Bahasa Jawa Arek Suroboyo

2/24/2017 06:00:00 am Riza Alhusna 38 Comments

Halo semuah...

Apa kabar? Apa kabar?

Baik kan lu semua?

Kalo sakit, minum bodrex gih! Jangan lupa dicampur sprite dulu....

*toyor pala*



Oke, sesuai dengan judul di atas gw mau bahas tentang bahasa. Gw ini orang jawa. Bahasa pertama yang gw kuasai ya bahasa jawa. Karena bahasa jawa adalah bahasa ibu gw dan saudara-saudara gw. Apalagi emak babe gue orang Solo. Tau kan bahasa jawa Solo kaya gimana? Halus banget. 

Maka ketika gw ketemu sesama orang jawa di daerah perantauan gw lebih memilih menggunakan bahasa jawa sebagai bahasa cakap. Ya, ini sama lah kaya kalian yang orang Sunda, Batak, Bali, Papua, manapun, kalau ketemu sama orang dari satu daerah di daerah perantauan kaya Jakarta berasa kaya ketemu saudara. Bener gak?

Gw itu punya temen. Kokoh-kokoh dari Surabaya yang lebih gw anggep sebagai orang jawa. Bahasa mereka men, medok banget. Hahaha. Tapi setelah gw amat-amati cara pengucapan bahasa jawa antara orang Surabaya dengan Jawa Tengah sangat jauh berbeda. Gak usah Jawa Tengah deh. Sama temen gw yang anak Ngalam (baca dibalik: Malang), itu saja berbeda. Entah kenapa menurut gw bahasa arek Suroboyo itu alay. 

Gw kira cuman temen gw yang ngomong jawanya alay. Tapi setelah ke Surabaya dan menyaksikan sendiri bahasa keseharian mereka, gw bisa menyimpulkan: emang alay, hahaha.

Halo mbak Prisca, mas Ikrom Zain.....

Contoh:

1. Metu= Keluar
2. Melebu= Masuk
3. Adoh= Jauh

Note: Cara bacanya AdOOOhh dengan 'O' yang bener-bener bulet. Jangan dibaca adouh atau aduh, itu mah sakit. Duh gimana sih cara jelasinnya. Ya pokonya lu semua ngarti lah ya?

4. Ngeri= Kiri

Note: Cara bacanya kaya orang batak. Jangan lu baca ngeri kaya lu takut. Tapi NGERI kaya orang batak. Duh kampret susah bener sih jelasinnya ! Pokoknya artinya ke kiri !

5. Nganan= Kanan
6. Kabeh= Semua
7. Apik= Bagus

Jadi misalkan:

Lu masukin: melebukno, keluarin: metukno, masukin-keluarin: melebukno-metukno. Dan bahasa ini dipakai pada saat......



Hayo ini anak-anak cowok pasti bacanya sambil cengengesan. Iya kan? Hayo ngaku.....


Hahahaha


Jangan ngeres otak kalian ! Karena bahasa ini dipakai pada saat.....





SENAM.....




'AYO KABEHHH...... Siji, loro, telu, papat, melebukno-metukno, melebukno-metukno....'

'YA APIIIKKK !!! Siji kali lagi !'

'Siji, loro, telu, papat, melebukno sing kuat, metukno sing pelan !'

'YA APIIIKKKK !!! Ayo siji kali lagi !'

'Melebukno-metukno, melebukno-metukno.....'




HAHAHAHA



BANGKE, GW LAGI NULIS APA SIH INI !


Sori paragraf di atas bener-bener mengganggu otak gue. Gw aja nulisnya sambil ketawa ngakak. Gw merasa otak gw goblog banget nulis kaya gitu, hahaha.


Oke mari kita lanjutkan.


Sik bentar, gw tak ketawa dulu: HAHAHAHA


Cukup.


Btw, kita orang Jawa Tengah mengenal kata 'banget' atau 'sangat'. Jauh banget: adoh banget. Nah di Surabaya ini gak ada kata 'banget'. Untuk mengucapkan sesuatu yang sangat diganti dengan ngomong jawa yang alay. Nah di sinilah sebenernya inti dari ke-alay-an arek Suroboyo.

Contoh:

1. Deket banget= CUEEDDDEEEKK
2. Jauh banget= UAADDDOOHHH
3. Panas banget= PUAANNAASSS
4. Bahasa kasar= JANCOK
5. Kasar banget= JUUAANNCOOKKK


'Mas, terminal adoh gak?'

'UAADDDOOHHH !!!'

'JUAANNCOKKK !!!'

'Arahnya kemana mas?'

'Oh, dari sini sampean ngeri. Lurus terus, ojo belok ! Jalan 50 meter'

'Terminal mas?'

'Ora ! Lampu merah !'

'Terus lampu merah ke mana mas?'

'Sampean nganan. Mlaku 500 meter'

'Oh, situ terminal?'

'Bukan mas'

'Lah terus? Kok aku bingung'

'Indomaret'

'..............................'






BERUBAH !!!!!









AVADA KEDAVRA !!!!


DUEEERRRRR !!!!




Sumber gambar: www.meme.com, www.telegraph.co.uk



Note: This post is just for fun, no offense.

38 comments:

  1. baru baca awal nya ud ngakak ni mas, uda kalau bahasa nya agak rumit, mau aku ajarin nggak bahasa palembang, ? hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwk, lucu loh dengerin orang Surabaya ngomong. Aduh bahasa Palembang tuh macem gimana yah? Pempek gitu? Hahahaha

      Delete
  2. Oalah ternyata sampean yo iso boso Jowo to, Mas Riza. Hehe

    Aku yo wong Jowo.. Lho.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enjeh mbakyu....

      Yuwun artonipun mbakyu, setunggal milyar.....

      Delete
  3. hahaha maaf saya ketawa duluan pagi-pagi jadi tambah seger anak jaman sekarang pinter2 ya
    jd mau ke lampu merah, terminal, ditunjukin infomaret eh salah indomaret ribet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mbak...

      Salam kenal....


      AWAS ! ANDA JADI GILA SETELAH BACA BLOG INIH !


      Saya gak tanggung jawab yah. Iya ih, nanya bener malah ditunjukin Indomaret. Ngeselin banget kan?

      Delete
  4. "Juaanncoookkk..." Hahahahaa.... Saya ngerti semuanya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diapalin mas. Sapa tau ntar bisa dipake di Aceh sana.

      Delete
  5. 😂😂😂😂😂 tenanan mas
    Aku sempet syok, dari malang lama trus kesini. Aku ngerasa atmosfirnya beda. Lebih seru lg pas di angkot sama buk ibuk, mereka heboh bener kalo lg crita dan ngamatin cara mereka ngmong langsg ngakak

    ReplyDelete
    Replies
    1. MUOSSOOKKK JEENNGGG????


      Hahaha

      Delete
    2. Duhhhhh suroboyo buangeeetttt hahahaa

      Malahan kalo orang china surabaya, lbh unik lg ngomongnya. Liat jadi liak, nggak bisa jadi ndak isa

      Jd semacem 'lho kamu liak en talah, ndak isa itu lho'
      Pertama aneh, lama2 ketularan 😂😂

      Delete
  6. njiiiir ngakak sendiri gw. kalo jancuk itu kata temen anak surabay sebenarnya bukan umpatan yg kasar, tp gatau juga.
    memang bener kalo pertama kketemu anak surabaya-an, pasti ngiranya omongannya kasar. wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. La wong gw yang orang jawa aja ngakak, apalagi yang bukan orang jawa.


      Hahaha

      Delete
  7. Jauh banget kok kayak orang teriak kesakitan y? Uuadoooooh
    .
    Bang, mank kalo senam apanya yg dimasukin dikeluarin?
    .
    Hmmm coba bang translate postingan ini pake bahasa jawa
    Bisa g?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak bisa nak, kemampuan otak gue terbatas, hiks

      Tangannya niki. Naik turun-naik turun, gitu deh. Suka-suka lu dah

      Delete
  8. Ni belum yg ngoko, ngoko alus, kromo, kromo inggil. Mumet deh, aku aja bingung lho walo asli JAwa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwk, bahasa jawa kebanyakan tingkatan. Marai puyeng

      Delete
  9. He lapo c*k celuk2 jenengku. njaluk ketam a umak? (metu a wis Malangan ku)
    tapi sing penting wong Jatim iku nguangueeenui, koyok ayas. hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rag po cuk ! Aku rag kangen koen lo cuk ! Mboh nek ono mas-mas sing kangen

      Delete
  10. ooo ternyata mas riza ini orang jowo to, abdi ti sunda wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya saya orang jawa. Mau sunda, mau jawa, kita semua orang Indonesia

      Delete
  11. Kepriye toh, meso ojok di ekspos.. mengko onok sing nesu loh.. #NgomongApaSih :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Orak ono, tenang wae. Wonge ncen pekok. La ditakoni terminal, jawabe indomaret. Njaluk diuncali watu kui.

      Delete
  12. juancuoooookkk!!

    haha, dari semua bahas jawa yang ada aku paling suka sama bahsa jawa orang solo sih, adem banget kalau dengerin orang solo ngomong, berasa kayak lagi didongengin di bawah pohon beringin. haha

    ada lagi yang lebih alay dari
    uaaakeeehhh.
    yaitu, "uaaakkkuueeehhh biiiyaaangeeet"
    biasanya temenku yang sering bilang kayak gitu.
    udahmah kedengerannya lebay, alay pulak. haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya makanya. Ngomongnya biasa aja ngapah. Kita yang orang jawa aja dengerinnya aneh.

      Delete
  13. Jadikan diriku sebagai muridmu untuk bisa menguasai bahasa yang satu ini.

    ReplyDelete
  14. huahaha gue juga orang jawa, ortu gue orang jombang tapi guenya gak bisa bahasa jawa gara2 lahir dan besar di kalimantan. Cuma ngerti dikit2 kayak yang lo tulis di sini, alias kosa kata sehari2 dan cemen2.

    gue baru tau ternyata penggunaannya malah dipake buat senam. Aneh banget woy :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwk, itu mah guyonan gw doang. Bukan beneran.

      Resiko hidup di perantauan, lupa bahasa asal

      Delete
  15. eh iya emang, cukup alay, kayak saya >.<

    Misal: Buk, ono arek lanang, guaaaaaaaanteng nemen, tapi umahe uaaaaaaadoh

    pada bahasa jawa, sebenarnya ada kata yang bermakna banget atau sangat, yaitu "nemen".

    ehya, justru kalo di surabaya, juancok itu menandakan persahabatan atau keakraban atau hmm...
    misal: ketemu temen "cuk, piye kabare? suwe ndak ketemu" "Tambah ngganteng ae kon cuk"
    Ya bergantung kita aja pemaknaannya kayak gimana

    berguru dulu ah sinih sama orang jawah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ncen kok. Temen ku nek ngomong cak-cuk-cak-cuk.

      Delete
  16. karena bahasa palembang banyak diadopsi dari bahasa Jawa, aku lumayan ngerti beberapa suku kata. Cuma beberapa yah tapinya. hahahaha

    ReplyDelete
  17. Njiiirrrr,,,iku lak boso ku, Cok.... :P....nenekku orang Solo, tinggal di Solo setahun, di Surabaya 9 tahun, di Malang 15 Tahun,,,aku jadi mau gak mau bisa bahasa ketiganya mulai dari ngoko, setengah alus, sampai kromo inggil,,, wkkkkk....

    ReplyDelete

Cieeehhhhh yang abis baca blog gue sambil ketawa-ketawa, kasih komentarnya dong sayy....