Saturday, 22 October 2016

Arti Kode Pada Tabung Gas

Hello crazy people !

The crazy person is back !

Ayo sini-sini mendekat....




Oke, tadi pagi jam 9, ada mas-mas dan mbak-mbak yang ngetok-ngetok pintu rumah gue. Gue yang masih molor di jam segitu bangun dengan aras-arasen. Sapa sih ini pagi-pagi ketok-ketok rumah gue, huh ! Akhirnya dengan langkah gontai gw ke depan bukain pintu.


'Selamat pagi pak?'

'Pagi'

'Kami petugas dari kelurahan mau menanyakan penggunaan tabung gas pak'

'Oh iya mbak, gimana ya?'


Dalam hati gw langsung curiga, jangan-jangan sales asuransi nih? Eh tapi kan kita gak boleh suuzon. Karna gw takut dilempar batu dari langit gara-gara suuzon, akhirnya gw langsung buru-buru berprasangka baik.


'Jadi gini pak, kami mau menanyakan, bapak pakai tabung gas 3 kg atau 12 kg yah?'

'Oh saya pakai tungku sama obor di rumah saya mbak'


Hahaha, bukan gitu deng.


'Saya pake dua-duanya mbak'

'Oh gitu, maaf sebelumnya ini dengan bapak siapa yah?'

'Nicolas Saputra mbak' 

'Riza mbak'

'Oh iya, pak Riza kami boleh mengecek tabung gas 3 kg bapak?'

'Oh silakan mas, tabung gasnya ada di Indomaret dapur'


Hahaha, apaan sih ini. Ngelawak mulu gw dari tadi.


Terus si mas-mas sama mbak-mbaknya bobo di kamar gue ke dapur buat ngecek tabung gas 3 kg gw.



'Jadi gini pak, kalo bapak beli gas tolong dilihat kodenya ini pak'

'Emang itu maknanya apa mas? Saya malah gak ngerti'

'Ini pin BB saya artinya kode kadaluarsa tabung gasnya pak'  

'Oh gitu? Saya malah baru tau'

'Iya pak, jadi setiap tabung gas itu ada kode kadaluarsanya. Kalo kaya punya bapak kan kodenya 01-20, artinya tabung ini kadaluarsa di bulan Januari tahun 2020'

'Loh saya baru tau mas' 

'Makanya saya disuruh pak lurah kesini pak. Terus ketika beli tolong diperhatikan fisiknya pak. Kalo karatannya sangat parah sebaiknya jangan dibeli takutnya nanti bocor'

'Oh gitu mas. Terus kenapa tabung gas pake tanggal kadaluarsa mas?'

'Soalnya ini berkaitan dengan sambungan lasnya pak. Diperkirakan sambungan lasnya akan berkurang kerapatannya setelah pemakaian tabung selama 5 tahun'

'Ohhh....'

'Terus saran saya perhatikan tabungnya juga pak'


'Emangnya kenapa mas?'

'Bapak lihat deh, di tabung gas bapak ada plat tambahannya. Ini sebenernya akal-akalan buat ngurangin berat timbangannya pak'

'Oh gitu mas'

'Iya jadi saran saya kalo beli gas pilih yang bersih gak ada plat-plat besinya kaya gini. Jadi ini volume gasnya gak ada 3 kilogram pak'

'Wahh, saya baru tahu tuh mas'

'Yasudah ya pak, kami mau pamit dulu'

'Oh iya, makasih lo mas'

'Sama-sama pak'


Wahhhh, gw baru tahu yang beginian. Selama ini gw mana perhatian sama yang beginian, ya gak? Dan gw baru tahu ternyata plat-plat kecil tambahan itu adalah cara licik untuk mengurangi berat timbangannya. Platnya emang kecil, tapi lo liat dulu dong. Perusahaan pengisi tabung gas emang ngisi cuman setabung dua tabung aja? Ribuan kan? Lo itung aja berapa kilo keuntungan yang mereka dapatkan dari cara licik ini. 

Jadi saran gue buat lo yang sering beli gas 3 kilogram, lo liat deh tanggal kadaluarsanya. Jangan sampe beli yang udah kadaluarsa, kalo bocor bisa meledak. Terus kedua, kalo beli cari tabung yang bersih dari plat-plat besi. Karena keberadaan mereka adalah untuk mengurangi timbangan gasnya. Ini sih cuman berlaku di tabung 3 kilogram. Kalo tabung 12 kilo gak ada yang pake plat-plat begini. Tapi setiap tabung pasti ada kode kadaluarsanya.

Semoga pengalaman ini berguna buat kalian, makanya gw share. Yah walopun mereka tadi mengganggu jam tidur kalong gw, tapi gak papa. Hari ini gw mendapat pelajaran berharga dari petugas kelurahan.

Yasud yah semuaa

Bayyy........
Riza Alhusna
Riza Alhusna Updated at: 10/22/2016 02:21:00 pm
Blog Oonline
Riza Alhusna Updated at: 10/22/2016 02:21:00 pm
Riza Alhusna
Riza Alhusna Updated at: 10/22/2016 02:21:00 pm

28 comments:

  1. Penting banget nih, Om/Bro/Mas.
    Gw share di pesbuk boleh yah?

    Langsung share sekarang nih, gk nunggu izin dulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan mas, yang penting dicantumkan sumbernya

      Delete
    2. Jangan lupa artikelku tentang gas dishare juga :)

      Delete
  2. Ah rasain dah tidurnya keganggu demi hal penting *mlipir ngecek tabung gas dlu skalian mengedukasi emak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huh ! Eh tapi dapet info penting sih dari kelurahan

      Delete
    2. Saya gak dapet honor mas, orang itu cuman share aja.

      Delete
  3. Replies
    1. Itu loh mas di gambar kedua, liat deh, ada plat bentuknya kotak yang nempel, itu dia plat tambahannya.

      Delete
    2. Oalaah... Nggak pernah merhatiin. Berapa juta orang kena supertrap oknum yang bikin itu. Blog mas turut mencerdaskan anak bangsa nih :D

      Delete
    3. Makanya mas saya share. Gila selama ini ternyata kita sering ketipu kalo beli gas. Kampret bener dah. Cari makan kok ya gitu-gitu amat sih.

      Delete
    4. Silahkan lihat diartikelku biar tampak lebih jelas.

      Delete
  4. Baru tau gue ya kalo tabunggas ada masa kadal luar biasa nya...

    Emang tabunggas bisa masuk mulut ye... ampe segitunya ada msa kadaluarsanya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, gw aja yang di kasih tau juga bingung. Tapi kalo gak dikasih tau kan kita konsumen gak pernah tau. Orang pemerintah gak pernah ngasih tau-__-'

      Delete
    2. Tiap lima tahun sekali, pertamina selalu mengecek kelayakan tabung yang masuk.
      Jika masih layak akan diijinkan edar ulang.
      Jika tidak, akan dikandangkan.
      Makanya jangan heran, banyak agen yang bangkrut gara-gara menerima tabung palsu.
      Pertamina tidak mau mengisi ulang.

      Delete
    3. Jujur saya gak tau tuh mas yang begituan. Makanya pas ada petugas dateng dan aksih tau makanya saya tulis.

      Delete
  5. Very nice info bro... Saya juga kurang perhatian sama gas ini. Tuh gas aja ada yang merhatiin, masa kamu nggak?? #eh...

    ReplyDelete
  6. Meskipun sudah tahu kang tapi kalau saya mah tidak terlalu memperhatikan hal tersebut karena yang terpenting gasnya masih penuh dan tidak meledak deh biar aman, ahi hi hi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih, saya aja jarang pake gas 3 kilo. Biasanya pake 12 kg. 3 kg dipake kalo lagi kepepet gasnya abis soalnya belinya tinggal ke warung sebelah

      Delete
  7. Nah itu aku mau meluruskan tentang plat tambahan tersebut. Dan aku sudah memuat artikel yang berjudul "Plat Pemberat Pada Tabung Gas 3 Kg Bukan Kecurangan". Mungkin lebih jelasnya boleh dibaca artielku tersebut.
    Dan untuk tanggal kadaluwarsa, selama tabung masih kondisi bagus tidak jadi soal.
    Pertamina tiap lima tahun sekali, mengecek kelayakan tabung. Jika dirasa berat kosongnya kurang dari 5 kg, akan ditambahin plat pemberat. Sehingga tidak ada istilah mengurani isi. Dari pertamina isi dijamin penuh.
    Masak iya, perusahaan yang sudah go internasioanl mau main curang.
    Sssst...aku agen gas ,sehingga tahu tentang gas dan tabung gas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ini dia bandarnya gas dateng, hahaha

      Delete
  8. Manfaat banget nihh masss...banyak bgt warga warga yang suka mendapatkan yang udah kadal mas...hhehe....ternyata masih banyak yang nyari keuntungan demi pribadi..tidakk memikirkan akibatnyaa....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih lo mas udah mau baca tulisan saya. Iya suka heran sama orang-orang yang hobi cari duit dari kecurangan

      Delete

Cieeehhhhh yang abis baca blog gue sambil ketawa-ketawa, kasih komentarnya dong sayy....