Pesan Buat Anak Baru Kerja (TF)

Hello guyyssss

I'm back ! I'm back !

How's your day?

Please, have a seat, have a seat

Ok cukup ngomong inggrisnya, takut ada yang puyeng, hahaha


Hai kalian yang lagi baca blog gw. Selamat datang kembali !

Akhirnya mood gw menulis dateng lagi. Setelah lama nulis-gak nulis-nulis, akhirnya gw berusaha untuk kembali rutin menulis lagi. Emang niat-gak niat gitu. Udah punya banyak ide, eh pas tangan udah di atas keyboard kitanya bingung mau nulis apa. Kan kesel saya jadinya.

Oke, sesuai dengan judul gw di atas, gw mau membahas masalah yang rada sensitif. Lagian udah lama banget gw gak nulis masalah finansial lagi. Jadinya blog kali ini jadi Tuesday-Finance lagi. Macem dulu itu loh, yeaaahhhhh !!

www.freepik.com

Kalian yang baru kerja, apa kabar? Gimana rasanya kerja? Exited? Pusing? atau biasa aja? semoga gak disaster aja. Selamat nak ! Kalian baru saja memasuki dunia nyata. Apa yang udah kalian pelajari selama sekolah, sekarang saatnya kalian terapkan ilmunya. Semangat !!

Akhirnya setelah sebulan kerja, kalian gajian juga. Yeaayyyy.....

Inilah yang dinanti-nanti anak yang baru kerja. Gajian !! Eh anak lama menanti juga sih (mata duitan, hahahaha). Banyak enggaknya mah tetap disyukuri aja. Masih banyak lo yang pengen kerja tapi susah dapet kerjaan. Tapiii, tunggu dulu. Jangan langsung diabisin guys. Mentang-mentang gaji pertama langsung kalap beli ini, beli itu, jajan ini-jajan itu. Sampai akhirnya lupa, masih pertengahan bulan duit kalian udah abis. Habis itu kalian makan batu deh.

Ini namanya sindrom anak baru pertama kali gajian. Cuman numpang lewat doang duitnya di rekening. Ampun dah. Gak cuman anak baru sih, anak lama juga banyak yang kaya gini. Heran deh gue, masak udah lama kerja gak ada hasilnya apa-apa. Sedih gak sih??

Jangan salah, di jaman sekarang ini banyak banget anak millenial yang gak punya apa-apa setelah sekian lama kerja. Gak usah jauh-jauh, di kantor gw yang isinya kebanyakan anak muda, kejadian kayak gini ada banyak pasukannya. Adanya internet bener-bener merubah hidup mereka. Karena pengaruh yang besar inilah akhirnya banyak yang gak kuat iman akhirnya tergoda untuk membelanjakan uangnya. Tau-tau udah abis aja. Makanya, buat kalian yang pada baru kerja dan baca tulisan gw: MENABUNGLAH !

Yak benar, menabung ! Kata yang mudah diucapkan tetapi sulit mempraktekkan. Entah kenapa anak-anak jaman sekarang gw perhatikan jarang sekali menabung. Mereka lebih seneng beli hp baru daripada mensyukuri hp yang dia punya, dipake sampe rusak, baru deh beli baru. Gw punya hp dari jaman masih di kantor lama sampai sekarang di kantor baru. Masih gw pake tuh sampe sekarang. Semua fitur yang gw butuhin masih bisa dipakai sampe sekarang. Yah walopun jadul dan hp-nya sering nge-hang, tapi tetep aja gw awet-awetin makenya. Udah masuk tahun ke empat loh gw pake hp gw. Kalo ada kerusakan ya wajar, la wong dipake terus.

Temen-temen kantor gw suka pada ngetawain gw karena hp gw jadul. Tapi mah gw bodo amat. Selama masih nyala dan bisa dipake ya ngapain gw ganti hp. Ya kan?? Kecuali mereka mau beliin gw hp baru sih gak papa. ---> kode

Nah pemikiran macem gw ini sekarang udah jarang dikalangan anak-anak muda jaman sekarang. Begitu ada hp keluaran terbaru, seolah-olah lu wajib-kudu-punya biar dikatain anak ngehits. Padahal mah hp lamanya masih bagus dan berfungsi. Begitu gajian, langsung deh kredit hp baru. Gw yang ngeliat cuman bisa geleng-geleng doang. Pantes aja anak jaman sekarang pada susah menabung. Gimana mau menabung, la wong uangnya abis buat bayar utang.

Terus dengan adanya dunia maya, yang namanya traveling tuh sekarang jadi kebutuhan hidup. Lu gak ngehits kalo belum main ke sini, main ke situ, terus fotonya di upload di media sosial. Yang jarang traveling kaya gw? Cupu dan anak kampung.

Belom lagi kebiasaan belanja online yang gampang naujubilah di jaman kaya sejarang ini. Gile cuy, lu tinggal ketik di google, klik search, taraaa apa yang lu cari langsung ketemu semua. Apalagi kalo lu punya kartu kredit. Tinggal masukin nomor kartunya, masa expired, VCC, masukin kode, udah deh, kebeli apa yang lu idam-idamkan.

Puas? Banget lah, itu kepuasan batin. Tapi begitu liat dompet, liat isi rekening, liat tagihan kartu kredit lu, langsung deh berasa nyesel. Gimana enggak, duitnya numpang lewat doang, dadaaa...

Maka sekali lagi gw sarankan buat yang baru kerja, MENABUNGLAH ! Menabung itu penting guys, untuk menyiapkan masa depan kalian. Kalo bisa pisahkan rekening menabung sama rekening sehari-hari. Jadinya gak kecampur dan kepakai uangnya. Menabunglah demi masa depan kalian sendiri.

Susah menabung? Ambillah tabungan berjangka. Jadi setiap kalian gajian, ada sebagian dari uang kalian yang masuk tabungan berjangka. Ini adalah model menabung yang memaksa dan ampuh banget buat yang baru belajar menabung. Selain aman, uangnya juga berkembang. Nanti pas jatuh tempo uangnya langsung masuk ke rekening induk kalian. Makanya bukalah tabungan berjangka di tempat kalian menabung. Buat yang mau tau lebih jauh tentang tabungan berjangka bisa baca di sini.

Kemudian kalo punya hutang, bayarlah terlebih dahulu. Seneng mana, hidup penuh hutang atau hidup tanpa hutang? Jadi kalo punya hutang cepet-cepet dibayar, bukan ditahan-tahan.

Kemudian step selanjutnya, berinvestasilah. Ini penting banget. Terutama kalo kalian masih muda, justru sekaranglah saatnya kalian membentuk portofolio investasi kalian. Semakin lama waktu berinvestasi, maka akan semakin bagus perkembangannya. Kalian bisa berinvestasi di emas, reksadana, saham atau kalo kalian banyak duit bisa berinvestasi di properti.

Gak punya banyak duit? Silakan sisihkan sebagian uang kalian untuk investasi di instrumen yang murah. Ya seperti yang udah gw bahas, emas, reksadana atau saham. Investasi itu gak semahal seperti jaman dahulu. Suka emas? Silakan kalian berinvestasi di pegadaian lewat tabungan emas. Ini bener-bener murah banget. Karena dengan uang 6 ribuan kalian sudah bisa menabung emas. Emang dikit sih, tapi kalo kalian rutin kan lama-lama jadi banyak. Mau yang sedikit lebih menantang tapi mau tetep aman? Silakan berinvestasi di reksadana. Ada banyak yang udah membahas gimana caranya beli reksadana. Googling aja, banyak dan lengkap ! Mau yang lebih menantang dan memacu adrenalin? Silakan berinvestasi di saham. Wah mahal dong? Enggak, kata siapa. Mulai 100 ribu kita udah bisa investasi di saham. Selain dapet deviden tiap tahun, kita juga menikmati kenaikan nilai saham kita. Dan gw udah ngerasain ini.

Suka traveling? Ya silakan menabung khusus buat traveling. Jangan dicampur sama tabungan biasa. Ntar duitnya jadi kepake semua deh. Kebanyakan anak sekarang pengen traveling, tapi pake duit tabungan biasa. Ntar begitu pulang mereka jadi kere. Itu karena budget buat traveling gak dipisahin dari pos tabungan biasa.

Sebenernya apapun keinginan kalian, gak masalah asalkan kalian mem-planning dengan baik. dan memisahkan semua dengan teratur. Uang tabungan kalian itu jangan diutak-atik kecuali untuk keadaan yang darurat.

Yang terakhir, jangan lupa sedekah. Sedekah itu pentung guys, buat ngebersihin harta kita. Gw selalu mengibaratkan rejeki yang kita dapatkan dari Tuhan seperti ayam utuh. Makanya perlu 'dibersihkan' lewat yang namanya sedekah. Kan kalian gak mau kan makan ayam sebulu-bulunya, setai-tainya kan?

Nah dalam setiap rejeki yang kita dapat ada bagian orang lain. Makanya begitu kalian gajian atau dapet duit, buru-buru ambil sebagian buat sedekah. Yakin deh kalo kalian rajin sedekah nanti rejeki kalian akan makin lancar dan tambah banyak. Dan jangan lupa, rejeki yang bersih akan membuat hidup kita jadi berkah.

Udah ya segitu aja bacotan gw kali ini. Siapa tau bermanfaat. Jangan jumroh gw kalo postingan kali ini garing banget. Ini sengaja gw tulis karena kepedulian gw sama anak-anak jaman sekarang yang hidupnya terlalu mengikuti tren kalo gw liat. Sederhana aja kenapa sih, gak usah pengen keliatan punya apa-apa. Gw lebih suka dikatain gak punya apa-apa tapi aslinya gw punya apa-apa.

Yasud ya, love you all

Muachhhh



*Hoeekkk*


Bayyyy.............

Post a Comment

20 Comments

  1. nggak dizaman milenieal, zaman dulu. anak anak muda era dulu. boros juga mas. dan akhirnya tua nggak dapat apa apa. dan kalau nggak mas ingatin. mungkin akan seperti itu selalu. kekurangan karena mereka boros akan gengsi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, anak sekarang mah gengsinya gede. Makan tuh gengsi

      Delete
  2. Saya anak lama yang kalo gajian juga langsung ludes. Si Keenan mah kirim aja ke Asgard, jangan masukkin box serbaguna

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwk, buat bayar cicilan ya om.

      Iya ih, Keenan mah susah diem sama suka mintain duit, mau saya masukin box aja

      Delete
  3. akuh akuh akuhhh! punya dua tabungan berjangka lhooo *PAMER* huahahahhahaha

    jadi kangen nabung lagi di pegadaian deh. tak berangkat dulu ah ke gaden. ada ya kangen nabung? wkwkkw

    iya ini nih yg dikangenin jg Tuesday-finance nya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mayan mbak, bisa jadi uang kaget pas cair.

      Eikeh dong, sekarang rajin nabung di pegadaian. Mayan, beli aset dikit-dikit.

      Iya, lama gak nulis. Habisnya suka bingung mau nulis apa dan bingung kapan nulisnya, huhuhu

      Delete
  4. iya nih, aku dua tahun lalu fiuuuh boros. Dapat duit langsung belanja. Dihemat-hematin, tetep aja keluar duitnya.

    Baru sadar pada awal tahun ini, kalau dapat duit ya ditabung. Toh barang-barang yang pengen dibeli, udah pada terbeli semua saat tahun lalu.

    Alhamdulillah, sekarang udah mulai serius menabung. Lebih tepatnya tabungan pernikahan, hohohoooo

    💕

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, suka nyesel belakangan gak sih? Kadang suka tepok jidat, yaolo ngapain dulu gw beli ginian.

      Semangat mbak ! Demi jadi princess.

      Delete
  5. jadi inget guru baru yg umurnya jauh di bawahku gajiannya sehari habis buat shopping
    ya iyalah berapa sih gaji honorer buat gituan ya langsung amblas
    wkwkwk

    btw kok ngerasa tua banget aku anjir...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wes tuo ki ngaku wae, wkwkwkwk

      Heeh, guru honorer ki gajine sak piro. Bukannya ditabung malah foya-foya. Capee dehh

      Delete
  6. Yah, kalau masalah belanja online sih saya nggak tertarik, takut kalau barang yang dibeli itu nggak sesuai ekspektasi kita. Paling parah sih paling buat ngikutin trend travelling. Ya walopun bukan travelling hits layaknya kids jaman now diluaran sana (iya, travelling gue cuma sebatas main disekitaran rumah atau kost'an doang. pakai motor pula, bukan pesawat), tapi tau-tau duit juga udah abis gitu aja. *Buat apa coba? Oh pertamax kan sekarang mahal--PANTES* XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, maen deket-deket rumah aja keluar duit yah. Paling enggak bensin sama jajan. Ya ampun, sekarang kok apa-apa mahal yah??? *jambak rambut*

      Delete
  7. Yang baru kerja tentunya merasa asing dengan tempat yang baru. Merasa diri sebagai yunior dll. Tapi itu tidak lama.. setelah gajian... semua jadi hilang koq.. hahahaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo pertama gajian berasa kaya tauk, hahaha

      Delete
  8. siappp pakk.. ini lagi nabung super ketat..

    ReplyDelete
  9. Gini j deh om
    Mending tabungan om buat saya

    ReplyDelete
  10. Mas, tumben tulisanmu waras wkwkwkwkw :p

    Eh tp kamu beneeeer. Nanung penting, aku aja nyesel baru bisa nabung pas nikah hahahah. Pas pertamakali gajian, aku inget banget itu uang lgs bhabhay beli IPOD :p. Untung aja msh tinggal ama sodara, jd makanku masih terjamin hahahaha.

    Padahl aku kerja di bank, dan sbnrnya fasilitas dan benefit investasi utk staff banyak banget.tp ga kumanfaatin :(. Barulah setelah nikah mulai deh mikirin investasi dll. Jangan ditiru :). Tp setidaknya skr aku ga tergoda lg utk ngutang :). Walo bbrp temen banyak yg bilang aku bodoh, ga mau manfaatin pinjaman lunak khsus staff di kantor. Bodo amatlah.. Ga bangga juga aku punya utang. Mending nabung pelan2 tp nambah, drpd minus mulu nutupin utang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ih iya, lu kerja di haesbeceh juga. Udah gaji gede, banyak pasilitas, kenapa gak lu pake mbak?

      Gak papa mbak, hidup tanpa hutang itu bahagia, beneran deh.

      Btw, kenalin gw sama mas-mas haesbeceh yang ganteng dong, wkwkwkwk

      #ngok#bunuhdiri

      Delete

Cieeehhhhh yang abis baca blog gue sambil ketawa-ketawa, kasih komentarnya dong sayy....