Tips Agar Blog Disukai Banyak Orang

12/09/2016 06:00:00 am Riza Alhusna 52 Comments

Hai semuahhh....

Apa kabar?? Apa kabar??

Masih pada bernafas kan??

Yaiya lah mas, kamu gila yah?




Hai semuah, masih pada suka denger ocehan gw kan?

Oh iya, bentar yak biar sedep gw bikin kopi dulu. Tunggu yah....

 sumber: www.youtube.com

Horeee kopinya udah jadiii..... Minggir-minggir... Gw mau ngopi nih. Lu cium baunya aja yah? Hahaha *ketawa jahat*.


Kopi hitam di pagi hari, hemmpp.... sedapp...... Eh ada yang kurang. Bentar yah gue ambil kue dulu. Lu mau gak? Mau? Sori, gw cuman nanya doang, hahaha.

Kampret lu bang !

lapis surabaya

Aihh.. lapis surabaya. Itu bikinan eneng bekasi loh. Dia emang bakat bikin kue. Kalo gue sih bakatnya ngabisin kue. Ya gimana yak, ngebedain tepung terigu sama gula halus aja gw gak bisa. Tau gak, gw pernah bikin adonan pisang goreng pake gula halus, hahaha. Katanya emang gw bakatnya cuman ngabisin makanan doang. Maaf ya dek....

Hari ini gw gak masuk kerja guys. Badan gw lagi meriang. Rasanya badan lemes banget. Gw takutnya ntar kalo berangkat terus semaput di KRL gimana? Terus kalo ntar yang nolongin gw mas-mas ganteng gimana? Terus kalo ntar mas-mas gantengnya elus-elus muka gw gimana? Haduhh... mendingan gw tiduran aja deh di rumah. Maaf ya mas ganteng, kamu kehilangan kesempatan elus-elus mukaku...

Tapi, begitu gw istirahat tiduran sejam, badan gw udah agak mendingan. Yaudah deh yah gw nulis aja. Jumat pagi, di rumah, leyeh-leyeh sambil minum kopi dan makan kue, heemmmpp..... sedaapppp....


Halo pak Felix?? Sehat pak di kantor??


Hahahaha


Oke sebenernya topik ini pengen banget gw tulis dari sejak lama. Banyak yang request tapi gw males nulisnya. Selain topik ini, topik KPR juga sering ditanyain. Ya ampun, gw kan bukan pengembang. Sabar dong guys. Tenang aja, kalo sama gue, Senin depan gak naik kok.

Jadi banyak yang nanya, gimana cara biar blog kita banyak pengunjungnya. Menurut gue ini pertanyaan aneh. Karena blog gue bukan blog yang ngehits kaya para suhu-suhu di sini. Jadi yang gw tulis berdasarkan pengalaman gw aja yah. Inget, ini berdasarkan pengalaman Riza Alhusna. Jadi gw gak akan bahas cara naikin trafik yang pake SEO-SEO ituh. Mohon maaf, gw gaptek kalo masalah kaya gitu, hahaha.

Diminum dulu kopinya....


Suuurrpp...... Sedaappp......

Enak yah baunya? Hmmmpp...


Eaaaaa... yang ngiler. Sana bikin kopi !


1. Jangan Kopas

Yak ini dia tips pertama dari gue. Lo mau nulis blog kan? Nulis kan? Ya ditulis pake tangan dan otak sendiri. Inget, jangan kopas ! Seorang blogger sejati haram hukumnya mengkopas karya orang lain. Kalo mengutip boleh, tapi mengkopas jangan. Biar ala-ala partai 'lebaran kuda', mari kita bikin iklannya kaya yang sering nongol di tipi-tipi.


Katakan Tidak Pada Kopas !


Cieehhh... udah persis belom? Lo semua tau kan iklan ituh? Sayang, anggota partainya pada masuk penjara. Jadi gak ada yang bisa jadi bintang iklannya deh. Eh, masih ada yang belom masuk penjara mas. Oh iya gw lupa, sang 'pangeran' kan masih asoy geboy di rumahnya yah. Yaudah deh ntar gw tawarin jadi bintang iklan yang baru. Moga-moga aja dia mau.

Sudah jadi kodrat setiap makhluk untuk meniru. Kita manusia pun meniru. Kita bisa berjalan karena meniru. Kita bisa bicara karena meniru. Kita bisa menulis dan menuangkan pikiran kita juga karena meniru. Tidak ada yang salah dengan meniru. Begitu juga dengan blogger yang baru. Semuanya berangkat dengan meniru. Meniru gaya penulisan seseorang, meniru gaya imajinasi seseorang. Gak ada yang salah. Yang salah adalah meniru gaya sesorang kemudian mengklaim bahwa itu gayanya.

Jadi buat lo semua, kalo lo belom bisa menemukan gaya penulisan lo, ya gak papa meniru. Asal jangan mengklaim tulisan orang. Setiap orang itu punya gayanya sendiri-sendiri. Begitu juga dengan blogger, mereka punya gaya penulisan sendiri-sendiri. Ada yang biasa aja, ada yang koplak kaya gue, ada yang semangat berkobar-kobar dalam gaya tulisannya, sah-sah aja. Yang penting itu hasil pemikiran sendiri. Terus lah menulis, karena suatu saat kalian akan menemukan gaya penulisan kalian sendiri. Ingat, pengalaman akan mengajari kalian. 

Makan roti dulu....

Waduh seret nih... Ngopi dulu.... Surrppp... Enak....


2. Konsisten

Konsisten di sini adalah konsistensi kita dalam menulis. Bukan konsistensi kalian dengan pasangan kalian. Menulis loh yah, bukan hubungan intim percintaan. Gw lagi gak membahas tentang itu.

Banyak blogger pemula, biasanya susah untuk konsisten. Jangan kan pemula, gw yang sering nulis aja masih susah konsisten nulis. Setiap orang emang punya kesibukan sendiri-sendiri. Gw pun punya. Gw juga yakin kalian pun punya. Tinggal gimana kitanya memanage kesibukan kita masing-masing.

Gw punya jadwal posting di setiap hari Selasa dan Jumat. Maka buat lo yang belom tau, silakan inget-inget jadwal nongolnya tulisan gw. Tulisannya tentang apa? Ya terserah gw, namanya juga blog personal. Sama dengan kalian, kalian pun juga silakan menentukan jadwal postingan kalian. Dengan menjadwal kita jadi terpacu untuk berkarya. Gw ini sibuk. Sibuk kerja, sibuk tidur, sibuk main, sibuk nonton tipi, sibuk tidur lagi, sibuk banget kan gue?


Buseettt.... kaya gitu sibuk mas?

Sibuk taukk......

*ngeles*


Maka untuk mensiasati kesibukan gue, gw nulisnya setiap hari Sabtu atau Minggu. Dua postingan sekaligus. Tapi tetep keluarnya sesuai jadwal. Kalo lagi semangat malem-malem gw nulis. Tapi ini adalah keajaiban karena setiap gw udah nempel sama kasur gw langsung semaput. Memang gw payah sekali kalo udah ngeliat bantal. Bawaannya langsung horni pengen meluk bantal terus tidur. Hayoo jangan ngeres....

Inget ini yah anak-anak. Sekali ada yang komen di blog kalian, maka mereka akan datang lagi suatu hari. Udah pasti itu. Kapan baliknya, ya meneketehe. Namanya juga pembaca. Mana kita tau jadwal mereka blogwalking. Maka jangan kecewakan mereka karena kalian males nulis. Kalo mereka balik ternyata kalian belom apdet tulisan kalian, mereka akan kecewa. Maka jangan pernah kecewakan mereka. 

Oke?


Okeeee......


Oke, oke, diminum dulu kopinya ndro !


3. Jadilah Diri Sendiri

Inget, ini blog kalian. Ngapain kalian harus berpura-pura jadi orang lain? 

Setiap manusia itu unik. Gak ada manusia yang sama. Bahkan anak kembar pun bisa beda sifat karena punya otak sendiri-sendiri. Gw, kalian atau pembaca gw yang lain juga beda. Contoh nyata adalah blog gw. Kalian bisa liat sendiri kan kalo gaya gw ini koplak kaya orang gila? Ya emang gini aslinya gw. Gak ada yang gw sembunyikan. Kalian gak perlu meniru gw kalo kalian gak gila kaya gw. 

Kalo kalian aslinya pendiam kaya gw gak bisa ngelucu, ya jangan ngelucu. Karna nanti jatohnya jadi wagu alias aneh. Makanya saran gw, jadilah diri sendiri. Gak perlu kalian berpura-pura menjadi orang lain. Ada blogger yang yang gaya nulisnya kocak kaya gw, ada yang biasa aja, ada yang berapi-api. Ya itu sah-sah aja. Toh gak ada yang salah. Kalian boleh meniru gaya penulisan seorang blogger, tapi jangan kalian kopi semua. Kalian sesuaikan dengan pribadi dan gaya kalian. Itu namanya manusia yang bisa berkembang. Bisa menyesuaikan dengan kebutuhan diri sendiri. Eh bentar, ada yang nelpon.


'Halo?'

'Halo pak Felix? Ada apa?'

'Pak Riza, kok nama saya disebut-sebut sih?'

'Hahaha, gak papa lah pak. Kan mereka gak tau wajah bapak'

'Tapi saya malu pak'

'Yaelah pak, habis ini bapak banyak fansnya kaya Keenan'

'Oh gitu ya pak?'

'Iya pak, tenang aja. Pssstt... pak, saya kasih tau. Hari ini bos lagi ke Manila loh'

'Masa?? Waahh...'

'Iya pak, bapak kerjanya santai-santai aja'

'Hahaha, bapak kaya gak tau saya aja'

'Hahaha, udah pak, sana kerja'


Maaf yah, kalian jadi nunggu. Sampe mana tadi yah?

Oh iya. Itu tadi pesen gw. Jadi diri sendiri. Jadi ntar pembaca blog lo bisa menarik benang merah dari gaya penulisan lo. Okeh?


Okeee.....


Oka, oke, ngopi dulu... ngopi dulu.....


Kok pait sih bang?

Kalo pait, lo minumnya harus sambil liat foto gw

Pait... pait... pait... pait...


4. Belajarlah tentang SEO dan Program Lainnya

Sumpah gw malu banget nulis ini. Karena gw bego masalah SEO-SEO-an. Alhamdulillah walopun gw bego coding, tapi gw smart. Gw punya adek yang pinter baca bahasa pemrograman. Yaudah gw berdayain aja. Ini juga gw lakukan ketika gw cek google webmaster ada error di blog gw. Gw baru sadar pas cek webmaster ternyata ada yang error kodenya. 

Apa pula itu mas google webmaster? 

Gak tau? Browsing lah. Google analytic penting juga tuh. Gak tau juga? Browsing lah. Gw gak mau membahas itu karena udah banyak blog yang bahas begituan. Jadi gw gak mau bikin blog tandingan.




'Woi, benerin blog gw dong !'

'Apa lagi si?'

'Itu ada error di webmaster gw'

'Males ahh...'

'Oh lo gak mau? Oke, bulan depan beasiswa gak turun'

'Eh iya, iya, ntar gw benerin deh'


Cakeeppp......


5. Rajin Blogwalking

Blog lo gak ada pengunjungnya? Silakan luangkan waktu lebih banyak untuk blogwalking. Blogwalking itu penting guys. Kenapa? Untuk memberi tahu khalayak ramai kalo lo itu ada di dunia maya. 

Inget, setiap hari ada ribuan blog tercipta. Maka kalo lo masih baru, lo adalah nobody. Maka sudah jadi kewajiban lo untuk helo-helo ke semua orang kalo lo itu ada. Caranya ya dengan blogwalking alias main ke blog orang. Main ini juga buka main dong. Tapi tinggalkan lah komentar di salah satu postingan yang lo baca. Memberi komentar itu sebuah bentuk penghargaan kita sebagai pembaca kepada seorang penulis.

Yakin deh kalo lo sering ninggalin komentar, mereka pasti akan kepoin lo. Seenggaknya satu orang aja pasti akan mampir ke blog lo, terus gantian ninggalin komentar di salah satu postingan kalian. Maka 'kewajiban' kita juga blogger yang udah dikunjungi gantian mengunjungi dan meninggalkan komentar pada blog orang lain. Dengan adanya simbiosis mutualisme seperti ini, kalian gak usah capek-capek ngutak-utik SEO terus, maka trafik blog kalian akan naik perlahan-lahan.

Blog kalian gak laku gara-gara gak ada komentarnya? Silakan meninggalkan komentar di bawah, nanti akan gw kunjungi balik. Sapa tau kan, habis dikunjungi gw blog kalian jadi tenar....

Ini udah gw praktekkan sendiri. Dulu gw rajin blogwalking, tapi males ninggalin komentar. Akhirnya tetep aja gak ada yang ngomen postingan gw. Setelah gw sering ngomentarin blog orang, eh semakin lama semakin banyak orang yang meninggalkan komentar di blog gw. Alhamdulillah yah, sesuatu...

Kalo kalian masih belom percaya juga, silakan main ke blognya mbak Prisca. Mbak Prisca dulu blognya jarang ada yang ngomentarin. Padahal tulisannya bagus loh. Cuman orang-orang pada gak tau aja keberadaan dia. Bisa dibilang gw adalah komentator setianya, hahaha. Akhirnya mbak Prisca gantian sering komentar di blog gw. Sekarang? Komentatornya meningkat drastis.

Tuh kan... gw itu membawa pengaruh yang baik.... *maksa*    


6. Jawab Komentar yang Masuk

Setiap ada komentar yang masuk ke blog lo, jawablah. Jangan males-males jawab komentar orang. Sekalipun komentarnya aneh, jawab aja. Pasti mereka jadi seneng. Mereka berkomentar karena mereka menghargai tulisan kita. Maka jangan kita biarkan ada komentar yang tidak dijawab. Jadi ada komunikasi dua arah antara penulis dan pembaca.

    

Buat lo yang pake platform blogger kaya gue, lo pencet tuh 'komentar'. Jadi gak ada komentar yang terlewat. Kasian kan mereka udah capek-capek ngetik komentar, eh lo cuekin. Sakittt...

Makanya kolom komentar itu penting. Jangan sampe blog lo gak punya kolom komentar. Untuk masalah moderasi sih itu terserah kalian. Kalo gw sih gak mau gw moderasi. Biar alami aja. Ntar kalo ada komentar yang SARA, iklan pembesar titit atau tetek tinggal dihapus aja, hahaha. Jangan juga kalian gampang tersinggung kalo dikritik sama orang. Itu artinya mereka perhatian sama kalian. Dibawa santai aja.


Eh bentar, kok bau busuk yah?

Oh iya, gw barusan kentut....


7. Perhatikan Visualisasi


Visualisasi itu penting guys. Tapi yang gw tekan kan disini adalah cara penulisan kalian. Gak harus sesuai EYD, tapi perhatikan dengan betul kapan harus menggunakan titik, kapan harus menggunakan koma, kapan harus menggunakan huruf besar, kapan harus ditulis miring, dll. Ini keliatannya simpel, tapi kalo salah dalam penerapan, maka pembaca juga salah dalam menangkap maksud tulisan kalian.

Termasuk visualisasi disini adalah panjangnya tulisan pada paragraf kita. Inget, ini blog, bukan buku. Ada orang yang baca lewat komputer, ada yang lewat tablet, ada juga yang lewat hape. Kalian perhatikan betul-betul jangan sampai tulisan di paragraf kalian terlalu panjang. Nanti gak cantik dan bikin mata jereng yang baca.

Perhatikan juga spasi atau jarak antar paragraf. Please banget, jangan sampai antar paragraf itu gak ada jarak. Jadi seolah-olah antar paragraf itu 'nempel'. Ini nanti efeknya gak banget di mata pembaca. Mata pembaca nanti jadi cepet lelah karena seolah-olah gak ada waktu untuk 'bernafas' ketika membaca. 

Perhatikan juga artikulasi. Maksudnya artikulasi antar paragraf. Jangan lu di paragraf atas nulis apa, bawahnya nulis apa. Gak nyambung gitu, macem skripsi kalian, hahaha. Kan yang baca jadi bingung. Semua ini bisa dipelajari dan kalian akan semakin ahli ketika kalian banyak menulis. Jadi, jangan takut. Terus menulis dan belajar maka kalian jadi tau sendiri di mana letak kesalahan penulisan kalian.

Oh iya, kalian setiap habis nulis jangan langsung diposting. Tapi, kalian sign-out dulu. Sejam atau besoknya kalian baca lagi. Dengan begitu kalian bisa meneliti letak kesalahan kalian. Mungkin ada yang typo, mungkin ada yang gak enak alur bahasanya atau mungkin kalian malah dapet ide baru jadi bisa ditambah-tambahkan.  

Kalo kalian jago corel, boleh deh dibikin blognya yang ciamik. Kalo perlu pake ilustrasi yang keren binggo. Banyak kok blogger-blogger yang kece banget blognya. Seperti contohnya mas Adhi. Blog sama ilustrasinya keren banget. Jujur gw malah lebih sering kagum sama ilustrasinya ketimbang tulisannya, hahaha. Soalnya memang di situlah letak 'karakter' dari blognya mas Adhi. Banyak juga yang blognya keren-keren karena tampilannya ciamik banget. Soalnya mereka pinter desain. Kalo gw mah cupu banget, jadi ya sederhana aja penampilannya. Yang penting isi dan karakter blog gw kuat. Tsaahhh.....


8. Fokus

Tips oke lainnya, kalian fokus lah dalam mengelola blog kalian. Kalo blog kalian fokusnya tentang bola, ya isi dengan topik bola. Kalo keuangan ya keuangan. Kalo masak-masak ya masak-masak. Kalo blog gue blog personal, isinya ya curhatan. Namanya juga blog personal. Cuman gaya bahasa gw aja yang rada klowor. Jadi maap-maap aja kalo isinya campur-campur.

Termasuk fokus di sini adalah jangan pernah menunda ketika ada keinginan untuk menulis. Segera buka laptop atau komputer kalian, langsung tulis apa yang ada di pikiran kalian. Kalo kalian sedang sibuk tapi lagi dapet ide, segera tulis ide kalian. Hape anak jaman sekarang kan semarpon yah, nah pake tuh fasilitasnya dengan baik. Tulis ide-ide kalian di catatan. Kalo hape lo esia hidayah kaya punya gw ya tulis di kertas. Ntar nyampe rumah baru deh dibuka-buka lagi.

Jangan lupa, begitu sempat langsung tulis aja. Jangan cuma dibikin catatan aja. Kalo cuman catatan aja tanpa dituangkan dalam bentuk tulisan, mau lo tunggu sampe anggun jadi duta shampo lain juga gak bakal jadi cerita yang menarik.

Oh iya, gak usah muluk-muluk deh topiknya. Yang sederhana aja. Yang penting kalian paham apa yang kalian tulis. Kaya gue ini loh. Karna isinya curhatan, ya gw suka dapet ide dari hal-hal sederhana. Yang sehari-hari gw liat dan alami, gw ceritakan dalam bentuk tulisan. Jadi gw gak pernah kehabisan ide.


Busettt, superrrr sekali postingan Riza Teguh kali ini yah. Oh iya, ini Teguh versi KW, hahaha

Eh badeway, kok kopinya abis yah? Horeee berarti udah segini aja kali yah tipsnya.

Itu tadi beberapa tips dari gue biar blog lo trafiknya bisa naik. Ingat, tidak ada yang instan. Mereka-mereka yang blogger terkenal pasti mengalami juga apa yang kalian alami. Kalo kalian punya modal boleh deh beli domain. Kalo gw si merasa belom perlu. Padahal banyak banget yang menyarankan gw untuk membeli domain biar blognya terlihat profesional. Duh, gw belom ihklas bayar biaya perpanjangan domain. Bayar biaya tahunan kartu kredit aja gw gak mau, apalagi domain. Selama bisa gratis kenapa harus bayar? Ya kan? I love gratisannn.......


'Mbak, kenapa ada tagihan biaya tahunan yah? Pokoknya saya mau gratis mbak. Kalo enggak saya tutup aja kartunya !'

'Baik pak, akan kami bantu untuk penghapusan tagihan annual fee-nya'


Maaf ya mbak yang sering saya omelin gara-gara minta penghapusan annual fee, hahaha.


Duh, apalagi yah? Udah deh segitu dulu. Ntar kapan-kapan kalo dapet ide gw sambung lagi. Silakan kasih tau gue tips yang lainnya di kolom komentar. Om mau tidur dulu yah, bayyy......   

52 comments:

  1. Senasib nih, kita om. Aku juga nggak ngerti soal SEO atau semacamnya. Yang penting fokus dan konsisten. Konsisten buat nulis bukan konsisten sama pasangan (maklum jomblo). *hlah curcol.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tuh kan.... aduh gw ada temennya....

      Gak papa mbak, sapa tau karna ngeblog mbak menemukan jodohnya mbak, hahaha

      Delete
  2. Jadi kalo jawab komentar itu diketik apa dijawab, bang?
    Biasanya kan kalo ngejawab itu bisa ditulis ato engga pake suara
    Jadi saya harus gimana?
    Wah jadi diri sendiri y
    Untung tulisan saya normal bang engga koplak kayak abang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terserah lo deh mo diketik kek, di jawab kek..

      Lo normal? Pait.. pait.. pait.. pait...

      Delete
  3. Hai, kak. Aku juga nggak ngerti soal SEO apalah, butuh ada yang ngajarin soal SEO-SEO itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah lah, gak usah dipelajarin, bikin pusing, hahaha

      Delete
  4. no 1,2,3,5,6,7 tu sering sih dilakuin, kalau uda berhubungan sama seo seoan nggak ngerti hehehe

    ReplyDelete
  5. Bahasanya kocak :D

    Saya suka postingannya, double tap dimana ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih udah main...

      Double tap? Maksudnya gimana ya mbak?

      Delete
    2. Itu tuh, kayak di instagram. Kalau suka fotonya kan double tap hahahahaha

      Delete
    3. Owalah... saya gak punya IG sih jadi gak tau kaya gitu.

      Delete
  6. Alriiight.
    Semua nya udah saya terapin lho dari dulu. Dan syukurlah emang berhasil ^^

    Tapi nomor 4 nggak selalu deh

    Kalau untuk personal blogger kayak kita, menurut saya yang nomer 4 itu kurang berlaku. Soalnya yang ribetin SEO dan halaman pertama pencarian google itu biasanya yan isinya artikel berita atau pengetahuan gitu tuh, soalnya ada ribua website dan blog serupa.

    Kalau blog personal mah gak ada yang sama. Yaudah sih diisi dan dikelola pakai hati aja. Kalau nerapin SEO, nanti lama-lama itu blog bakal hambar dan blogger lain jadi males baca.

    Percaya deh ;)

    Blogger-blogger personal yang terkenal jarang banget yang nerapin SEO. Contoh cumilebay.com
    Yang bikin rame dan bikin pembaca balik lagi itu emang karena seneng baca nya. Bukan karena nemu dari google :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tsahhh super sekali pak aul howler....

      Iya juga yah, ngapain kita pusing mikirin seo? Orang mesti beda. Kaya punya dek aul aku suka baca juga karena suka tulisannya. Kalo om cumi sih banyak fansnya soalnya dia gila kayak gw.

      Hai om cumi... Hahaha

      Delete
  7. Btw maaf kalau saya sok tau ya masss. ikutan berbagi dari pengalaman juga hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak apa apa mas, saling berbabgi ilmu, saling berbagi pahala walau lewat komen heheheh

      Delete
    2. Gak perlu minta maaf, kan ini berbagi ilmu. Tenang saya orangnya open minded.

      Delete
  8. kira-kira blog saya masuk ke kriteria yang disukai banyak orang gak gan? maklum masih newbee hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walah kalo itu kembali ke masing-masing pembaca. kalo saya sih suka blognya mas fadly

      Delete
  9. Yuhuu, mantap. Sebuah tips yang mendorong kita agar semangat ngeblog. Hidup Kang Felix! Hidup Kang Riza!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buset, lu lagi demo pake hidup-hidup segala?

      Hahaha

      Delete
  10. setuju sama poin2 di atas mas
    terutama jangan kopas
    kalo ngutip dengan mencantumkan referensi sih diperbolehkan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ngutip harus mencantumkan sumber dong. Masa enggak. Itu sama aja kopas.

      Delete
  11. Setuju sama semua poin diatas. Untuk poin ke-2, sekarang lagi berusaha konsisten, mulai dari konsisten update postingan blog sampe blogwalking. Yang seo it, kutakpaham. Kumenyerah kalau soal yang satu itu wkwkwk

    ReplyDelete
  12. Ingin konsisten ngeblog tapi terkadang pekerjaan real tiba-tiba numpuk ini yang jadi penghalang, mas. hehe

    Jadi diri sendiri, sangat setuju karena setiap individu memiliki prinsip dan tujuan sendiri-sendiri untuk apa ngeblog.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mbak, tinggal pinter-pinternya kita aja mengatur waktu. Iya mending jadi diri sendiri, gak perlu meniru orang lain.

      Delete
  13. tipsnya oke banget mas! semua poin yang ditulis penting banget diterapkan oleh semua blogger, termasuk saya. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ayo gih yang semangat ngeblognya. Sapa tau besok mengikuti Raditya Dika

      Delete
  14. kalo minum kopi ampasnya jangan dimakan, mending makan ubi cilembu yang enak. tapi yang punyanya gk enakan ihh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak, ampasnya saya pake maskeran biar tetep ganteng, hahaha

      Delete
    2. kalo mau dijadikan masker campur sama oli rem biar makjlebb

      Delete
    3. Ntar mas kalah ganteng dari saya malah nangis kalo saya pake masker itu

      Delete
  15. Suk nih ama postingannya, cocok buat aku blogger pemula :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih udah berkunjung. Silakan dipraktekkan sapa tau bermanfaat.

      Delete
  16. Tips ini bermanfaat hehe. Lansung bisa diterapkan di situs pribadi

    ReplyDelete
  17. menjawab komentar yg jarang aku lakukan tapi kalau membalas komentar inshaallah yg ini akan di udahakan
    konsisten ini kayaknya ketereran hampang2 susah hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener, konsistensi mudah diucapkan tapi sulit dipraktekkan

      Delete
  18. amburadul deh deh, hehehe
    tapi tetep keren krn menjadi diri sendiri..

    ReplyDelete
  19. aaaakkkkkk ini bermanfangat sekali postingannya. ehehe hehe

    aku pernah copast tulisan orang lain, tapi itu di blogku yang lama. jauh sebelum aku tau dunia blogger. aku cuma asal nulis di blog aja.
    emang bener cuma nulis aja, nggak pernah blogwalking, nggak pernah ngasih komen ke blog orang, dan nggak pernah ada yang komentar juga di blogku. aku bahkan nggak tau ada dunia se asik dunia blogger.

    aku sekarang lagi coba buat konsisten ngeblog, minimal satu bulan ada 4 postingan. do'akan ya supaya bisa menepati janji sendiri.

    sempet kepikiran juga sih buat bikin draft kayak giru, terus nanti dipublish sesuai jadwal yang udah kita bikin. tapi sayang, itu cuma niat doang dari jaman baheula.

    aku tipe orang yang males buat baca postingan sendiri. makanya, nggaj jarang banyak banget typo dipostinganku yang bikin tulisan udah hancur jadi makin hancur karena typo. mwahahahaha.

    dulu awal aku bikin personal blog niatnya emang cuma buat nulis apa yang aku rasain, tapi lama-lama kok jadi kayak punya beban. beban supaya tulisan kita bisa disukai orang dan kita ngerasa nggak mampu buat ngelakuin itu. di fase-fase itu aku sempet niat buat berhenti ngeblog karena minder.

    sering aku bilang kediriku sendiri supaya aku balik lagi ke mindset awal, nulis untuk kebutuhanku sendiri tanpa mikirin orang lain suka atau engga.

    hmmm..panjang ats ini betewe,
    maafkeun ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih, masalah suka atau enggak itu mah tergantung pembacanya. Yang penting kita nulis dengan hati. Jangan dianggep beban. Dibawa santai aja. Yang penting itu konsisten, jadi orang penasaran dan nunggu-nunggu tulisan kita.

      Delete
  20. SEO tidak terlalu sih, yang penting kontennya enak dibaca apa gak gitu..

    ReplyDelete
  21. delapan poin yang emang beneran bisa banget bikin blog kita disukai oleh pengunna, apalagi kalau tampilan blognya kaya blog ini teh kan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya tampil apa adanya om soalnya gak jago desain, wkwkwk

      Delete
  22. man, itu eyd lu aja masi ada yang ngaco hadehhh hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan gw bilang di atas, gak harus sesuai eyd

      Delete
  23. Ahem! Pantes aku cedutan, nama aku disebut2 lagi diblog ketjeh ini 😌

    itu kopi sama kuenya enak mas?

    aku kl sibuk biasanya postingnya langsung buanyak. Kayak yg mau aku lakuin ini hahaha. Trus aku pngn beken kayak Keenan, jd tolong banyakin nulis namaku disini ya

    Dan... Mas yg satu ini otaknya tetep gratisan mulu mikirnya ya, pantes masuk finance dep 😏

    Inget ya! Tulisannya mas riza ini kurang afdol kalo nggak aku tinggalin jejak manisku 😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. Btw sama mas, aku jg ga sbrapa komen moderasi. Kdg suka bkin yg komen nggak puas gara2 komennya nggak langsung nongol pas di submit haha

      Delete

Cieeehhhhh yang abis baca blog gue sambil ketawa-ketawa, kasih komentarnya dong sayy....