Tabungan Berjangka

7/16/2016 03:00:00 am Riza Alhusna 73 Comments

Hai semuahh

Apa kabar??

Gw nulis lagi nih

Oke, saking banyaknya saran, akhirnya gw meluangkan diri untuk menulis bab ini. Sebenernya sih udah kepikiran dari dulu, cuman guanya aja yang males nulis. Yah gimana yah, buat nulis ini gua harus mau ngubek-ubek websitenya satu-satu dan nelponin call centernya mereka biar gw jelas. Sehingga gw bisa nulis dengan gaya bahasa gw sendiri. Tentu dengan ciri khas gw yang klowor alias koplak. Heran deh gue, kok mau jadi anak pendiam susah bener yah. Bentar-bentar kok harus gesrek kalo ngomong.



Mungkin ada dari kalian yang susah menabung? Atau dari kalian ada yang sudah punya rencana sesuatu dan berniat buat menabung untuk mewujudkannya? Tapi kadang rencana dengan kenyataan gak sama. Mau nabung susahh benerr. Gw yakin ada banyak. Iya kan, ngaku aja, hahaha. Soalnya banyak yang email gw secara personal minta gw jadi finansial planner mereka. Maaf gw bukannya jual mahal, gw ini bukan finansial planner. Pengetahuan gw soal keuangan masih seuprit banget. Jadi mending kita belajar keuangan bareng-bareng aja disini, oke?

Eh sampe mana yah tadi?


Sampe tabungan berjangka mas.


Oke, mungkin ada dari kalian yang susah nabung karna boros. Terutama anak-anak yang baru aja kerja dan pegang duit. Haloo, kalian dengarkan baik-baik kata-kata gue. Duit itu emang manis guys. Pertama gajian langsung berasa kaya karna punya duit sendiri. Trus belanja membabi buta tanpa terkendali, eh tengah bulan duitnya udah abis. Karna gak punya duit, akhirnya akhir bulan kalian makan batu.

Hahaha, gak segitunya juga sih.

Atau mungkin ada di antara kalian yang udah kerja lama tapi kok sampe sekarang gak punya tabungan. Nah ini namanya kalian salah dalam mengelola keuangan.

Trus gimana dong?

Gw kasih tau nih, ada produk dari bank namanya Tabungan Berjangka.


Itu apa sih mas?


Tabungan berjangka itu salah satu bentuk menabung dengan menyisihkan sejumlah uang secara rutin yang di debet langsung dari tabungan setiap bulan. Ini bisa sesuai rencana waktu, bisa rencana jumlah uang atau target uang.

Maksudnya gimana mas?

Oke, biar gampang pake contoh aja yah. Misal, gue, Riza Alhusna, udah kerja satu tahun tapi belom punya tabungan. Akhirnya biar bisa nabung gw ikutan tabungan berjangka. Dua tahun dari sekarang gw berencana menikah (aminnn), dan gua berniat menabung dengan menyisihkan 1 juta tiap bulan. Maka dateng lah gw ke bank buat ngecengin mbak CS buka tabungan berjangka. Gw bilang ke mbak-mbak CS nya:


'Mbak, saya mau buat tabungan berjangka selama dua tahun'

'Baik pak, untuk setorannya mau didebet berapa setiap bulan?'

'Satu juta mbak'

'Baik pak, untuk tanggalnya mau didebet setiap tanggal berapa pak?'

'Tanggal 5 mbak'


Nah, maka setiap tanggal 5, rekening gw akan didebet langsung untuk tabungan berjangka selama 2 tahun. Artinya selama 2 tahun, gw akan nabung terus sejumlah satu juta. Uang ini tidak bisa di ambil selama jangka waktunya belom selesai. Jadi kalo belom 2 tahun gw gak bisa minta dicairin sebagian duitnya. Sebenernya sih bisa dicairin di tengah jalan. Tapiii, ada dendanya, dan biasanya bunganya juga gak bisa kita dapatkan kalo dicairin di tengah jalan. Keuntungan tabungan rencana itu, selain membuat kita disiplin menabung, nanti saat jatuh tempo kita juga dapat bunga. Atau kalo tabungannya syariah dapat nisbah. Selain itu tabungan berjangka biasanya juga ada asuransinya. Kita dapat secara otomatis asuransinya tanpa perlu bayar asuransi. Jadi kalo misal sebelom 2 tahun, ternyata gua meninggal maka si asuransi itulah yang akan membayarkan sisanya sampai selesai 2 tahun. Makanya tabungan berjangka pasti ada kolom ahli warisnya. Ahli warisnya boleh diisi siapa aja kok. Emak kalian boleh, anak boleh, suami boleh. Kalo kalian bingung, isi aja nama gue, hahaha.

Nah itu tadi yang gua jelasin diatas disebut rencana waktu.

Kalo rencana uang gimana mas?

Contoh, lo berniat banget haji. Nah biar dapet nomer porsi haji kan kita minimal setor 25 juta. Bisa tuh kita dateng ke bank, minta buat tabungan berjangka. Bilang aja rencana uang senilai 25 juta. Jangka waktunya sampai kapan mas? Bebas ! Selama tabungan berjangkanya belom nyampe 25 juta, maka duitnya gak akan bisa dicairin.

Sampe sini mudeng kan?


Iyaa pak guruuu...


Terus tabungan berjangka ini bisa untuk rencana apa aja mas? Bebas ! Semua rencana apapun bisa kok pake tabungan berjangka. Contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari, mungkin ada diantara kalian yang masih ngontrak? Nah biasanya kan bayarnya per bulan, ada juga yang pertahun. Kalo per bulan mah biasanya gak masalah karna itu wajib kita keluarkan tiap bulan. Jadi bisa tertib. Yang jadi masalah adalah kalo bayarnya pertahun. Kita sebenernya udah menyisihkan uang setiap bulan buat nabung bayar kontrakan, tapi kan yang namanya kebutuhan pasti ada aja. Nah, akhirnya uang ini terpaksa kepake. Akhirnya pas waktu jatuh tempo buat bayar kontrakan, karna gak ada duit, akhirnya kita ngutang. Nah, hal-hal kaya gini bisa dihindari kalo misalkan kita nabung dengan tabungan berjangka. Dengan ditabung di tabungan berjangka, duit itu gak akan bisa di utak-atik. Cara ini bisa di pake juga untuk nabung duit bayar SPP kuliah, nabung buat piknik, nabung buat nikah, dll.

Terus mas Riza udah pernah belom ikutan tabungan rencana?

Oh, udah. Gw punya tabungan rencana buat nikah (tsahh) sama nabung buat Qurban.

Yah gimana yah. Gw ini kan anaknya celamitan yah. Suka gatel kalo liat duit banyak nganggur di rekening. Makanya buat menyematkan aset dan masa depan, gw bikin tabungan berjangka sesuai dengan planning gue sendiri.

Terus pertanyaanya, tabungan berjangka ini ada di mana aja?

Pertama-tama, gw mau kasih saran dulu buat kalian. Sebaiknya kalo buka tabungan berjangka di bank tempat kalian menabung. Kenapa? Karna duitnya akan didebet dari situ dan uangnya juga akan dicairkan di tabungan itu. Jadi lo gak perlu susah-susah buka tabungan baru buat bikin tabungan rencana. Misal lo buka tabungan rencana di bank tempat lo payroll, nah itu lebih gampang lagi. Jadi misal setiap abis gajian lo bisa masukin sebagian duit lo di tabungan rencana. Jadi duit lo gak abis. Berdasarkan hasil browsing-browsing gw, ini lah beberapa bank yang mempunyai produk tabungan berjangka. Diantaranya:

1. Bank Mandiri

    Yak, bank milik pemerintah ini punya tabungan berjangka namanya Tabungan Rencana Mandiri. Berdasarkan pengalaman gua, tabungan berjangka gw yang pertama ya di Mandiri ini. Soalnya payroll gue di sini. Jadi biar gampang, setiap gw abis gajian gw langsung minta sehari setelahnya buat di debet buat jadi tabungan rencana. Jadi misal gw gajian tiap tanggal 28, maka gw minta auto debet tabungan rencana gw di tanggal 29. Ini penting banget, biar duit gw gak langsung abis. Terus syaratnya apa aja? Nih die gw capturin langsung dari websitenya.

   

Udah liat kan?

Syarat utamanya punya tabungan di Mandiri sebagai rekening induk untuk autodebet. Yang gw seneng dari Mandiri ini adalah biaya adminnya gratis. Oh iya, tabungan rencana bisa dimulai dari uang Rp. 100.000 saja. Murah kan? Minimal buka tabungan rencana di Mandiri itu jangka waktunya 1 tahun. Terus kita dapet bunga gak mas? Dapet, 4 % kata mbak-mbak CS call center. Jadi kalo lo misal ambil Tabungan Rencana Mandiri selama satu tahun, ntar pas jatuh tempo selain dapat uang lo juga dapet bunga.

2. Bank CIMB Niaga

    Tabungan berjangka gw ke dua ada di bank ini. Seperti yang udah gw ceritain di sini, gw emang dulu niatnya bikin TabunganKu di bank ini pengen ambil Tabungan Mapan. Kenapa gw pengen ambil di sini? Karna bunganya paling gede. Kalo yang syariah nisbahnya juga paling gede dibandingkan bank lain. Gw buka TabunganKu di sini karna rekeningnya mau gw pake buat nabung. Selain gw gak mau tabungan gue kena biaya admin, ini merupakan salah satu strategi gue untuk mengakali biaya adminnya si Tabungan Mapan. Iya si Tabungan Mapan ada biaya adminnya 5 ribu tiap bulan. Tapi biaya admin dikenakan tiap bulan mulai bulan ke tiga. Jadi bulan pertama dan kedua gak ada biaya adminnya. Soalnya kalo lo buka tabungan biasa, lo akan dikenakan biaya admin Rp. 12.500 tiap bulan. Kalo lo ambil mapan lo juga kan kena admin Rp. 5.000 tiap bulan. Eman-eman kan? Makanya buka TabunganKu aja. Enaknya Tabungan Mapan bisa di mulai dari 6 bulan sampai 20 tahun. Terus apa aja syarat-syaratnya ? Oke nih gw kasih capturannya.



3. Bank BCA

    Lo punya rekening BCA? Atau payroll gaji lo disini? Maka gw sarankan buka lah tabungan berjangka kalian di sini. Di BCA nama produknya Tahapan Berjangka. Sama dengan bank lainnya, di BCA uang akan secara otomatis di debet dari rekening kalian. Ini bisa dari rekening Tahapan, Tahapan Gold, Tahapan Xpresi, atau Tapres BCA kalian. Jangka waktu menabung minimal 1 tahun sampai 20 tahun. Pilih sesuai dengan kebutuhan kalian aja. Di BCA biaya admin Tahapan Berjangka gratis alias gak ada biaya sama sekali. Tapi gak enaknya di BCA, minimal setoran untuk Tahapan Berjangka ini minimal Rp. 500.000 per bulan. Boleh lebih mas? Boleh, mulai kelipatan Rp. 50.000. Mungkin buat kebanyakan orang duit segitu terlalu banyak sehingga keberatan buat bikin Tahapan Berjangka. Itulah mengapa menurut gue, produknya BCA yang satu ini kurang heboh gaungnya di bandingkan produk tabungan berjangka bank lain. Tapi kalo kalian payrollnya dari sini, maka gw sarankan buat bikin di sini aja biar praktis. Mungkin kalian baru pertama kerja? Langsung bikin tabungan berjangka di sini aja. Walopun keliatan banyak setorannya, yah anggap aja nabung buat nikah. Jadi kalian tetap semangat, hahaha. Terus syaratnya apa aja mas? Nih capturannya.






4. Bank BNI

    Jujur gw gak punya pengalaman buka tabungan berjangka di Bank BNI. Tapi berdasarkan penelusuran gw di websitenya sama nelpon mbak-mbak CS nya yang suaranya lemah lembut, yang namanya sampai sekarang masih gw inget, mbak Citra (wkwkwkwk), tabungan berjangka di Bank BNI ini boleh juga. Nama produknya BNI Tapenas. Sama aja sih kayak syarat di bank lain. Syaratnya mengharuskan kalian punya tabungan di sini sebagai rekening autodebet dan rekening penampungan dana kalo sudah jatuh tempo. Jadi saran gue, kalo kalian nabungnya di Bank BNI atau kalo kalian payrollnya di sini, ya buka tabungan berjangkanya di Bank BNI aja. Kalian bisa buka di cabang manapun kok, gak harus di bank tempat pertama kalian buka rekening. Enaknya Bank BNI bisa dimulai dengan Rp. 100.000 aja. Jangka waktu minimalnya 2 tahun. Oh iya di sini kalian juga bisa buka untuk rekening dollar. Tentu syaratnya kalian harus punya rekening BNI Dollar. Berdasarkan hasil tanya-tanya sama mbak Citra, katanya bunganya 3% pertahun. Syaratnya apa aja? Ok, sila lihat sendiri.



5. Bank BRI

    Satu lagi bank milik pemerintah yang punya tabungan berjangka. Bank sejuta umat ini punya produk namanya Britama Rencana. Jadi kalo kalian punya rekening di sini dan berniat buka tabungan berjangka gw kasih saran buat buka di Bank BRI aja. Sama seperti bank-bank yang lain, di BRI setoran minimal untuk tabungan rencana minimal Rp. 100.000. Jangka waktunya mulai 1 tahun sampai 20 tahun. Britama Rencana juga bebas administrasi, jadi kalian gak perlu pusing biaya admin. Yang bikin beda antara Britama Rencana dengan produk tabungan berjangka dari bank lain adalah dapat dicairkan sewaktu-waktu. Jadi kalo suatu saat kita kepepet butuh uang, tabungan ini bisa kita cairkan di tengah jalan tanpa dipotong biaya apapun. Jadi gak ada denda macem di bank lain. Menurut gue ini bagaikan dua sisi mata pisau. Di sisi lain ketika kita lagi kepepet ini bisa sangat membantu, di sisi lain ini bisa bikin rencana menabung kita jadi gagal. Lah gimana gak gagal, mau nyairin sebelom jatuh tempo aja oke-oke aja. Yang ada kita gampang tergoda buat nyairin duitnya. Ngek..ngok...


Tapiiii, selain ada plusnya, ada minusnya juga. Britama Rencana hanya bisa dibuka di bank tempat pertama kita buka rekening. Jadi misal lo dulu bikin tabungan BRI pertama kali di kampung lo, terus lo sekarang pindah ke Jakarta karna kerja, maka akan susah buat bikin tabungan Britama Rencana. Sebenernya bisa aja sih bikin di Jakarta, tapi harus melampirkan keterangan surat domisili dari RT/RW setempat. Boro-boro minta surat keterangan domisili, la wong nama pak RT nya aja gak tau, hahahaha. Kata mbak-mbak CS yang gw telpon, kita bisa ganti surat keterangan domisili dengan surat keterangan kerja. Bunga yang di dapat kalo lo nabung di Britama Rencana adalah 2,5 % per tahun. Buset, kaya infak aja, hahaha. Oh ya, ni die syarat-syaratnya.


6. Bank Sinarmas

    Mungkin ada kalian yang punya rekening di Bank Sinarmas? Yak manfaatkan produk tabungan berjangka di bank ini. Bank yang terkenal dengan buka tabungan secara online ini punya produk tabungan berjangka bernama Simas TARA. Setoran perbulan bisa dimulai dari nominal Rp. 100.000 sampai Rp. 20.000.000, sesuai dengan kemampuan nasabah dengan kelipatan Rp. 100.000. Jangka waktunya bisa dimulai dengan 1 tahun sampai maksimal 5 tahun. Sayangnya untuk membuka tabungan Simas TARA kalian harus datang ke Bank Sinarmas terdekat. Gak harus di bank pertama kali buka rekening kok. Padahal buat rekening aja di Bank Sinarmas bisa online loh. Termasuk buka deposito sama Secure Credit Card juga online. Coba kalo buka tabungan berjangka juga bisa online, behhh... bisa kalah semua bank-bank di Indonesia. Syaratnya tentu aja punya tabungan di Bank Sinarmas dan isi dokumen pengajuan. Biayanya free alias gratis. Kata mbak-mbak CS, bunganya 5% pertahun.


7. Bank Bukopin

   Bank yang kalo gw liat kayaknya adem ayem aja, ternyata punya tabungan berjangka loh. Iya gw bilang adem ayem karna kayaknya jarang gw liat bank ini rame macem BCA atau Mandiri apalagi BRI-_-'. Sebenernya ini bank punya nasabah gak sih? HAHAHA, bercanda ding. Kalian punya Tabungan Siaga Bukopin? Kalau iya, manfaatkan saja salah satu produk tabungan berjangkanya. Namanya Tabungan Rencana Bukopin. Oh iya, ada dua jenis tabungan rencana di sini, satu manfaat pendidikan, satunya lagi manfaat multiguna. Bedanya kalo yang pendidikan macem tabungan pendidikan, kalo multiguna bebas untuk rencana apapun. Minimal setornya Rp. 100.000 setiap bulan, maksimal Rp. 5.000.000. Selain bebas biaya administrasi, nasabah boleh menentukan sendiri jangka waktunya. Mulai dari 1 tahun sampai dengan 18 tahun. Syaratnya apa aja mas?

 Manfaat Pendidikan

Manfaat Multiguna

8. Bank Permata

    Bank yang terkenal dengan warnanya yang ijo ini ternyata punya tabungan berjangka. Namanya Permata Proteksi Masa Depan. Hampir sama seperti kebanyakan bank lain, tabungan berjangka bisa dimulai dengan nominal Rp. 100.000 ribu saja. Murah kan? Makanya kalo kalian punya rekening tabungan di Bank Permata sebaiknya buka disini aja. Selain gak perlu repot buka rekening lagi, setoran tabungan berjangkanya akan didebet secara otomatis dari rekening Bank Permata kalian. Jangka waktunya bisa dimulai dengan 1 tahun sampai dengan 18 tahun. Bunganya mas? Oh tenang, pertahun kalian akan dapat bunga 3,5 %. Tapiiii, ada kekurangan dari tabungan Permata Proteksi Masa Depan. Apa mas? Ada biaya adminnya, sebulan Rp 2.500-__-'




9. Bank Panin

   Bank yang warna nasionalnya biru macem partai demokrat inih (hahaha) punya tabungan rencana juga. Namanya Tabungan Rencana. Syaratnya pun mudah, bisa dimulai dengan setoran mulai Rp. 100.000. Jangka waktu minimalnya 1 tahun sampai dengan 15 tahun. Asoy kan?? Selain fleksibel, ini juga bisa melatih kalian buat menabung secara rutin. Yang lebih okenya lagi duitnya aman gak bisa diutak-atik. Makanya kalo kalian punya rekening di Bank Panin, buka aja disini. Selain mbak CS nya cantik-cantik (apal, wkwkwk), banknya juga gak serame macem bank sejuta umat. Jadi kalo kalian mau buka nunggunya gak lama. Coba di BCA, ada kali sejam nunggu dipanggil CS-__-'. Syaratnya apa aja mas? Syaratnya gampang kok, yang penting udah punya rekening disitu kalian bisa buka Tabungan Rencana. Cuman bawa buku tabungan sama KTP doang. Bisa dibuka di cabang manapun.

                
Oh iya ada tips kece dari gue. Buat elo yang lagi jomblo, yang sedang cari calon suami atau buat kalian yang suka sesama jenis, kalo kalian tinggal di Semarang, bukalah rekening Tabungan Rencana di Bank Panin Jalan Pandanaran. Iya, pokoknya kalo lo liat Panin Tower segede bagong, nah itu die banknye ade disitu. Emang ada apa disitu? Disitu ada CS cowok yang putih ganteng tapi dia masih jomblo alias belom punya pacar, apalagi nikah. Buruan gih dikecengin dia, hahaha.


Penting ya mas?

Oh penting banget, hahaha  


Kalo kalian jadi kesitu, salam yah buat mas CS ganteng. Bilang aja dapet salam dari mas-mas yang suka bayar pajak disitu. #ehh


*dijewer eneng Bekasi*


10. Bank Danamon

      Bank yang kalo gw liat sama aja kayak Bank Bukopin (sering sepi), juga punya produk tabungan berjangka. Namanya Tabungan Cita2ku. Iya bener, nama produknya gitu. Gw juga heran, apa team manajemennya Danamon ini orang alay yah, kasih nama produk macem lagi nulis sms, hahaha. Hampir sama kaya bank-bank lain, untuk buka tabungan berjangka disini gampang dan murah. Bisa dimulai dengan nominal Rp. 200.000 saja. Jangka waktunya minimal penempatan 1 tahun sampai dengan 15 tahun. Selain biaya adminnya gratis, bank ini menurut gue termasuk bank royal loh. Untuk tabungan berjangka disini, bunganya 4,75%. Gede kan?


Makanya kalo kalian punya rekening tabungan di Bank Danamon, saran gua adalah buka aja tabungan berjangka disini. Kalian tinggal dateng ke bank sambil bawa buku tabungan dan identitas diri. Setoran akan secara otomatis didebet dari rekening kalian. Jadi kalian gak usah susah-susah ke bank tiap bulan untuk setor.    



11. Bank Mega

     Bank yang sekarang punya Chairul Tanjung ini juga punya tabungan berjangka. Namanya Mega Rencana. Buat kalian yang jadi nasabah di bank ini, paling tepat bukanya di sini. Jadi kalian tinggal bawa buku tabungan sama identitas diri. Sama seperti bank lain, nominal setoran adalah Rp. 100.000. Selain itu biaya adminnya juga gratis, jadi tabungan rencana kalian gak akan habis saldonya dipotong biaya admin. Jangka waktu menabung bisa dimulai dari satu tahun, sampai dengan 20 tahun. Nabung disitu dapat bunga gak mas? Oh sudah tentu. Bunganya 2,5% per tahun. Busett, macem infak aja, hahaha.


Gw yakin pegawainya CT Corp pasti payrollnya di bank ini. Yaiyalah, biar semua duit muternya di Bank Mega, ujung-ujungnya keuntungannya buat si Anak Singkong ini. Anda beneran anak singkong pak? Bohong ! Anda itu anaknya bapak dan ibunya bapak. Tolong sadar pak, sadar ! Anda itu buka singkong ! Kenapa anda menyamakan ibu bapak dengan singkong? Jangan durhaka pak ! Nanti anda dikutuk jadi singkong rebus sama nyokap bapak.

*mulai gila*

Eh Pak Chairul Tanjung tuh punya anak cewek gak sih?


Ada mas, mau saya kenalin?


Cakep gak? Udah punya pacar belom? Kalo belom boleh deh.

*digampar eneng Bekasi*


12. Bank Maybank

       Bank yang dulu dikenal dengan nama Bank BII ini juga punya tabungan berjangka. Nama produknya Tabungan MyPlan. Buat kalian yang punya rekening di bank ini, silakan buka produk tabungan berjangka di sini. Atau mungkin ada salah satu dari kalian yang punya TabunganKu disini? Manfaatkan itu sebagai rekening sumber dana. Sama seperti bank lainnya, tabungan berjangka di Bank Maybank juga bisa dimulai dengan nominal Rp. 100.000 saja. Selain bebas administrasi, disini kalian juga akan dapat asuransi gratis. Asuransi apaan mas? Tau deh, nanya aja sendiri sama banknya. Oh iya, keuntungannya buka tabungan berjangka di sini, kalian bisa memilih produknya baik dalam bentuk konvensional maupun syariah. Enak kan? Buruan gih kesana. Kata mbak-mbak call center bunganya 3,5 % pertahun.



13. Bank Mayapada

      Bank punya Datuk Tohir ini lagi gencar-gencarnya ekspansi cabang. Gw liat cabangnya ada dimana-mana. Ternyata, di bank ini juga ada produk tabungan rencana, namanya My FAMILY Saving. Sama seperti bank lain, nominal terkecil bisa dimulai dari Rp. 100.000. Jangka waktu menabung mulai satu tahun sampai dengan 15 tahun. Produk ini juga bebas biaya admin, jadi bersaing lah sama produk tabungan rencana bank lain. Bunganya berapa mas? Nah ini dia yang mau gw ceritain. Pas gw telpon call center:


'Mbak mau nanya, tabungan ini bunganya berapa yah?'

'Bunganya? Waduh pak, kurang tahu tuh. Sebentar ya pak saya tanyakan dulu'


Langsung seketika itu gw tutup telponnya. Jadi gw anggap bunganya goib.

    
14. Bank UOB

      Bank yang kalo gw liat cabangnya selalu deket pasar ini ternyata punya produk tabungan berjangka loh. Nama produknya UOB U-Plan. Sama seperti bank-bank lain, pembukaan awal tabungan rencana bisa dimulai dengan nominal Rp. 100.000 saja. Selain bebas biaya administrasi, kalian juga akan dapet bunga. Bunganya berapa? Kata mbak-mbak call center 3% pertahun. Mayan lah, daripada gak dapet sama sekali. Kalo kalian punya rekening tabungan di sini, buka tabungan berjangkanya di sini aja. Kata temen gue yang punya rekening di bank ini, CS nya ramah-ramah banget. Yaiyalah ramah, kan mereka dibayar buat tersenyum, hellooo...



Oh iya, buat kalian yang pengen punya kartu kredit, menurut gue bikin di sini gampang approve-nya loh. Temen gue gak ada tuh yang di-reject. Semuanya yang ajuin di-approve. Oh iya kalo kalian tertarik sama produk tabungan berjangka di Bank UOB, cari aja banknya deket-deket pasar. Biasanya sih ada deket situ. Pinter banget nih bank. Cari lokasi di tempat perputaran uang.



15. Bank BJB

     Bank daerah yang kini statusnya menjadi bank nasional ini ternyata juga punya tabungan berjangka. Nama produknya bjb Tandamata Berjangka. Buat kalian para pecinta tabungan daerah dan punya rekening di Bank BJB silakan buka tabungan berjangka disini. Setoran awalnya sama seperti bank lain, minimal Rp. 100.000 sampai maksimal Rp 5.000.000 (kelipatan Rp. 50.000). Selain bebas biaya administrasi, Bank BJB juga akan memberikan bunga 3,5% per tahun. Mayan kan? Selain itu kalian juga akan dapat asuransi. Jangka waktunya dari 1 tahun sampai maksimal 10 tahun. Untuk sekelas bank daerah, menurut gue inilah bank daerah terkeren dan maju paling pesat. Produknya lengkap, biaya adminnya juga masih murah. Untuk lebih jelasnya silakan lihat capturan gw dibawah ini.




16. Bank Woori Saudara

      Bank kecil yang sekarang diakuisisi sama bank dari Korea juga punya tabungan berjangka. Nama produknya Tabungan Woori Saudara Berjangka (TASKA). Beda dari bank-bank lainnya, setoran minimum perbulan adalah Rp. 25.000. Iya benar, lo gak salah liat, 25 ribu. Murah banget kannn????


Jujur gw kaget dengan ringannya setoran minimal di bank ini. Makanya gw bold biar lo semua ikutan kaget *efek dramatis*. Selain bebas biaya administrasi, jangka waktu penempatannya juga minimal 6 bulan. Enak kan?? Eh tapi ada syarat lainnya juga. Saat jatuh tempo minimal uang yang terkumpul Rp. 1.000.000. Jadi kalo misal kalian nabung di tabungan berjangka Bank Woori Saudara dengan nominal Rp. 25.000 maka minimal kalian nabung 3,5 tahun. Jadi saat jatuh tempo diatas Rp. 1.000.000. Bank ini menurut gue juga royal banget. Untuk nasabah yang membuka tabungan berjangka di sini akan diberikan bunga 4,5% pertahun. Gede kan? Bank-bank nasional mah kalah semua.


Selain itu bank ini juga murah banget biaya adminnya. Untuk rekening yang biasa cuman Rp. 2.000 per bulan. Kalo yang rada kerenan dikit Rp. 4.000 sebulan. Untuk tabungan pegawai malah Rp. 0 per bulan. Bank mana yang bisa semurah ini? Walaupun murah, jangan salah, kalo kalian nabung di bank ini kalian akan dapet buku tabungan dan kartu atm. Untuk internet banking belom ada. Walopun keliatannya gak terkenal, eh jangan salah, di rumah gue di Purwokerto, banyak banget anak sekolah yang jadi nasabah bank ini. Jujur sebenernya ini jadi saingan berat buat Bank BRI dan BNI. Kalo cabangnya semakin banyak dan biaya adminnya gak naik, gw jamin dalam 10 tahun ke depan banyak banget nasabah yang pindah buat buka rekening di bank ini. Kekurangan dari bank ini cuman cabangnya yang belom begitu banyak, atmnya yang masih sedikit dan belom adanya fasilitas internet banking. Kalo ada internet banking apa gak tambah heboh lagi tuh.

Oh iya biar lebih jelasnya tentang tabungan berjangka di sini, silakan liat capturan gw dibawah.

join this site

Oke gw capek, huft...

Yaudah itu tadi beberapa tabungan berjangka di beberapa bank yang udah gw rangkum. Kalo kalian ada pertanyaan silakan kasih komen dibawah. Kalo kalian tanya:

Jadi bikin tabungan berjangka yang bagus di bank apa mas?

Sori gw gak bisa jawab. Kalo jawaban gue, kalian buka lah tabungan berjangka di bank tempat kalian menabung. Semua bank sama aja kok. Semuanya ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Yang paling menyedihkan adalah, setelah sekian lama lo menabung, duitnya cuman mampir lewat doang gak berbekas. Suer ini bahaya banget. Soalnya kalo suatu saat kalian ada apa-apa kalian gak punya uang sama sekali, ini akan membuat hidup lo goyah. --> bahasanya alay

Saran dari gue, kalo buka tabungan berjangka jangan lihat bunganya. Yang penting produk itu bebas biaya administrasi dan setorannya ringan. Kan sebenernya tujuan buka tabungan berjangka biar kita bisa nabung kan? Makanya bunganya gak usah diliat. Kalopun dapet anggep lah itu sebagai bonus.

Oh iya sama satu saran lagi. kalo kalian buka tabungan berjangka, maka jangan tabung semua jatah uang tabungan dalam tabungan rencana. Misal, kalian udah kerja. Kalian udah berkomitmen untuk menabung minimal 10% dari penghasilan. Misal gaji kalian 3 juta, terus kalian berniat menabung 300 ribu setiap bulan, maka jangan dimasukkan tabungan rencana semua. Masukkan 200 ribu untuk tabunagn rencana, 100 ribu di tabungan biasa. Kenapa? Karna uang 100 ribu itu bisa kalian anggap dana darurat. Jadi misal sewaktu-waktu butuh, lo gak harus 'memecah' tabungan rencana lo. Ntar kalo tabungan berjangka kalian udah jatuh tempo, selamat ! Lu semua akan berasa jadi kaya karna merasa dapet uang kaget. Suer gw gak bohong. Tapi inget, jangan gunakan uang itu untuk tujuan yang tidak jelas. Kalo kalian gak ada tujuan jelas, silakan masukan lagi dalam tabungan berjangka. Tentu kalian harus dateng lagi ke bank buat bikin tabungan berjangka.

Kalo kalian masih muda banyak-banyak lah menabung dan investasi. Kurangilah membeli sesuatu yang terlalu konsumtif. Selalu pikir di otak kalian, sebelum membeli sesuatu, sebenernya gw ini butuh atau pengen? Kalo butuh maka belilah. Kalau hanya keinginan semata tolong dipikirkan ulang. Jangan sampai uang kalian habis hanya untuk membeli yang gak perlu.

Kalo kalian masih ada banyak dana silakan investasi. Boleh di emas, reksadana atau instrumen lainnya. Ingat, semua investasi mengandung resiko. Tapi lebih beresiko lagi kalo tidak pernah investasi.         

Kalo ada yang salah dalam gw kasih info, kasih komen dibawah yah. Ntar gw edit. Sebenernya ada beberapa bank yang punya tabungan berjangka yang bagus. Cuman gak gw cantumin soalnya untuk menabung pembukaan awalnya besar sekali, misal Rp. 10.000.000. Duh gw gak mau mengulas produk yang susah dijangkau masyarakat. Makanya yang gw cantumin adalah produk-produk yang bisa dipraktekkan oleh banyak orang sehingga postingan ini bermanfaat.

Yasud lah yah itu aja postingan dari gue. Gile panjang benerrr. Pasti mata lo pada juling abis baca postingan ini, hahaha. Buat bank yang produknya gw posting, kalo ada yang salah dalam gw kasih info, kasih tau yah. Kalian bisa hubungin gue lewat email. Nanti akan gw edit postingan gue. Oh iya, kalian endors gue dong. Tarif gw gak nyampe ratusan juta kok, hahaha. ---> otak cina

Oke semua, bayyy....

Sumber: bankmandiri.co.id
              cimbniaga.com
              bca.co.id
              bni.co.id
              bri.co.id
              banksinarmas.com
              bukopin.co.id
              permatabank.com
              panin.co.id
              danamon.co.id
              bankmega.com
              maybank.co.id
              bankmayapada.com
              uob.co.id
              bankbjb.co.id
              bankwoorisaudara.com

73 comments:

  1. Btw tuh telp Call Centernya jgn2 pke fasilitas kantor eaaa.. wkwkwk..

    Hahaha.. Mbak2 nya Panin memanggg bikinn iman goyahh.. Wangi lagi rambutnya *ebusettt*

    Mntap lahh Mas.. lengkapp tenan :)
    Oiya.. klo bikin jasa konsultan, sy apply eaaa.. area Jogja siapp dieksekusi komandan :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. I DID IT !!! Hahaha

      Pasti tagihan bulan depan membengkak, hahaha.

      Gak cuman yang cewek, yang cowok juga cakep dan wangi. Mau mas saya kenalin? Saya punya nocan sama pin bb nya loh #ehh

      Siap, nanti kalo saya bikin jasa konsultan boleh deh jadi tangan kanan saya, hahaha.

      Delete
    2. Itu Om nya kan sering dirimu apeli.. Wes rasah kesuwen brother... Segera tembak dan resmikan hubungan kalian :D hahahahaha... Lama2 ntr direbut orang sedih luh ntr..k

      Asekkk... Tangan kanan... Untung bukan tangan kiri yaa.. Buat c**ok :p wkkwkwkwkwk

      Delete
    3. Ojo, nggo sampean wae. Nanti ndak sampean patah hati-hati gara-gara pujaan hati sampean tak tembak.

      Hahahaha.

      Delete
  2. Ciee yg udah punya tabungan buat nikah ciee... :D

    ReplyDelete
  3. salam kenal mas Riza, baru baca2 blog ini walau emang tulisannya kadang gesrek tapi suka sama postingan keuangannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih lo udah mampir

      Awas ketularan gila !

      Hahaha

      Delete
  4. Haaaakkkk sama mas, celamitan. Suka ga tega kalo uang di atm nominalnya masih bisa buat beli hape baru hahaha

    Bln dpn mau bkin ahh.. Udah direncanain dari dulu2 tapi gak berangkat2 hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Disegerakan mbak, keburu habis buat beli aneh-aneh. Selamatkan uangmu dari celamitan..

      Delete
    2. Bulan depan cus ahh biar bisa bikin kos2an hahha

      Delete
  5. Replies
    1. Itu loh mas, di bagian 'who am i' di klik, kan ntar keluar alamatnya

      rizaalhusna89@gmail.com

      Delete
  6. mas tabungan nikah udah punya kan, kalau calonnya udah ada belum?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah dong...

      Kan saya sering ngomongin eneng bekasi di postingan yang lainnya

      Makasih udah mampir...

      Delete
  7. Wah thankyou mas Reza buat Review TASKA Bank Woori Saudara hehehe
    Mulai bulan maret nanti BWS bakal launch layanan internet banking sama sms banking buat nasabah umum lo mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama...

      Wah masa? Semoga sukses deh ! Kalo saran saya, jangan naik biaya adminnya. Banyakin atm-nya. Dijamin dalam sekejap nasabah bank besar pada berbondong-bondong pindah ke BWS.

      Delete
  8. Baik nya bikin d bank mana ya tabungan berjangka ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seperti yang saya bilang. Bikin di bank tempat kita menabung. Karena uangnya di debet dari tabungan kita.

      Delete
  9. ini nihhh masalah aku bangettt dan bener2 sangat menyesal baru buka tabungan berjangka akhir 2016 kemarin pdhl udah kerja 1,5taunan dan ga dapet apapun, tabungan abis harta benda jg gak ada :( anyway fyi, aku pake BNI Syariah gan, enak juga, prinsipnya sama kaya BNI dan gak seribet mandiri sih menurutku :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kalo susah nabung mending pake tabungan berjangka aja. Kadang kita emang susah kontrol diri. Eman-eman kan udah kerja lama tapi gak dapet apa-apa.

      Delete
  10. makasii mas.. tulisannya sangat membantu sekali :)
    semoga menjadi pahala mas.. aamin

    ReplyDelete
  11. Kalo yang bagus menurut mas yg mana bank nya ?? Soal nya blom ada tabungan.. Rencana buat nikah juga :)

    ReplyDelete
  12. Kalo yang bagus menurut mas yg mana bank nya ?? Soal nya blom ada tabungan.. Rencana buat nikah juga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bikin di tabungan tempat mas nabung aja. Yaelah mas, bikin rekening dulu. Jaman sekarang kok gak punya rekening tabungan. Milih aja bank yang dekat rumah atau kantor biar gampang ngurusnya.

      Delete
  13. Apa resiko tabungan rencana ya kak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak ada, kan nabung. Mana ada resikonya.

      Delete
  14. Mas yang cimb niaga "tabungan mapan" itu kita gk perlu rek biasa gapapa gitu ta? Mohon penjepasannya, makasih ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus ada rekening biasanya. Kan dia jadi rekening induk. Kalo gak ada rekening induk CIMB Niaga terus saldonya didebet darimana?

      Delete
  15. mas mau nanya diantara semua bank itu yg bunganya paling gede dan gada biaya administrasinya yg mana ya?tp dalam jangka minimum 1 tahun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo paling gede ya CIMB mbak, tapi ada adminnya. Kalo mau coba deh masukin ke bank Woori Saudara. Tapi entah ada apa enggak cabangnya di dekat rumah mbak.

      Delete
  16. Wihh membantu sekali om hehe...
    Btw mba citra gimana kabarnya ? eh!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama

      Gak tau dah, mbak citra sekarang jualan pisang goreng di perempatan kayaknya.

      Delete
  17. Mas. Misal gw buka tgl 1 juni 16.. Ambil 1 thn. Itu kelarnya 1juni 2017 berarti ya.. Nah. Itu proses cairnya otomatis mindah ke tabungan reguler kita apa masih ada yg hrs diurus lg? Hrus ke bank lagi? Atau bgmn??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Otomatis cair ke rekening induk. Kita gak perlu nelpon atau ke bank buat nyairin. Jadi tinggal ditunggu aja, tau-tau duitnya ke debet otomatis ke rekening.

      Delete
    2. nunggu berapa lama ya apakah 1 bulan kedepan?

      Delete
    3. Gak, begitu jatuh tempo langsung cair. Kan pas kita daftar nanti dikasih tau hari jatuh temponya. Nah begitu jatuh tempo otomatis langsung cair. Kita gak perlu nunggu lama.

      Delete
  18. untuk fasilitas asuransi nya bisa dipakai untuk berobat kalau sakit??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak, itu asuransi jiwa bukan kesehatan.

      Delete
  19. Mass,, berguna banget artikelnya tp ada yg ketinggalan bank nisp blm tuh hihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. OCBC NIPS mahal, makanya gak gw masukin

      Delete
  20. Sangat membantu sekali. Makasi infonya..

    ReplyDelete
  21. Thx you, Mas. Jadi ada pencerahan milih bank buat tabungan berjangka anak. Mudah2an kaga keusik2 itu tabungan. Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bikin disitu aja kalo suka celamitan liat banyak duit di rekening.

      Delete
  22. Mau tanya seandainya kita ngambil yg 1 tahun bisa diambil setelah 1 tahun kita masih mau nabung dan gamau dicairin dulu itu bisa? Atau otomatis 1 tahun langsung cair dan gabisa lanjut nabung lg?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setelah satu tahun otomatis langsung cair. Kalo mau lanjut lagi maka daftar lagi dari awal nanti uangnya didebet lagi.

      Delete
  23. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  24. Kalau Bank BRI Syariah gimana mas? Suku bunganya oke ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah gak tau saya kalau bank syariah. Bank syariah kan pakainya nisbah alias bagi hasil bukan bunga.

      Delete
  25. mas orang marketing bank ya? tau-tauan aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan gan, saya mah baca doang di website masing-masing bank.

      Wkwkwkwk

      Delete
  26. Bagus bahasannya. Saya juga lagi nyari-nyari tabungan berjangka buat pendidikan anak nih, masih bingung antara mandiri atau cimb. haha mohon pencerahannya mas :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake dari produk tabungan yang biasa mbak nabung aja. Daripada bikin rekening baru. Tapi mendingan Mandiri sih, biar gratis admin, hahaha ---> otak cina

      Delete
  27. suka ulasannya dan sangat informatif..gaya bahasanya enak, ga membosankan..baca dari atas sampe selesai senyum-senyum sendiri..
    sampe komentar2 orang juga dibaca..hahahaha..kurang kerjaan ya..

    ReplyDelete
  28. Gak papa, buat hiburan mbak, hahaha

    ReplyDelete
  29. Makasih mas, bermanfaat buat saya yg lagi mau nyoba merancang masa depan.hahahaha

    ReplyDelete
  30. Mas, apa benar cimb niaga bunganya sampe 6,5%? Sy liat di cermati.com. lumayan juga ya bunganya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener. Saya udah pernah nyoba soalnya.

      Delete
  31. Thankyooouuuu info nya..
    Nyesel eh udah kerja 2 tahun tapi gapunya tabungan..
    Keseringan kepake ngumpul2 ama temen..
    Bukannya gendutin tabungan buat masa depan, malah gendutin perut..

    Ya Allah..
    Bismillah aja daftar tabungan berjangka besok di Mandiri Syariah..
    Hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya, jangan nongkrong mulu. Nabung yang banyak, buat masa depan. Perut mah gak usah digendutin. Ntar kalo ada yang ngopeni jg gendut sendiri, wkwkwkwk

      Delete
  32. Thank you. Artikelnya sangat bermanfaat buat orang kayak aku yang susah buat nabung.
    Oh ya mau tanya , tabungan berjangka tersebut bisa gak buat orang yang belum bekerja? Secara saya masih kuliah tapi pingin bisa nabung. Duit juga masih minta.
    Mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, semua orang bisa buka tabungan berjangka. Gak harus udah kerja kok.

      Delete
  33. Saya tertarik dgn tahapan berjangka bca tapi rekening induk saya Tabunganku bisa auto debet ndak ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah gak tau saya kalau itu. Coba deh telpon call center atau tanya ke CS BCA. Tapi sih kayaknya gak bisa kalo TabunganKu.

      Delete
  34. Mas saya payroll di bca. Kira kira kalo ikutan berjangka. Gmn?

    Maksudnya ga ada potongan bulanan itu . Gini bukan. "Misal per bulan di potong 20k. Kalo ikutan berjangka jadi ga ada potongan 20k itu? "
    Soalnya lumayan juga 20k kan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang gak ada potongannya tabungan berjangkanya, bukan tabungan biasanya. Kalo tabungan biasa tetep ada adminnya. Beda lo mas tabungan berjangka sama tabungan biasa. Kalo tabungan biasa bisa buat transaksi. Kalo tabungan berjangka gak bisa buat transaksi.

      Delete
  35. Terima kasih infonya mas sangat2 bermanfaat..
    cuma saya masih galau nih antara buka tabungan berjangka di Mandiri, NIAGA atau BNI kebetulan saya buka rek. di tiga bank tsbt. nyari yang gak ribet tapi menguntungkan hahaha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake Mandiri atau BNI aja, gak bayar admin

      Delete

Cieeehhhhh yang abis baca blog gue sambil ketawa-ketawa, kasih komentarnya dong sayy....