Pengalaman Beli Kelapa di Pasar

3/07/2017 06:00:00 am Riza Alhusna 56 Comments

Halo kawan !

Kakak ganteng kembali....

Kakak ganteng?

*hoeekkk*



Lu semua masih pada waras kan? Gw takut kalian mengalami banyak kemunduran setelah baca blog ini. Kemunduran kewarasannya. 

Oke, ternyata kegiatan nongkrong di atas WC kemarin banyak memberi manfaat. Selain dapet ilham tentang Keenan, gw dapet inspirasi tentang ini secara gak sengaja. Pas lagi asik eek, eh gw inget pernah disuruh beli kelapa.

www.freepik.com

Jadi ceritanya dulu pas kelas 6 SD, gw pernah disuruh emak gue buat belanja ke pasar. Sebagai anak yang baik hati dan rajin menabung, gw pun berangkat melaksanakan perintah emak gw. Gw anak yang berbakti kan? Iya kan? IYA KAN??? *maksa*

Kenapa gw yang disuruh belanja ke pasar? Bukan emak gw sendiri yang ke pasar? Jawabannya adalah...


KARENA OTAK GW OTAK CINA !


Wkwkwkwk


Suer, kata emak gue, katanya gw lebih canggih kalo nawar dagangan orang. Iya dong, sapa dulu. Riza Alhusna..... *sibak rambut*


Ibarat kata, kalo emak gue belanja ini-ini-ini, maka akan ada kemungkinan kembalian belanjaannya sekitar 10%. Tapi kalo gue yang berangkat belanja, maka akan ada kemungkinan kembaliannya sekitar 30%. Hebat kan??? Mari kita kasih keprok buat Riza Alhusna pemirsah....

Padahal emak gw gak tau aja, itu duit belanja udah gw korupsi sekian persen, hahahaha. 

Nah ceritanya gw disuruh belanja ini-itu sama emak gue. Di salah satu list-nya ada kelapa 1/2 butir. Tolong diingat jaman dulu belom ada kelapa parut di pasar. Kalo lo mau kelapa, ya beli kelapa, terus lo parut manual pake tangan. Rempong cyiinnn....

Gw inget seminggu sebelumnya pas nemenin nyokap ke pasar, harga satu butir kelapa itu Rp. 3.000. Nah kalo beli setengahnya kan logikanya harganya sekitar Rp. 1.500, bener kan?

Nah pas itu gw liat ada nenek-nenek yang jualan kelapa. Gw bilang ke neneknya kalo gw mau beli kelapa tapi setengahnya aja. Gw walopun suka nawar sadis, tapi gw orangnya tau diri. Kalo yang jual sengak, gw nawarnya sadis pake Afgan & Rossa. Tapi kalo orangnya baik, gw nawarnya juga gak kebangetan. Boleh ditawar ya bagus, gak boleh ya gak papa. Tapi kalo yang jual orang tua, biasanya gw gak tega buat nawar, kasian. 


'Nek, beli kelapa tapi setengahnya aja boleh?'

'Boleh'

'Berapa nek?'

'Rp. 2.500'



Buset, mahal amat. Akhirnya gw tawar baik-baik.



'Rp. 1.500 boleh nek?'

'SERIBU LIMA RATUS?? LO TANEM AJA KELAPANYA SENDIRI !!!'



Buset, galak amat neneknya. Santai nek ! Gw ini tipe orang yang kalo ada yang nyolot, gw juga ikutan nyolot ngomongnya.



'IYA ENTAR GW TANEM SENDIRI, LO GAK BOLEH BELI SAMA GUE !!!'



F*CK YOU NEK !


Tentu kalimat terakhir hanya gw batin. Gile aja kalo gw ngomong gitu ke neneknya. Bisa-bisa gw di-smack down orang satu pasar. 

Terus gw cari lagi pedagang pasar yang lain. Yang jual kakek-kakek udah tuaaaa banget. Gw bilang mau beli kelapanya setengah butir.


'Kek, saya mau beli kelapanya'

'Mau beli berapa cah ganteng?'


Gw dipanggil ganteng? Emang kakek ini penglihatannya sangat baik. Hidung gw pun langsung kembang-kempis dipuji kaya gitu, hahaha. Ini nih, jadi penjual tu kaya gini. Muji-muji yang beli, biar kalo nawar segan.


'Setengahnya aja boleh?'

'Boleh cah ganteng'

'Berapa kek?'

'Rp. 2.000 aja cah ganteng'

'Iya kek, ini uangnya'


Kakek ini udah tua. Tapi cara jualannya sopan banget, pake muji lagi. Gw mana tega nawar. Langsung gw buru-buru bayar. Sengaja sebelom balik, gw lewat ke nenek-nenek lampir tadi sambil nenteng-nenteng kelapa. Sengaja gak gw masukin ke tas kresek. Gw bawa sambil gw ayun-ayunkan di depan dia. Dalam hati gw berkata:


Nih gw dapet kelapa. Murah lagi. Mampus dagangan lu gak laku !


Untung gw bukan tipe anak pendendam. Coba kalo gw sejahat Madara atau Tuan Orochimaru, pasti tuh nenek udah gw sambit mukanya pake tas kresek isi gorengan. 


Yasud yah, bay.....

56 comments:

  1. Saya sendiri nggak punya keahliah menawar sampe segitunya, lagian di pasar sekarang umumnya lebih ke harga pas aja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kayaknya sekarang kalo ke pasar harganya udah dibikin murah biar gak ditawar. Saya juga udah lama banget gak ke pasar lagi. Saya sekarang males kalo suruh ke pasar, wkwkwk

      Delete
  2. Kalau soal tawar menawar saya paling tak bisa, berapa yang di bilang penjual ya itu yang dibayar, meski sampai rumah ibu bilang mahal. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kuncinya harus tega mbak mbak kalo nawar, hahaha

      Delete
  3. Laah neneknya ngga muji elu si bang, jadi nggak jadi beli kelapa di situ haha

    bersyukur sekali si kakek ya, kelapanya dibeli anak ganteng *katanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ihh. Gw tawar malah nyolot. Mending gw pindah beli ke penjual lainnya.

      Delete
  4. Saya TW bang kenapa tuh nenek2 g muji Abang

    Dy takut kalo sikakek2nya cemburu
    Siapa TW nenek2 MA kakek2nya pasangan muda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Antaga nikiiii...

      Kenapa gw gak menyadarinya yah?

      Duh bego banget dah gw -___-'

      Delete
  5. huss, wanita itu selalu benar , mas, mau abg-nenek.
    woman always right :p

    ReplyDelete
  6. Hhahaa,,, kasihan atuh si neneknya, kualat loh nanti. Padahal dapatnya juga 2000, bukan 1500,,mentang2 dipuji ganteng,,,padahal yang muji kakek-kakek pula wkkkk
    aku ingat dulu juga sering disuruh belanja di Pasar, busyet disuruh kromo inggil, kalo nggak bakal dilaporin nenek. Akibatnya, aku sekarang jadi ahli kromo inggil...lol...nggak nyambung yah,,,ya sudahlah, terima saj,,,gubrak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, saya kalo nawar juga pake kromo. Makanya sering dapet murah, wkwkwk

      Gak papa mbak. Anak sekarang jarang yang bisa kromo.

      Delete
  7. Wahhh, mahal juga ya kelapa di sana...

    Umur segitu dulu kelapa di daerahku cuman 500-1000 per buah

    P.S.
    Ecieee yang disepik kakek-kakek

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaelah, jangan bandingin sama daerah yang penghasil kelapa. Daerah gue bukan penghasil kelapa, makanya mahal.

      Kakeknya ganteng loh, wkwkwk

      Delete
  8. jodohnya sama kakek-kakek,.,,,ihirrr...

    ReplyDelete
  9. Ih jahat bener 😂😂😂

    Mas shoping bareng yukkk.. Ntar tawarin barang yg mau aku beli. Lumayan lah kalo cashbacknya bs 30% gt. Bisa buat jajan cilok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk, ojo mbak. Mesakke bakule ngko nek aku sing nawar

      Delete
  10. Lah, tempetku kok mahal segelintir 8 ribu Mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak itu jaman saya SD mbak. Bukan sekarang.

      Delete
  11. nawar??? hahah suka kasian ngeliat pedagang yang ditawar... hahahha
    apalagi dulu pernah ikut mamake ke pasar, terus mau beli baju. ditanya harganya. harganya 65 ribu.. masa sama mamake ditawar 30 ribu...

    dalam hati "ehh buseeeettt 30 ribu.. dikira baju itu celana dalamm kali yahh" hahahah #kejamnya dunia.. #LOL

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwk, emang gitu seninya nawar. Pertama nawar 50% dulu. Kalo gak boleh naikin harganya dikit-dikit. Trust me, it works ! *L-men*

      Delete
  12. tempatku segelintir 6500 hehehe pakai 500 juga...saya g pinter nawar mas...lagipula kasihan udah murah ditawar...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu seni nak. Kalo gak tega jangan pernah dicoba, wkwkwk

      Delete
  13. wah emang saat-saatn eek sumber inspirasi emang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Sering-sering aja nongkrong di WC, wkwkwk

      Delete
  14. hahaha, gokil, otak cina emang mantep buat dagang! dan sayangnya, gak aplikatif untuk menawar seorang nenek2 :")

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Nenek-nenek mah kagak mempan dikibulin. Kampret dah.

      Delete
  15. hahaha gokil ceritanya tapi kasian si nenek :(
    aku ada di kubu nenek !
    tapi aku juga mau di panggil ganteng sama si kakek!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Licik ! Gak bisa, harus pilih salah satu

      Delete
  16. ditempat saya 7000 sebutir, murah banget tuh, klo saya pasti nggak pake nawar tuh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu jaman saya SD tolong, bukan jaman sekarang

      Delete
  17. JAHAD BANGET MAS RIZA...
    aku bilangin sama eneng bekasi looh.

    wqwqwq

    tjie seneng banget dipanggil ganteng sama kakek-kakek, jangan2 itu sebuah pertanda--

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seneng lu ya ngeliat gw menderita....

      Delete
  18. ohh jadi lo dipuji kakek kakek langsung luluh? seleramu...

    ReplyDelete
  19. Haha mrs always right mas, mohon bersabar ini ujian haha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, benci banget deh sama aturan ini

      Delete
  20. Itu sih sadis nenek2 aja masih nawar, kalau ak sih gak tegaan.

    Tapi tergantung juga, asal bukan nenek2 wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gw kan nawarnya baik-baik gak nyolot. Neneknya aja yang sensitip. Ya gw ikutan nyolot deh, hahaha

      Delete
  21. Hahahahaa

    Itu kalau aku jadi mamah kamu aku juga pasti nyuruh kamu terus buat belanja. Abis aku gak tegaan.
    Abis di bentak sama nenek2 gitu pasti aku langsung ciut.
    Iya aja deh hahaa

    Eh emang ada ya yang jual kelapa langsung di parut sekarang?
    yakali itu beneran kelapa masih fresh apa yang udah di peres tinggal ampas nya ?
    hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heelllooo mbak, sekarang kalo beli kelapa modelnya udah diparut. Bukan yang masih gelondongan gitu. Yang gelondongan gitu gak laku lagi sekarang.

      Kalo mau nawar harus punya muka tembok. Jadi ntar kalo gak dibolehin ya gak malu, wkwkwk

      Delete
  22. Yaampun, ilham si Keenan aja dicari diatas wc 🚾 dulu ya, kasian amat, hahaha...

    The power of nenek. Kakek itu mungkin matanya agak siwer, jadi ya salah lihat...

    Kirain mau disambit pake kelapa, eh malah pake gorengan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak, kakek itu penglihatannya sangat baik. Karna mengakui kegantengan gue

      Delete
  23. Lain kali kalau mau kelapa bilang ama saya, di kampung banyak noh, gak usah beli.. manjat sendiri, wkwkwk....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya gak bakat manjat pohon kelapa. Bakatnya manjat perawan...

      Delete
  24. coba tanem sendiri, kan bisa gratis :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh kapan metiknya mbak kalo baru nanem, wkwkwk

      Delete
  25. jago tawar menawar ne ceritanya, coba dekat dengan saya, akan saya jamin gratis dah, ditambah susu pula.hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ogah, ntar gw lu suruh nawar sadis lagi

      Delete
  26. Ih, aku malah ga jago nawar om. Ajarin dong om, taktik jitu tawar-menawar :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang paling penting belajar muka melas dulu, hahaha

      Delete
  27. Cewek mah selalu benar mas.
    Walau pun nenek-nenek. Hahaha...

    ReplyDelete

Cieeehhhhh yang abis baca blog gue sambil ketawa-ketawa, kasih komentarnya dong sayy....