Ada Berapa Rekening Tabunganmu?

10/05/2015 03:00:00 pm Riza Alhusna Nursheha 55 Comments

Hai, hai, halo semuanya...

Kali ini gw lagi on fire buat nulis blog. Makanya gw semangat banget buat nulis. Keliatan kan dari postingan gue yang jarak penulisannya gak jauh-jauh banget. Entah inspirasi dari mana dan entah ketiban apa gw akhir-akhir ini semangat kalo nulis blog. Gw yakin elu semua juga seneng kan bisa baca apdetan blog gw, iya kan??? Hayo ngaku???? *yak silakan yang ingin muntah*

Kemaren gw dapet pertanyaan yang menggelitik dari temen kantor gue. Pertanyaannya:


'Elo punya berapa rekening tabungan?'


Boleh percaya boleh enggak, gw punya punya banyak rekening tabungan. Mau tau rekening yang gw punya sekarang ada berapa???


Empat sodarah-sodarah !!!   


Iya, ada empat dan semuanya aktif gw pake tiap bulan. Bukannya gw sok kaya atau banyak duit, tapi emang gw merasa perlu bikin rekening tabungan sampai empat. Dari setiap rekening kesemuanya punya fungsi masing-masing yang akan gw share ke lo semua. Mungkin dari yang akan gw kemukakan gw akan kasih sedikit saran yang mungkin berguna buat lo semua, sapa tau lo minat buat rekening bank yang sama kaya gue.

Ok, here we go...

1. Bank BCA



Inilah tabungan gue yang paling lama yang gua punya, udah dari jaman jebot. Lupa-lupa inget entah gua bukanya jaman SMP atau jaman SMA. Inilah rekening bank yang paling sering gw pake karena kemudahan-kemudahan fiturnya. Bank ini adalah bank swasta terbesar yang punya banyak cabang dan sekarang ATM nya tersebar dimana. Jadi gak usah bingung lagi kalo mau ambil uang tunai. Gak kayak dulu waktu awal-awal gw buka rekening tabungannya, mesin ATM nya belom sebanyak sekarang.

Yang gw suka dari rekening tabungan BCA adalah sistemnya yang paling baik di Indonesia, bahkan mengalahkan bank-bank BUMN yang gede-gede. Jarang banget ini bank ngadat webnya atau eror mesin ATM nya, atau sistemnya yang error. Lagian bank BCA adalah bank yang paling banyak dipake para pengusaha baik kecil ataupun besar, sehingga kalo lo emang suka jualan online maka gw sarankan inilah bank terbaik buat dagang online menurut gue.

Gw yang otaknya cina, juga suka banget dagang online. Dan bank inilah yang paling sering gw pake buat transaksi. Baik lewat klikbca, ATM BCA, maupun sms bankingnya. Ya karna itu tadi, sistemnya yang paling oke, sehingga sangat jarang banget error. Bank ini kayaknya bukan bank yang pelit buat investasi sistem yang terbaik sehingga gak pernah mengecewakan nasabahnya. Selain buat transaksi dagang online, gw suka banget make kartu ATM nya buat bayar ini itu. Entah itu belanja groceries bulanan, beli buku, atau jajan di Indomaret atau di toko manapun yang nerima pembayaran dengan ATM BCA. Gw kasih tau yah, gw ini orangnya cashless alias gak begitu suka bawa banyak duit, makanya BCA ini adalah yang terbaik menurut gue karna gampang diterima dimana-mana. Embak-embak Indomaret deket komplek sampe apal sama gue yang bayarnya suka pake ATM BCA. Harusnya BCA ngasih reward nih ke gue karna gue nasabah setianya #uhuk.

Kartu kredit pertama gue juga dari bank ini. Karna reputasinya yang oke, jangan ditanyalah gimana reputasi kartu kreditnya. Oke banget menurut gue, dan gampang diterima dimana-mana. Tapi emang sih kartu kreditnya rada susah dapetinnya. Kata orang-orang sih gitu, tapi entah kenapa gue dulu pertama apply langsung di approved tuh. Temen gue, yang isi tabungannya banyak dia apply malah gak approved. Gue yang isi rekeningnya biasa aja malah approved. Setelah gw teliti, ternyata yang bikin approved enggaknya adalah bukan berapa banyak isi duit di rekening lo, tapi seberapa aktif pemakaian rekening lo. Istilah gampangnya, bank lebih suka rekening yang kalo di cetak di buku atau rekening koran berlembar-lembar. Jadi kalo lo sering banget make entah buat jualan atau terima dan transfer duit, maka selamat, kemungkinan approval kartu kredit lo kemungkinan besar bakal diterima!

Oke sekian dulu review gue tentang di BCA ini.

2. Bank Mandiri


Ini adalah rekening bank yang paling gue benci dari semua rekening bank yang gua punya. Kenapa??? SISTEMNYA SERING ERRORR !!!

Gw punya rekening ini udah sampe 3 kali atau 4 kali kayaknya. Yang terakhir gw terpaksa buka karna gaji gue di payroll di Mandiri ini T_T. Entah kenapa perusahaan gue berpaling dari si BCA, padahal enak banget si BCA.

Berdasarkan pengalaman gua, ini bank sering banget error sistemnya. Entah websitenya, ataupun sistem ATM nya. Padahal gue sering banget dagang online, maka gue butuh fitur internet bankingnya. Tapi berdasarkan pengalaman gua, sering tuh pas gua pake internet bankingnya error mulu-___-'. Yang lebih ngenes adalah ketika pas gw lagi butuh banget duit, pas gw samperin ATMnya, ehh mesinnya error. Gw kira si ATM nya yang emang error, maka gw putuskan cari ATM lain. Eh begitu dimasukkin kartunya, ternyata sama juga. Ganti ATM lain sama aja. Usut-punya usut ternyata sistemnya yang error, capee deehhh. Entah gue doang atau gw lagi sial aja, tapi gue sering banget ngalamin kaya gitu. Makanya begitu gajian, duit gw langsung gw pindah semua ke rekening gw yang lain. Jadi rekening mandiri gua cuman mampir doang duitnya, hahahaha.

3. Bank Commonwealth


Seperti penjelasan gw yang sudah-sudah, gw buka rekening ini karena gw mau beli reksadana di Commonwealth ini.  Salah satu syaratnya adalah harus buka salah satu tabungan di Commonwealth ini sebagai sumber dana. Ini bank menurut gue keceh badai banget. Karna dia kasih fitur yang oke banget diantaranya:

  • Gratis tarik uang di ATM Bank manapun
  • Gratis biaya transfer ke rekening bank manapun
  • Gratis biaya saat kartu atmnya di gesek di mesin EDC manapun

Gw sering banget pake bank ini saat transfer ke bank manapun pas jual belin online. Kan kadang si penjualnya punyanya BRI atau bank lain ya akhirnya gw transfer pake rekening ini, ya karna gratis biaya transfer itu. Emang gak mau rugi gue, hahaha.*otak cina*

Makanya buat elo yang suka jual beli online dan butuh bank yang gratis biaya transfer, ya ini dia. Silakan buka di Bank Commonwealth terdekat di kota anda. Oh ya, biaya adminnya juga lebih murah daripada bank lain pada umumnya. Kalo bank BCA, BRI, BNI atau Mandiri Rp. 13.000,-, maka si Commonwealth cuman Rp. 10.000,- aja. Mayan kan???      

4. Bank CIMB Niaga



Inilah bank terakhir yang gua punya, CIMB Niaga. Bank Malaysia ini punya fitur yang cukup oke menurut gua. Internet banking, sms banking, kartu ATM yang oke juga, mayan lah pokoknya. Sebenernya gw buka tabungan ini karna gw tertarik sama salah satu produknya, yaitu Tabungan Mapan. Ini sebenernya adalah produk tabungan yang tabungannya di lock dan rutin tiap bulan akan di debet dari rekening tabungan CIMB Niaga kita. Istilahnya kita dipaksa buat nabung rutin tiap bulan dan duitnya gak bisa diambil sebelom jatuh tempo masa perjanjian kita selesai. Bisa satu tahun, dua tahun, atau terserah lo, sesuai dengan jatuh tempo yang lo pilih. Jadi ntar kalo masa jatuh temponya dah selesai duitnya bakal langsung cair ke rekening tabungan kita. Rasanya pas cair tuh kaya dapet duit kaget.*mata bling-bling*

Gw yang orangnya cashless kemana-mana suka gesak-gesek saat belanja. Dan gw, orangnya adalah yang suka gatel kalo tau ada duit ngendap di tabungan buat gw beliin ini itu. Makanya tabungan ini sangat membantu banget gw dalam menabung dan mengamankan aset gw dari lapar mata, hahaha.   

Khusus buat si CIMB Niaga ini gw akan kasih ulasan khusus yang lebih panjang dan detail di entry selanjutnya, so stay tune..... 

Itu tadi semua rekening yang gw punya. Gw sih berharap gak nambah lagi karna kalo kebanyakan rekening bikin pusing, hahahaha. Jadi, berapa banyak rekening bank yang lo punya ???? 

55 comments:

  1. Hi Bro, mau share dikit aja.

    CIMB Niaga yang jenis tabungan 'On Account' bebas biaya administrasi bulanan, bebas biaya kartu bulanan, bebas transfer ke Bank mana aja di Indonesia via mobile/internet banking, bebas tarik tunai di atm bersama, jaringan prima, jaringan Mastercard/Cirrus dan ATM CIMB Bank di Malaysia, S'pore, Thailand dan Cambodia.

    Bebas disini artinya GRATIS.

    syarat? ada donk. masa mau enaknya aja. lo kira bank punya babeh lo. hahaha. sorry bro garing becandaanya.

    syaratnya saldo kita harus minimal lebih dari sejuta rupiah. ya misalnya sejuta lima puluh rebu lah.

    kalo saldo (akhir) tabungan kita kurang dari sejuta semua benefit diatas ga berlaku alias semua kena biaya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah makasih mas infonya. Iyasih pernah denger tentang jenis 'On Account'. Tapi ya itu mungkin salah satu kekurangannya, kalo pingin serba gratis minimal saldo mengendap 1 juta. Kalo TabunganKu CIMB Niaga enak mas, cuma 20 ribu, bebas biaya admin. Tapi ya itu, transfer beda bank ya bayar.

      Namanya juga bank, pasti pingin dapet untung lah, wkwkwk

      Delete
    2. Ketemu lagi nih sama mas gan^^,

      Berhubung tadi abis ketemu si embak cs dia blg mayoritas di cimb diatas 1jt free biaya adm, emang plg enak Tabunganku ngendapnya cuma 20rb saja><,

      Btw krn saya ga jd buka yg Mapan saya jadinya buka TRM (Tabungan Rencana Mandiri) mas gan, prinsipnya sih menurut sy sama kaya Mapan.Soalnya udah ada buat rek.induknya di mandiri. Kalo buka Mapan harus bikin lagi secara td terlanjur buat yg CimbJunior, hehe..

      Maap kalo eyke nimbrung aje ;p

      Delete
    3. Gak papa mbak.

      Punya mandiri bagus kok TRM. Mana gratis admin, gak kayak CIMB. Cuman Mandiri bunganya masih kalah daripada CIMB Niaga. Yang penting nabung, daripada gak nabung sama sekali.

      Delete
  2. Gan minta referensi dong reksadana apa yang cocok buat yg blm kerja? terus agan buka tabungan jenis apa yg commonwealthnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh ada banyak gan, silakan pilih sesuai hati nurani agan. Kalo mau yang bebas biaya subscription ambil reksadana saham Manulife Syariah Sektoral Amanah, kalo mau yang oke banget ambil reksadana saham schroder dana prestasi, kalo yang campuran boleh ambil schroder dana kombinasi atau schroder syariah balanced fund

      atau kalo masi bingung nanya CS nya aja, mereka ngerti kok reksadana yang kinclong. Gw ambil Tabungan Bunga Harian gan, 500 ribu buka rekeningnya, tp saldo bisa di Nol kan

      Delete
    2. Màaf mas numpang nimbrung, tabungan bunga harian itu seperti apa Mas Riza?

      Delete
    3. Màaf mas numpang nimbrung, tabungan bunga harian itu seperti apa Mas Riza?

      Delete
  3. Terima kasih buat info dan tipsnya gan. Semoga semakin sukses kedepannya dan ditunggu artikel2 keceh berikutnya..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih udah mampir, silakan mampir postingan yang lain, hahaha

      Delete
    2. Maaf nanya lagi gan. Kalo misalnya kita beli sebuah reksadana dengan dana awal 500.000 dan poin saat itu pada 1.000 berarti kita punya 500 unit. Terus kita beli lagi reksadana yang sama pada bulan berikut 100.000 pada poin 2.000 kita dpt 50 poin. Nah jika kemudian saya menjual semua unit yg ada 550 unit tersebut dan pd saat itu poin 3.000 berarti saya dpt 1.650.000.(dgn asumsi tdk ada biaya2 lain menggunakan akun ipotfund) apakah pemahaman saya benar apa kurang ?

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
    4. iyak betul kayak gitu ! tapi kalo reksadana itu biasanya naiknya pelan-pelan dan jangka panjang. beda sama saham, kalo saham dia naik turun terus. Kalo pas naik trus agan jual sahamnya ya agan untung, kalo pas turun trus jual ya rugi. tolong dibedakan yah, kalo reksadana yang mengelola manajemen investasi, kalo beli saham langsung di bursa kitalah yang mengelola

      Delete
    5. Terima kasih gan. Sukses selalu.

      Delete
    6. Terima kasih gan. Sukses selalu.

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. saya ada bca mandiri cimb ( air asia saver + tabunganku ) dan maybank..
    maybank punya fitur yg sama tentang tabunganku yakni dapet internet banking gratis makanya apply maybank.. jadi pengen nambah 1 lagi commbank hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. busett banyak amat rekeningnya gan

      Delete
  6. Halo Riza,

    Mau tanya sedikit soal reksa dana.
    Kenapa pilihan reksa dananya ke commonwealth bank?
    Bca juga ada reksadana dan disini Riza mengatakan cukup puas dengan BCA.

    Saya mau ambil reksadana dari BCA tp masih ragu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. good question !

      kenapa gak ambil di bca aja reksadananya padahal bca juga jual reksadana?

      Jawabannya adalah: yang boleh beli reksadana di bca cuman NASABAH PRIORITAS

      Jadi kalo kita bukan nasabah prioritas kita gak bisa beli reksadana di bca, dan belinya gak bisa ngecer macem 100 ribuan. Bolehnya yang minimal 50/100 juta kalo gak salah *semaput*

      Delete
  7. Gan mau nanya lgi nih, bunga tbungan mapan dihitung gmn ? Per tahun ? Per bln kah ? Mngkin agan bisa bantu jwb hhehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertahun. Tapi prakteknya bunga diberikan setiap bulan. Jadi kalo misal setahun 6%, maka tiap bulan tinggal 6% dibagi 12 bulan.

      Delete
  8. aku termasuk yg ga suka punya rekening di mana2 ;p.. ribet hihihi.. makanya dari beberapa rekening yg dulu aku pernah punya, tapi akhirnya semua itu aku tutup setelah kerja di HSBC ;p.. jd rekeningku cuma di HSBC ini dan 1 lagi terpaksa buka di BSM, itu krn kmrn beli cicilan emas dari mereka sih, makanya mau ga mau harus buka rekening di sana :D...

    jd tetep HSBC rekening utama, apalagi krn narik tunai di atm apapun asal ada logo atm bersama free, kirim skn dan rtgs free, dan bebas biaya adm, asaaal saldo minimumnya dipenuhi yaa :).. juga krn currency mata uang yg mereka sediain banyak sih .. yaaa walopun ada jg bbrp currency yg aku butuh malah g ada, makanya td aku tanya ttg KRW di postingan sebelumnya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh di HSBC toh, kirain di siti mbak. Disitu banyak yang gay to mbak? Pantes banyak mas-mas ganteng berkeliaran disitu. Cuman jarang banget ke HSBC jadi gak begitu mudeng.

      Gile, ini mah banknya orang kaya raya. Pasti mbak duitnya banyak nih macem daun berguguran, bagi dong mbak, hahaha. Iya pengen saya tutup, tapi kok ya butuh. Dilema *alay*.

      Delete
    2. Info saldo minimum dan jenis rekeningnya dong mba fanny

      Delete
    3. Buka rekening di situ minimal 5 juta atau 10 juta mas. Admin bulanannya 50 ribu. Mas siap keluar duit segitu?

      Delete
    4. Oh tentu saya tidak siap mas 😅😅

      Delete
  9. Yg paling ajib memang tabunganku cimb niaga, sy sbg nasabah sangat nyaman karena lewat fitur mobil bandingnya udah bisa transfer diangka 3 juta, sedangkan dua jg pengguna b.r.i mobil bandingnya tapi gak bisa m Bandung diatas satu juta. Dan saya jg pke tabunganku Maybank, itu hampir semulus tabunganku cimb yg kece dan rekomebdedd. Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener. Ini bank produk TabunganKunya gak ada yang bisa ngalahin. Yang bisa ngalahin cuma Maybank aja. Tapi Maybank masih ada kekurangan. Maksimal transaksi dalam sebulan TabunganKu hanya 5 kali -__-'

      Delete
  10. Yg paling ajib memang tabunganku cimb niaga, sy sbg nasabah sangat nyaman karena lewat fitur mobil bandingnya udah bisa transfer diangka 3 juta, sedangkan dua jg pengguna b.r.i mobil bandingnya tapi gak bisa m Bandung diatas satu juta. Dan saya jg pke tabunganku Maybank, itu hampir semulus tabunganku cimb yg kece dan rekomebdedd. Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tuh kan, apa saya bilang. Kenapa yah produknya bank BUMN gak ada yang sebagus produknya bank swasta? Coba kalo atm sama cabangnya CIMB dan Maybank ada dimana-mana, apa gak keok itu bank-bank pemerintah.

      Delete
  11. Bang, kan diulas tuh di bag. commonwealth salah satu keuntungan nya "Gratis tarik uang di ATM Bank manapun" nah pas check di web nya kalo min saldo nya 10jt :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hah masa? Waduh saya belom ngecek ke webnya lagi. Nanti deh saya cek terus saya edit. Makasih lo udah kasih tau.

      Delete
    2. Kayaknya sekarang udah gak gratis lagi kalau tarik tunai di ATM bank lain.

      Delete
    3. Eh masih ada deng. Gratis tarik di jaringan ATM Bersama/Prima 2 kali perbulan kalau rata2 saldo < 10 jt.

      Tapi hard tokennya Commbank mahal amir ya, 100k...

      Delete
    4. Oh gitu yah. Soalnya ini rekening cuman dipake buat beli reksadana aja.

      Jaman gue gratis, wkwkwkwk

      Delete
  12. gak sengaja masuk ke blog ini. suka sama pembahasannya. Total saya ada 3 rekening: BCA, BNI, COMMBANK. saya tulis semua DISINI plus minusnya menjadi nasabah ketiga bank tersebut hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya udah kesana mas. Bagus lo blognya. Bhasanya mengalir. Blognya baru ya? sering-sering di update, jadi ntar pengunjungnya banyak.

      Delete
  13. Dulu si punya dua, tapi sekarang sisa mandiri doang :)
    pilih mandiri karena kartu debetnya bisa dipakai belanja online pakai fitur vbv jadi ga ribet harus ke atm :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, itu salah satu kelebihan atm mandiri

      Delete
  14. Hallo mas Riza, saya mau tanya apakah TabunganKu Cimb bisa di pake sbg sumber dananya reksadana. Saya mau beli RD di IPOT rencananya pengen buka rekening pribadi yang tabunganKu Cimb aja biar murah soalnya masih mahasiswa. Mohon bantuannya mas Riza

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mbak. Nanti pas pengisian data diisi aja no rekening TabunganKu-nya. Nanti jangan lupa sertakan fotokopi halaman depan buku tabungan atau rek koran TabunganKu-nya saat pengiriman berkas ke IPOT.

      Delete
  15. Mas penghasilan saya cuma 3jt/bulan, kalau saya mau bikin reksadana otomatis harus ada npwp, sementara kebijakan dari pemerintah itu gaji dibawah 4,5jt/bulan tidak perlu npwp. apa nanti ketika saya bikin npwp dan reksadana, reksadananya masuk ke SPT sebagai harta? berarti nanti saya kena pajak atas harta reksadana saya itu dong? gaji blm ada tanda2 naik tapi nanti kena pajak :/

    apa reksadana tidak usah saya laporkan di spt saat saya bikin npwp nanti?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bikin aja, walopun belom kena PTKP boleh kok bikin NPWP. Gak usah dimasukin, kan gajinya gak ada PTKP, gak ada kewajiban lapor juga. Tenang aja

      Delete
    2. jadi di SPT tahunan saya hartanya tetap ditulis nihil karena pendapatan saya masih di bawah 4,5juta ya mas? oke deh siapin budget, thank you!

      Delete
    3. Iya, saya aja laporannya nihil mulu. Pasti bosen deh petugas pajak baca laporan SPT Tahunan saya, hahaha

      Delete
    4. emang pas lapor ga ditanyain petugasnya mas punya harta apa aja? intinya npwp itu cuma salah satu kunci biar bisa buka reksadana ya, selanjutnya ga dipake lagi

      Delete
    5. Ya enggak lah mas. Kan lapor cuman kasih SPT Tahunan aja ke kantor pajak. Kita ditanyain kalo konsultasi buat SPT Tahunan. Misal mas gak bisa ngisi SPT Tahunan. Terus dateng ke kantor pajak buat konsultasi. Nah saat itu baru ditanyain punya harta apa aja. Kalo ngisi sendiri mah mana mungkin ditanyain. Dateng cukup numpuk SPT Tahunan aja. Udah gitu doang.

      Delete
  16. awam banget sama topik kaya ginian. sekarang cuma punya 2. BNI sama mandiri. Mandiri biasa di top up setiap bulan sama kantor. terus duitnya di kirim ke BNI buat masa depan... udah gitu terus... sampe mati mungkin.. tertarik sama reksadana tapi nggak ngerti harus dimulai dari mana??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dimulai dari hatiku aja mas....


      #eaaaa

      Delete
  17. Transaksi antar bank sekarang bebas biaya karena ada aplikasi flip (info)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa pula itu? Wah baru tau saya....

      Delete

Cieeehhhhh yang abis baca blog gue sambil ketawa-ketawa, kasih komentarnya dong sayy....