat bayar belanjaan di abang-abang tukang sayur.  Atau kalo suatu saat lu butuh micin, bisa noh beli pake uang receh. Yakali beli micin pake kartu kredit. Tukang sayurnya gaul amat? Hahaha.

Atau suatu hari ada bencong mampir depan rumah lo nawarin kutang ngamen gonjreng-gonjreng. Nah biar lo selamet dari mereka cepet-cepet deh lu kasih uang receh ke mereka. Jadi mereka bisa cepet-cepet minggat dari depan rumah lo sehingga lo selamet dari godaan mereka. Buat ibu-ibu, ati-ati bu, sapa tau mereka godain suami ibu. Kan berabeh ntar. 

HAHAHAHAHA

Eh, ada pengamen dateng. Oke, kasih aja recehan itu. Kalo suara mereka jelek cepet-cepet lo kasih biar kuping lo gak rusak. Kalo bagus? Yaelah, lu tanggap aja dulu. Apalagi kalo yang ngamen ganteng macem Lee Min Hoo, lu suruh konser aja sekalian, hahaha. Kalo mereka nolak uang receh??

LEMPAR SANDALLLL......


Bang, puasa bang, sabar....

Oh iye, sowreeee......


5. Mas Kawin

    Wow bang, apa pula inih?

Iya, uang receh bisa lo gunain buat mas kawin ! Kece banget kan??

Mungkin ada diantara lo yang ngumpulin uang koin seribuan jaman dulu yang tengahnya ada warna emasnya, nah itu bisa dijadiin mas kawin. Tapi ya enggak dikasihin apa adanya dong. Lo musti rakit tuh duit recehan jadi bentuk souvenir yang keren. Tenang, jaman sekarang banyak kok jasa bikin hantaran nikah. Tinggal lo pilih aja. Bisa dibentuk masjid, rumah, dilukis wajah pengantennya, buset dah, jadi pengen kawin, wkwkwkwk.


Bentuk mas kawinnya terserah kalian. Ya sapa tau daya imajinasi lo tingkat dewa, boleh deh minta dibentuk jadi tsunami, angin topan, penari, kalo perlu pake goyang patah-patah biar mantap ! Ya semoga aja itu terwujud sebelum yang bikin hantaran ngira lo gila.  

Gw juga termasuk golongan yang ini. Gw ngumpulin duit logam seribuan yang baru buat gw jadiin mas kawin. Ntar kalo udah waktunya tinggal gw kasihin seniman hantaran buat dijadiin mas kawin, uhuk.

*kedipin si eneng bekasi*


6. Ngajarin Anak Menabung

    Lo punya anak? Kalo iya berdayakan mereka. Belikan mereka celengan yang lucu trus kasih aja mereka uang recehan. Suruh mereka isi celengan dengan uang koin. Biarkan mereka merasakan celengannya bertambah berat. Ntar kalo udah penuh pecahin deh ! Biarkan mereka membeli apapun yang mereka suka.  That's it.


Waktu gw kecil, emak gw beliin gw celengan dari tanah liat. Terus setiap ada uang receh, entah kembalian, entah dikasih dari emak gue, selalu gw masukin ke celengan. Rasanya tuh exited banget dan gak sabar pengen cepet-cepet penuh. Tiap hari tuh celengan gw timang-timang. Gw pun selalu berdoa supaya duit gue bisa beranak di dalem celengan. Pan enak, bisa penuh sendiri tanpa gw isi, hahaha. Tapi ternyata impian bocah ingusan itu tidak terkabul. Dia harus isi celengan itu dengan duit logam.

And, the day is comingg.....

Yeah, celengan gw penuh !

Rasanya tuh bangga banget akhirnya impian gue terkabul. Waktu di sekolah gw ceritain ke temen-temen gue. Waktu pulang sekolah terus main, gw pamerin dulu tuh celengan ke temen main gue. Gw cerita ke temen-temen gue kalo ntar abis dipecah, duitnya mau gw pake beli mainan sama jajan yang banyak di kota.

Eh, pas pulang main....

Celengan gw udah pecah. Duitnya dipake sama emak gue buat beli beras sama micin.

T_T


7. Jajan
    
    Lo hobi jajan?

Oke, berdayakan duit receh lo.

Di depan rumah gue sering banget ada orang jualan lewat. Entah siomay lah, es doger lah, bubur ayam lah, bakso lah, you name it. Gimana gak betah coba kalo gak usah keluar rumah banyak tukang jualan lewat? Amerika mah lewattt....

Duit logam 500 an gue sering banget jadi korban. Begitu ada abang siomay lewat gw setop. Pesen, bayar pake duit gopekan. Hati senang, perut pun kenyang, hahahaha.

But, usaha lo buat nabung receh jadi gagal

Ngek-ngok 



8. Uang Kaget



     Yak ini dia yang bikin gue demen ngumpulin receh. Mereka bisa jadi uang kaget !


Disaat lo yang dulu rajin ngumpulin duit, sampe akhirnya toples atau celengan lo udah penuh, sampe akhirnya lo lupa. Suatu hari lo lagi kere hore gak punya duit. Disaat itulah biasanya lo teringat sama mereka. Duh kasian banget yah nasibnya. Akhirnya lo bongkar deh harta karun uang receh lo. Pas lo itung...

Oh mai gat satu juta !


Pak kita dapat satu juta !



Bisa buat beli micin pak !



*acara uang kaget di tipi*



Yak, disaat itulah lo merasa terharu kayak abis dapet undian berhadiah dari bungkus micin.

Sumpah, gw tau banget perasaan lo. Tapi plis, jangan nangis bombay gitu. Biasa aja ekspresinya.

Napas lo yang tadinya udah kembang kempis karna gak punya duit tiba-tiba merasa dapet angin segar pas liat duit itu. Yak, dialah sang juru selamat lo !


HAHAHAHA


Sumpah alay banget gw nulisnya, wkwkwk.

Duit itu bisa lo pake buat menyambung hidup lo. Bisa dipake buat beli micin, VCD bokep beli cilok, atau jajan sama jablai buat lebaran ! Iya, simpen aja tuh duit buat lebaran. Mayan banget kan bisa buat beli baju koko, sarung atau beliin peci buat engkong lo. Apa gak dianggep anak soleh tuh abis kasihin peci ke engkong lo, wkwkwk. Alternatif lain, bisa buat nambahin uang saku buat liburan. Oke banget gak tuh?


9. Travelling


   Oke broh, biasa aja gak usah teriak-teriak abis dapet uang kaget. Biasa aja ekspresinya.


Mungkin karna lo abis dapet uang kaget, lo bingung mau buat apa, yah kalian kreatip dong. Buka webset pesawat, book your own ticket !

Beh keceh badai banget !

Berasa liburan gak modal. Padahal mah duit itu duit lo sendiri. Cuman lo gak ngerasa karna nilainya yang kecil. Tapi karna yang kecil dikumpulin, jadi gede juga kan? Makanya jangan remehin uang receh.

Gw pernah loh nabung duit receh koin, terus uang kertas 2000 an, pas udah satu tahun, gw dapet 1,3 juta !


OH EM JIH...


Rasanya gw waktu itu pengen nangis terharu (alay). Gw bingung, tuh duit mau gw pake apa yah? Akhirnya pantat gue ngirim sinyal ke otak gue: party man, party ! Woohooo...

Terus besoknya gw nonton konser dangdutan di kecamatan.

HAHAHAHA

Enggak deng.

Duitnya gw pake buat nambahin uang saku traveling ke Singapore. Mayan banget ituh duit, dapet 100 dolar lebih. Bisa dipake buat beli es krim potong di sono.

10. Investasi Emas


      Yak benar, lo gak salah baca !


Suatu hari, gue pernah itung duit receh gue. Itu hasil dari menabung setahun. Pas udah diitung, jumlahnya 700 ribu. Oh mai gat, mayan bangettt. Akhirnya, gw putusin buat gw investasiin ke emas. Tentunya emas disini bukan emas Joko, emas Bambang atau emas Riza. Bukan ! Emas Riza cuman buat eneng Bekasi seorang.

Eaaaa...


Suitt..suittt....



Bang, lamar adek bang, lamar adek...



HAHAHAHA


*setres*

Iya, daripada tuh duit gua pake party di dangdutan kampung sebelah, lebih baik gua investasiin aja. Jangan salah, duit segitu dapet loh emas batangan 1 gram. Misal emas 1 gram sekarang 580 ribu, cukup kan berarti duitnya buat beli?


Kalian tinggal dateng aja ke Pegadaian. Kalo kalian sibuk, beli aja di orori.com. Tentunya harus pake asuransi plus ongkir yah. Biasanya habisnya sekitar 650-680 an kalo masih di jawa. Oh iya, kalo kalian beli di orori, tolong diperhatikan yah, kurir dari ekspedisinya hanya mau memberikan barangnya ke orang yang namanya tercantum di alamat. Jadi kalo kalian beli dengan nama kalian, yang ntar nerima ya harus kalian. Kalo kalian lebih banyak di kantor, saran gue isilah alamat pengiriman dengan alamat kantor. Kalo kalian di rumah, boleh diisi dengan alamat rumah. Jadi walopun kalian kirim ke alamat rumah kalian, kalo yang di rumah bini kalian, apalagi cuman pembokat, sama kurirnya gak bakal dikasihin. Kapan-kapan deh gw bikin postingan beli emas di orori.com.

11. Sumbangin ke Gue


      Sumpah gaes, kalo lo gak tau musti gimana, sumbangin aja duitnya ke gue. Tenang, sebagai gantinya lo bakal dapet foto keceh dari gue.


HAHAHAHA


 Source: cermati.com
              halomoney.co.id
              otak gesrek gue


              

7 comments:

  1. Sebenarnya pas kecil gua juga pernah nabung uang logam bang, tapi memorinya udah ilang. Setelah gede, baru sekali doang berhasil nabung uang receh. . . :")


    . . . setia menunggu TF selanjutnya . . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak papa. mulai sekarang setiap ada receh ditabung aja, jangan disia-siakan.

      Delete
  2. mas riza, bikin review investasi emas dong, bahasa mas riza ini enak dan gampang dimengerti. makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wow, thank you

      ok, noted. nanti saya bikinkan tentang investasi emas.

      Delete
  3. Aku uda punya klien tetap lho tiap bulan, si abang nasi goreng slalu tuker recehan aku hahaha lumayan bgt tiap akhir bulan *mendadak ngerasa kaya*

    Btw, I got inspired by journey to the center of the earth lho yg recehannya ada lima toples

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow rili? --> broken inglis

      Diceritain aja mbak di blog, sapa tau bermanfaat buat orang. Saya tunggu mbak postingannya, hahaha.

      Delete
  4. Udah jadi draft lamaaaaa banget, masih ga sempet posting. Orang sini cenderung nyepelein recehan sih ya,

    Tunggunpostingan eke yaaa hahaha

    ReplyDelete

Cieeehhhhh yang abis baca blog gue sambil ketawa-ketawa, kasih komentarnya dong sayy....