Friday, 30 December 2016

Greetings ala Belanda

Hai semuahh

Halo, halo, saya kembali..

Please.. please, gak usah teriak-teriak. Gw tau kalian ngefans sama gw. Tapi gak usah teriah heboh gitu. Gw belom budek guys.


Udah jadi trademark di mana-mana kalo orang Indonesia itu ramah. Gak cuma kepada sesama orang Indonesia. Bahkan terhadap orang yang baru di kenal ataupun orang asing juga terkenal ramah. Memang jadi budaya kita untuk saling bertegur sapa walaupun hanya menanyakan kabar. Budaya warisan nenek moyang yang masih eksis sampai sekarang dan gak lekang dimakan waktu.

Tapi gak cuman orang Indonesia aja sih. Kebanyakan orang asia yang gw kenal emang punya sifat ramah. Mungkin emang gen orang asia itu suka ramah ke semua orang kali yah. Beda banget sama orang eropa. Contoh nyata temen gue orang Rusia. Ekspresi wajahnya sangat dingin dan sangat jarang ngomong kecuali kalo perlu doang. Mungkin sesuai dengan karakter alamnya yang sangat dingin sehingga membuat orang-orang Rusia pun terkenal dingin. Mungkin juga karena udaranya yang dingin membuat mereka selalu berjalan cepat dan gak menyempatkan waktu buat haha-hihi macem di negara kita yang panas ini. Badan tinggi besar, ekspresi sangat dingin, cocok banget jadi satpam, hahaha.

Ciri khas di banyak negara ketika menyapa seseorang adalah bertanya kabar sambil salaman. Termasuk negara kita. Apalagi emak-emak, jagonya inih kalo ngobrol ngalor-ngidul.

sumber: www.pixabay.com

Nah gw punya temen dari Belanda. Namanya Mark dan sekarang tinggal di Singapura. Tau deh nama panjangnya siapa, Marka Jalan kali, hahaha. Nah dia itu punya greetings alias salam yang sangat khas menurut gw. Masih inget dengan postingan gw dengan kalimat penutup 'cupika cupiki belanda tiga kali'? Itu bukan cuman kata-kata alay gw loh, tapi emang nyata.

Salam khas Belanda emang cipika-cipiki alias cium pipi kanan-cium pipi kiri tiga kali. Right-left-right. Gitu kata si Mark waktu ngajarin gue. Jadi kita tempelkan pipi atau cium pipi lawan bicara kita sebanyak tiga kali. Kanan-kiri-kanan. Ini berlaku untuk semua orang. Gak cewek, gak cowok, semuanya sama. Jadi jangan heran kalo liat cowok greetings ala Belanda di jalan atau pas di luar negeri. Karena emang budaya mereka begitu.

Aneh? Sama. Gw pun waktu diajari gitu rasanya risih. Kalo sama embak-embak cantik sih kagak apa-apa. Lah kalo sama mas-mas ganteng? Oh no !

Tapi perlu diketahui, greetings ala-ala gini cuman pada teman atau keluarga yang sudah dikenal. Kalo baru pertama ketemu atau gak kenal ya cukup salaman aja kaya biasa. Setelah gw mengenal Mark dengan lama akhirnya gw jadi terbiasa cipika-cipiki ala begini. Begitu juga ketika ketemu temen-temennya Mark yang orang londo, gw juga cupika-cupiki tiga kali.

Satu hal yang gw perhatikan dari bule Belanda, mereka tinggi-tinggi banget ! Sumpah kaya tiang listrik ! Rata-rata tingginya 180-190 an. Bandingkan dengan gue yang orang Indonesia sejati, 165 cm doang. Kan gw kayak diketekin aja. Mana badannya gede-gede kaya kulkas, mirip lah sama orang Rusia. Pantes banget jadi satpam, hahaha. Bandingkan sama bule Inggris. Mereka pendek-pendek kaya orang Indonesia. Dibandingkan orang bule lainnya, menurut gw paling pendek ya bule dari Inggris. Ini cuman opini gw aja yah.

Yang paling gw suka dari orang Belanda adalah kemampuan Bahasa Inggris mereka yang bagus-bagus. Gak ada orang Belanda yang gak bisa Bahasa Inggris. As you will find out, almost everyone in my country can speak english. So you will not find any difficulties. Gitu kata si Mark.

Sama satu lagi, orang Belanda itu PELIT ! Sumpah orang Belanda pelitnya ngelebihin cina ! Gw waktu pertama kali main ke apartemennya Mark di Singapore, disuguhin teh sama kue di toples. Sesuai kata emak gue, kalo bertamu itu harus tau diri. Maka gue pun cuman ambil satu kue. Dan lu semua mau tau gak sih? Masak yah dengan pedenya, setelah gw ambil kue di toples, si Mark ambil toplesnya, ditutup, terus disimpen di lemari di depan MATA GUE ! Anjir, kaya takut gue abisin aja. Tapi emang gw sukanya ngabisin makanan temen sih kalo lagi bertamu, hahaha.

Bahkan kata temen-temen gue yang orang Inggris atau orang Perancis, mereka punya jargon : 'Belanda banget lu !'. Maksudnya, sang lawan bicara pelit banget kayak orang Belanda. Seentaro eropa suka bilang gitu katanya. Emang bener kan dugaan gue, orang Belanda itu pelitnya gak ketulungan. Ngalahin cina lah pokoknya.

Tapi walaupun begitu, temen-temen gw yang orang Belanda baik-baik. Mereka gak sungkan-sungkan menolong kalo kita membutuhkan pertolongan. Kalo nolong tulus, gak pencitraan kalo lagi nolong. Emang orang Indonesia, nolong korban banjir aja datengin wartawan biar di shooting. -__-'

Jadi nanti kalo kalian punya temen Belanda, jangan lupa buat cipika-cipiki tiga kali. Sapa tau jadi jodoh kalian kayak mbak Prisca.

Yasud yah



Cupika cupiki belanda tiga kali



Bayy......        

 
Riza Alhusna
Riza Alhusna Updated at: 12/30/2016 06:00:00 am
Blog Oonline
Riza Alhusna Updated at: 12/30/2016 06:00:00 am
Riza Alhusna
Riza Alhusna Updated at: 12/30/2016 06:00:00 am

28 comments:

  1. terbayang kalau saat ini masih di jajah sama compeni. dan tuan rumahnya pelit , belanda lagi, abis diobrak abrik tu rumah ya mas. tapi untunglah uda merdeka :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untunglah kita punya pahlawan-pahlawan yang berjasa mengusir compeny, kalau tidak, bisa runyam urusannya ya mas...

      Delete
    2. Orang belanda pelit-pelit mas, huhuhu

      Satu-satunya negara jajahan belanda yang gak jadi persemakmuran belanda ya cuman Indonesia, wkwkwk

      Delete
    3. bersyukurlah mas, daripada jadi negera persemakmuran merdeka dengan hadiah. lebih baik merdeka dengan darah , merdeka :)

      Delete
    4. Iya betul ! Nanti mata uang kita gambarnya bukan Cut Meutia, tapi ratu belanda. Btw, dia pake kerudung gak yah? *toyor pala*

      Delete
  2. wkwk siapa tuh orang indonesia yang datengin wartawan saat nolongin korban banjir :D
    mungkin bukan pelit, tp mereka dididik untuk berhemat, ehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu loh mas, yang mau bikin program jakarta jadi 'KOTA TERAPUNG'

      Ngokkkkk...

      Pelit sama hematnya mereka kayak gak ada bedanya -__-'

      Delete
  3. Hahahahahahahaahahahah namaku tenar lagi nih

    Iya cipika cipiki 3 kali, HJ juga gt deh kl ketemu orang rumah. Ya emang budayanya ya. Soal pelit yg macem makanan itu td, kayake lebih ke budayanya deh bang. Soalnya HJ doyan makan jdinya dia ga bs kayak gt. Setoples disuguhin dia, pasti diabisin setoples beneran. Jd kalo emg bneran mau lagi, ambil aja lagi. Gak usah sungkan2 wong dia jg ga sungkan nutup toplesnya di depan mata anda 😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh tp malah banyak bule yg suka greeting 'good morning' gt mas, mungkin lagi2 itu soal budaya tiap negara ya. Cobak kalo nyapa orang belanda tanyain skalian cuacanya gmn, dijamin bs ngobrol satu episode bahas cuaca aja

      Delete
    2. Yak benar ! Orang belanda suka banget ngoceh masalah cuaca.

      Apaan aku diundang ulang tahun endingnya suruh bayar sendiri-sendiri -___-'

      Delete
    3. hahahahahha, kalau joint lebih baik ya mas, daripada sendiri sendiri

      Delete
    4. Iya mas. Masak yah dapet undangan ulang tahun, habis itu kita suruh bayar sendiri-sendiri apa yang kita makan. WHAT???

      Mendingan gue dateng kondangan aja di Indonesia. Bisa makan prasmanan sampe kenyang.

      Delete
    5. Emang hahaha
      Makanya ada istilah 'lets go on dutch' yang artinya split bill 😂😂😂
      Untung pacarku wong londo rasa endonesa hahaha

      Delete
  4. apalagi orang tasik, ramah ramah hihi
    ih bener banget kak, masa nolong orang mesti di liput segala kan jadi riya ye (istilah islam)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener. Ituloh cagub yang mau jadiin jakarta 'kota terapung', hahaha

      Delete
  5. Yoi, orang Indonesia itu ramah-ramah. Sampe yak, pernah ditanyain kayak gini gak?

    "Loh om, sudah dateng?"

    Padahal ya om-nya udah nyata-nyata di tempat itu. Itulah keramahan orang Indo.


    Minta dong kalo ga dikasih :v. Mungkin memang bukan budayanya sana kalo ada tamu disuguhin :v.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dimana-mana kalo ada tamu nyuguhin. Cuman ya itu pelitnya kebangetan

      Delete
  6. Untung si Mark-nya tahu kalau mas Riza tukang ngabisin kue, kalau kagak, bisa megap-megap tuh bule karena kuenya di habisin sama ente, hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, tadinya mau saya masukin ke saku mas kuenya

      Delete
  7. Kenalin gitu om sama bule belandanya haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kapan-kapan mbak saya tanyain nocannya

      Delete
  8. baru tahu klw orang Belanda seperti itu :)
    Padahal waktu itu setelah ambil satu, toplesnya masukan tas bang.. wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tadinya mau gw masukin saku kuenya, hahaha

      Delete
  9. Heiii,,,
    Tulisan kamu lucu dan kocak abisss....
    Setujuuuu banget...waktu aku ke Belanda, gila,, orang tua pun bahasa Inggrisnya fasih, dan gak kayak di Jerman atau di Paris, kalo kita ngomong pake bahasa Inggris, kadang diseprot :D...
    Betulll pelit,, tapi menurut aku bukannya pelit, tapi mereka itu teliti banget perihal keuangan.. Di Jerman ada juga teman yang ampun, nikin pesta Ultah bukannya disuguhin makanan, malah cuma roti secuil sama keju...mana tamunya kenyang,,,walah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huhuhu, belanda pelit....

      Saya tau mbak orang eropa itu suka perhitungan sama duit, tapi khusus untuk orang belanda ini, ampun deh, kebangetan banget pelitnya. Saya gak pernah dapet undangan kawinan, tapi ulang tahun pernah. Pestanya di kafe. Habis makan eh, suruh bayar apa yang kita makan. WHAT???

      Iya ih, orang Jerman atau Perancis kalo diajak ngomong inggris bukannya bantu malah ngomelin. Helloo... memangnya bahasa sampean itu internasional?? Eh perancis internasional sih. Tapi kan banyakan orang yang bisa bahasa inggris daripada perancis.

      Delete
  10. Kok yey tau aja sih..eike jadi terhibur and ketawa2 geli sendiri nih disini abis baca tulisannya. Keren ihh..bener dan rada nyata emang..sambil baca sambil ngebayangin teman Belandanya, jadi ngikik asli..meski temen Belanda ek masih ada rasa Indonesianya, tapi rasa2 Belandanya sudah mulai terendus inihh..makasih banyak ya..yey udah berbagi cerita kocak yang semoga makin bermanfaat��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama kakak..

      Silakan berkunjung ke postingan lainnya

      Delete

Cieeehhhhh yang abis baca blog gue sambil ketawa-ketawa, kasih komentarnya dong sayy....