Kunci Sukses Hidup

12/05/2017 06:00:00 am Riza Alhusna 33 Comments

Halo semuaahhh

Duh kangen kalian semua deh

Sini gw pelukin satu-satu

Emuaahhh....

*hooekkkk*





Kemaren kan gw ulang tahun, nah bukannya gw gembira malah gw sedih. Sedih karena gak ada yang kasih gw kado, hahahaha. Kan pengen juga dikasih kado kaya Keenan pas lagi ulang tahun. Kuenya bentuk batman kek, atau bentuk doraemon. Lucu kali yah tiup lilin kuenya bentuk kartun.

Yang bikin gue senep, yang kasih ucapan selamat ulang tahun duluan bukannya orang-orang terdekat gw atau temen gw, eh si bank anz.



Happy Birthday RIZA ALHUSNA! Thank you for banking with ANZ. We wish you Health, Success and Happiness for the upcoming years....



Preetttt.....

Makasih buat doanya. Tapi tolong hapus dong semua utang gue, hahahaha. Di putihin gitu kayak pajak STNK. Jurnal aja jadi Piutang Tak Tertagih, wkwkwkwk.

Gue jadi inget, dulu pas gw kecil, pas lagi ulang tahun gw dikasih nasehat sama nenek gw. Nenek gw itu orangnya halus. Suka banget ngasih nasehat ke cucu-cucunya. Gw apalagi, cucu kesayangan yang paling blangsak. 

Dulu nenek gw pernah nasihat ke gw, kalo mau sukses di dunia ini gak boleh lupa sama hari. Hah? Hari mas? Iya bener, hari. Itu kata nenek gw. Tentu nasihatnya dengan bahasa jawa.

'Le, nek pengen sukses di dunia itu ojo lali sama hari'

'Dinten mbah?'

'Iyo le, hari'

'Ohh, kenapa hari?'

'Dino ki opo wae le?'

'Senen, seloso, rebo, kemis, jumat, setu, minggu'

'Walah pinter cucu mbah'


Dipuji gitu gw hidungnya langsung kembang kempis. Kepala rasanya mau mekar. Emang gw anaknya haus pujian....

*toyor pala*


'Senen'

'Senen itu apa mbah?'

'Ojo bosen karo unen-unen, jangan bosen dengan nasehat'

'Hah?'

'Mudeng ora kamu?'

'Mboten mbah'







'Kalau mau sukses itu jangan bosen dengan kritik dan saran dari orang. Seseorang mengkritik tandanya dia sayang dengan kita. Makanya dia mengkritik, karena ada dari perbuatan atau ucapan kita yang salah. Dengarkan kritikan itu, kemudian perbaiki. Orang memberikan saran karna dia perhatian dengan kita. Dengarkan saran-saran mereka. Lakukan apa yang disarankan, jadi kita menjadi manusia yang lebih baik'

'Ohh... iya mbah. Kalo Seloso mbah?'

'Selakno ngamal marang sopo-sopo, sempatkan berbuat baik kepada siapapun'

'Berbuat baik mbah?'

'Iyo le, gak pandang siapa dia, asalnya darimana, agamanya apa, berbuat baik le'

'Iya mbah'

'Iyo mbah-iyo mbah, mudeng gak?'

'Mudeng mbah'

'Terus Rebo, kerepo sinau gen ora bodho. Banyaklah belajar agar tidak bodoh'

'Sinau mbah?'

'Iyo sinau, ora dolan wae'

'Hehehehehe' ---> nyengir kuda

'Terus Kemis'

'Kemis nopo mbah?'

'Sek le, mbah tak ngombe sek, haus'

'Oh nggeh mbah'



Sik bentar, gw juga mau minum dulu. Capek gw ndongeng gini.



'Kemis, becik mingkem ketimbang lamis. Lebih baik diam daripada banyak bicara'

'Banyak bicara?"

'Iya, kaya kamu itu, cerewet banget'



Sik bentar, gw tak ketawa dulu: HAHAHAHAHA

Sial, mbah gw ngece.



'Jadi orang gak usah banyak bicara, terutama bicara yang gak ada manfaatnya. Apalagi bicara yang mengundang pertengkaran, membuat orang jadi marah atau tidak rukun. Dosa itu'

'Oh, dosa nggeh mbah?'

'Iya'


'Terus Jumat. Jumbuhno marang atimu, segala perbuatan harus disertai niat dan doa. Kayak kamu itu, pengen pinter kok main terus'

'Hehehehe' ---> nyengir kuda lagi

'Setu, insapo marang barang sing wes kewetu. Insaflah dengan perbuatan-perbuatan tercela yang telah kita lakukan dahulu. Kalau dulu kita berbuat salah, ya jangan diulangi lagi. Dibilangin kalau main jangan pulang magrib, malah kamu pulangnya subuh'


Sik bentar: HAHAHAHAHA


#hakjleb


'Terus terakhir Minggu'

'Minggu nopo mbah?'

'Minggu, tanggal merah, prei'

'HAH? LIBUR MBAH?'

'Iyo, prei. Aku ora mlebu sekolah.....'


Krik... krik... krik.....


Nenek gw ngelawak, hahahaha.





Yasud yah, bayy....

33 comments:

  1. Sumpeh begitu? Bisa gitu inget semua petuahnya? Keren lah. Tolong di bukukan, e-book. Siapa tahu ngalahin pamor primbon.

    ReplyDelete
    Replies
    1. AHAHAHAHHHAHAH #NgakakSoHard

      XD

      Delete
    2. @zahra: Oh iya yah, kenapa gw gak kepikiran. Pan mayan bisa gw dagangin. Sapa tau laku keras.

      @aul: seneng lu yah ngejek gw

      Delete
  2. Mantap banget mas sangat bisa memotivasi saya kedepannya

    ReplyDelete
  3. Yaa!! Mungkin cerita diatas kalau ditaru di museum pasti banyak pengunjung yang datang...😂😂😂

    Nggak Tahu dateng pada mau ngapain..😂😂😂😂

    Kata mbahmu sing penting minggu prei...berarti loe punya kesempatan berbacot-bacot ria.. Haahaaahaaa!!..😂😂

    ReplyDelete
  4. aku milih Minggu wae Mbah😂😂😂😂

    ReplyDelete
  5. Sik bentar, gue mau minum dulu juga ah. Capek gue baca ini smbil diucapin..
    Wkwk.

    Thanks inponya gan! Dgn ini gue brasa kek lg bljr bhs jawa. Hahaha. Nasehatnya simpel, tp njleb bgd. Apalin ah, sapatau ntr di ujian kluar. Wkwkw.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keluar semua di ujian nasional. Belajar gih !

      Delete
  6. Mbah! I admire you soooooo

    Gila ya lama2 aku ngefens ama smua klrga mu mas 😂

    ReplyDelete
  7. Masih ngarep aja kado, Mas :D

    Simpel tapi jleb ya, Mas..
    Moga cepet nikah aja mas ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyalah, gak mau kalah sama Keenan.

      Wkwkwkwk, amin. Masa tiap ulang tahun gw doanya minta kawin mulu, hahaha.

      Delete
  8. Selamat menua om lijaa

    Semoga nanti pas manula bisa bijaksana koyok si mbah yoo
    Jangan pecicilan lagi hahahhaa

    Wowww, dalem tenan yo mas postingan kali ini
    Tapi Owalaaaah
    Banyak bet bahasa jawanyaaaa
    Ora ngerti akutu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih..

      Aku bijaksana kok, uhuk.

      Ya lu ekting aja, pura-pura sok ngerti.

      Delete
  9. Astaga bijak kali neneknya om. Bolehlah neneknya diajak buat buku, tentang nasehat-nasehat.

    Btw, bookmark dulu nih post, bermanfaat banget euy.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nenek gw mah baik hati dan gak sombong. Liat aja cucunya, gw kan sama-sama baik hati dan gak sombong.

      #uhuk

      Delete
  10. Replies
    1. Mpok Milaaaa

      Makasih-makasih...

      Kadonya mana mpok?

      Delete
  11. baca ini lidah kok kayak kelipat gitu ya mas riza? medok banget, jowo gitu loh :D

    salam sm grandma, petuahnya oke binggo..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwk, kan saya udah bilang kalo nenek saya nasehatnya pake bahasa jawa.

      Oke ntar saya sampein

      Delete
  12. Lumayan baca nih postingan sambil belajar bahasa jawa :D
    Keren banget neneknya masih bisa ngelawak hahaha
    Btw, HBD yaa Riza:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwk, iya saya aja kaget nenek saya ngelucu gitu

      Makasih...

      Delete
  13. Bang, kenapa kalok aban) ngeblog selalu pagi2 ya publish nya? Apakah ada alasan khusus?

    *lg belajar ngeblog jg 😁*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh soalnya saya tulisnya entah hari kapan, nah saya kan biasanya terbitnya selasa kalo gak jumat atau sabtu, nah saya setting keluar pagi.

      Gak ada maksud apa-apa sih, cuman saya seneng aja kalo terbitnya pagi. Biar bisa dibaca orang pas pagi sama sekalian buat hiburan.

      Delete
  14. Mas, numpang nanya TF pada kemana yaaa? hehehe

    ReplyDelete
  15. Bruakakkakaka... tpi nggk semua yg ngritik itu bukti sayang sama kita... hahah soalnya ada rekan kerja yg hobinya ngritik mulu. Nyiyir.. hahaah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Orang nyinyir mah tabok aja wajahnya

      Cih benci banget gw sama orang nyinyir. Berprestasi kagak, banyak mulut iya. Tabok nih !

      Delete
  16. Masih bisa inget semua pesan nya
    hebat mas, kalo saya ada point2 sedikit saja
    tapi ini keren banget, bisa jadi acuan buat saya lebih semangat dan lebih baik lagi setelah membaca ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ambil intisarinya aja mas, sapa tau bermanfaat.

      Btw, makasih udah mampir kesini.

      Delete

Cieeehhhhh yang abis baca blog gue sambil ketawa-ketawa, kasih komentarnya dong sayy....