TabunganKu CIMB Niaga

10/06/2015 07:00:00 am Riza Alhusna Nursheha 332 Comments

Yak, sesuai dengan janji gua kemaren, gw akan kasih review yang lebih detail tentang tabungan gue di CIMB Niaga. Gw awal tertarik buka rekening di CIMB Niaga karna gw pengen ambil program Tabungan Mapan di CIMB Niaga. Karna salah satu syaratnya adalah harus punya rekening di CIMB Niaga sebagai sumber dana, maka gw putuskan gw buka rekening TabunganKu di CIMB Niaga.

TabunganKu adalah tabungan untuk perorangan dengan persyaratan mudah dan ringan yang diterbitkan secara bersama-sama oleh bank-bank di Indonesia guna menumbuhkan budaya menabung serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Jadi sebenernya TabungaKu ini adalah programnya Bank Indonesia yang tujuannya supaya meningkatkan masyarakat supaya melek bank dan punya rekening bank di bank manapun. Bank Indonesia emang 'memaksa' semua bank umum untuk punya fitur TabunganKu sebagai salah satu produk tabungan demi meningkatkan kepemilikan rekening bank untuk masyarakat. Sudah tentu sasaran utamanya adalah masyarakat yang belom punya rekening bank yang biasanya malas membuka rekening bank karena masalah keberatan biaya administrasi sama persyaratan yang banyak. Karna ini untuk menjangkau masyarakat golongan bawah maka syaratnya gampang banget, cuman KTP sama duit Rp. 20.000,-. Udah gitu doang, kita sudah bisa buka rekening di bank. Tentunya semua bank umum yang berada di bawah naungan OJK wajib punya program TabunganKu sebagai salah satu produknya.


Karna namanya wajib, maka banyak bank yang asal punya produknya di bank dan jarang banget di iklanin ataupun di kasih tau ke nasabah. Kenapa? Karna bank gak dapet apa-apa kalau masyarakat pada buka rekening TabunganKu semua. Kenapa? Karna persyaratan yang mudah dan biaya administrasinya yang GRATIS. Itulah kenapa banyak bank yang ogah-ogahan promosi produk TabunganKu. Lagian kalau ada pun, fiturnya sangat miskin sekali sehingga buat orang yang sering pake rekening tabungan akan sangat tidak tertarik buat buka rekening ini.

Gw yang emang tertarik buka rekening Tabungan Mapan, maka gw pun pergi ke CIMB Niaga buat buka rekening. Pas dijelasin sama mbak CS nya, kalau mau buka Tabungan Mapan harus punya salah satu rekening di CIMB Niaga sebagai sumber dana. Maka pas si mbak nanya:


'Baik pak Riza, dari semua produk yang ada di CIMB Niaga, kira-kira bapak berkenan untuk membuka tabungan apa?'


Gw dengan muka tembok langsung bilang:


'Mbak saya mau tabungan yang bebas biaya administrasi dan fiturnya juga lumayan oke'

HAHAHAHAHA...


Maka si mbak CS langsung nerangin tentang fitur TabungaKu. Kenapa gw memilih buka TabunganKu daripada rekening tabungan biasa?? Jawabannya karena kalau buka Tabungan Mapan udah dikenakan biaya administrasi 5 ribu tiap bulan. Lah kalau gw buka tabungan biasa, gw juga kena biaya admin bulanan Rp. 12.500,- tiap bulan. Gila ! dobel biaya admin, bisa tekor gue !!! ogah !!! --> otak cina

 

Setelah isi berbagai formulir pembukaan rekening kaya biasa maka gw dapet buku tabungan gambar batik sama kartu ATM CIMB Niaga yang surprisenly kartu atmnya kaya kartu ATM biasa, uyeeee.... Padahal kalo lo buka TabunganKu di bank lain bentuk kartu atmnya gambar batik persis kayak buku tabungannya, jadi orang bisa tau kalo tabungan lo TabungaKu. Entah kenapa, kalo menurut gue, kalo dapet kartu ATM batik khas TabunganKu, kaya beda kasta aja gitu.  Beda kalo CIMB Niaga, dia kayak kartu atm tabungan biasa dan yang paling penting, biayanya gratis.

Iyah, kalau di bank lain gak semua bank ngasih kartu atm. Jadi ada yang dapet ada yang enggak. Setau gue yang dapet gratis kalo lo buka di bank BCA, CIMB Niaga sama BII. Mandiri yang bank punya pemerintah aja minta bayaran Rp. 20.000,- kalo lo pengen kartu atmnya. Yang bikin beda tabungan TabunganKu CIMB Niaga sama TabunganKu bank lain adalah:
  1. TabunganKu CIMB Niaga gratis kartu atm buat nasabahnya, bank lain belum tentu, bahkan ada yang gak dikasih kartu atm.
  2. TabunganKu CIMB Niaga gratis biaya saldo minimum, bank lain kena charge. Saldo minimum TabunganKu untuk semua bank sama, Rp. 20.000,-. Jadi kalo rekening lo kurang dari 20 ribu gak kena charge, gak kaya TabunganKu bank lain.
  3. TabunganKu CIMB Niaga gratis akun internet banking, sms banking, dan kartu atmnya bisa di gesek buat belanja dimanapun. Bank lain?? boro-boro internet banking, bisa dapet kartu atmnya gratis aja udah bersyukur. Apalagi bisa dipake buat gesek belanja, your dream...
  4. TabunganKu CIMB Niaga tidak ada batasan transaksi dalam bulanan. Bank lain?? Semuanya di batasi maksimal transaksi 4 kali. 4 kali ini termasuk nabung, terima transfer, ambil duit ataupun ngecek saldo. Helllooo.... anak kecil aja sehari minta duit jajan 3 kali, masa kita yang udah gede sebulan cuman dibatasin transaksi 4 kali, capee deehh....  
  5. TabunganKu CIMB Niaga bisa diapakai buat cek info saldo, mutasi rekening, transfer, bayar tagihan (kartu kredit, asuransi, listrik, telefon, dll), beli pulsa, atau bayar tiket pesawat baik di ATM, CIMB Clicks, Go Mobile ataupun Phone Banking. TabunganKu bank lain?? Boro-boro bayar listrik, elo liat saldo lo di ATM aja udah diitung 1 kali transaksi dari batas maksimal 4 kali transaksi dalam sebulan *gubrag !!* 
  6. Kartu ATM nya, gratis biaya buat narik tunai di ATM CIMB Niaga, atau di ATM CIMB Malaysia, Singapore, Thailand maupun di Kamboja, keceh banget kan?? 
Maka dengan segala keunggulan tersebut, gw merasa beruntung banget bisa buka TabunganKu CIMB Niaga. Buat elo yang merasa eman-eman atau pelit dengan adanya biaya administrasi, inilah bank dengan biaya administrasi yang gratis dan FULL FITUR layaknya tabungan biasa. Atau kalo elo mau ngajarin anak lo menabung atau pengen bukain rekening buat adek lo, inilah tabungan dengan fitur terbaik. Lo masih SMP/SMA dan keberatan dengan biaya admin tapi masih dapat kartu atm yang bisa buat gesek belanja? inilah dia si CIMB Niaga. Maka buat lo yang masih belajar nabung, cepetan buka TabunganKu di CIMB Niaga.

Pertanyaanya adalah, syaratnya apa aja???

Gampang, cuma KTP sama duit Rp. 20.000,-, iyah 20 ribu ajah !!!! setoran selanjutnya minimum Rp. 10.000,-. Dan bukan itu aja, dengan adanya ATM, lo bisa setor tunai di CDM (Cash Deposit Machine) CIMB Niaga di manapun tanpa antre di teller. Bank lain? boro-boro setor tunai, lo musti setor sama tarik tunai di teller. Ya kalo sepi, kalo rame?? Antri boss !!!

Oh ya, kalo lo belom punya KTP maka ada formulir lain yang musti di tandatangani sama orang tua lo. Maka biar gak bego, lo dateng dulu minta formulirnya, trus balik minta tanda tangan bokap atau nyokap lo, trus balik lagi sama jangan lupa bawa fotokopian KTP emak atau babe lo. Kalo pengen praktis ya dateng sama bokap atau nyokap lo, jadi lo gak bolak-balik.

note: kemaren ada yang komen, katanya sekarang kalo nabung di Bank CIMB Niaga udah gak dapet buku tabungan lagi, tapi pakenya e-statement yang dikirim tiap bulan ke alamat email kita. Lah enak banget kalo menurut gw kaya gitu. Kita gak perlu pusing-pusing mikirin simpen buku tabungan. Terus kalo pas butuh rekening koran, kita gak perlu susah-susah minta rekening koran kalo mau ngajuin visa. Jangan salah loh, minta rekening koran itu bayar. Gw setiap butuh rekening koran buat ngajuin visa, di BCA atau Mandiri, bayar 2.500 per lembar. Padahal yang namanya rekening koran kan minimal 3 bulan, tinggal lo kaliin aja. Kalo dapetnya e-statement mah enak. Kalo butuh tinggal diprint aja. Irit kan? 

Setelah bikin TabungaKu, gw terus bikin Tabungan Mapan buat memproteksi duit gue dari kalap mata, hahahaha.

Jadi Tabungan Mapan itu sama kayak tabungan yang memaksa kita buat nabung. Karena kita di wajibkan setor tiap bulan sesuai dengan setoran yang kita tetapkan (minimal 100 ribu). Jatuh temponya boleh 6 bulan, setahun, 2 tahun atau berapa tahun pun boleh terserah kita. Yang penting kalau belom jatuh tempo duitnya gak akan bisa cair dan apabila memaksa untuk mencairkan kita bisa kena denda ! Makanya ini bisa melatih kita disiplin buat belajar menabung. Oh ya, di tabungan mapan kita juga dapet bunga 6 % per tahun. Jadi walaupun kita ada biaya admin 5 ribu tiap bulan (dikenakan mulai bulan ke 3) kalau dikurangi sama bunganya kita masih untung. Kalo lo ambilnya yang syariah maka akan memakai sistem syariah (bagi hasil).
 
Setelah isi formulir, maka jadilah Tabungan Mapan gue buat setahun ke depan.


Oke sekian ulasan dari gue tentang TabunganKu sama Tabungan Mapan. Oh ya gue gak di bayar kok, dan ini bukan iklan. Tapi si gw berharap si CIMB Niaga transfer 100 juta ke rekening gue, hahahaha..

Yasud semua, bayyy.......

Note: sejak tahun 2016, websitenya CIMB Niaga udah di maintenance. Akhirnya, TabunganKu muncul juga di salah satu produk tabungannya. Mereka baca blog gw apa yah? hahaha

332 comments:

  1. Rekomendasi dengan ulasan yang menarik sekali! Thanks artikelnya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. apakah untuk syariah tabunganku ada biaya potongan administrasi, kata teman saya ada potongan 10rb administrasi buat tabunganku

      Delete
    2. gak ada gan, baik yang konven ataupun syariah gak ada administrasinya. Ini TabungaKu loh yah, bukan tabungan CIMB Niaga yang biasa. Punya temen agan pasti yang tabungan CIMB Niaga yang biasa. Soalnya kalo TabunganKu HARUS gratis biaya admin soalnya ini programnya Bank Indonesia.

      Delete
    3. Bagus artikelnya sangat membantu...
      mas mau tanya,
      yg per1 bgusan mana tabunganku yg konven sama yg syariah?
      K2 saya dah buka rek cimb niaga yg biasa kena admin 12500 perbulan, itupun saya gak dapat buku tabungannya, liat tabungannya d kirim via email, pertanyaanya aman gak ya? Trimakasih sblumnya....

      Delete
    4. sama aja sih menurutku mau TabunganKu konven atau syariah. Kakaknya suruh ganti yang TabunganKu aja gan, orang fiturnya sama persis kaya yang Tabungan CIMB Biasa, gratis admin lagi. Aman aja gan. Rekening BCA ku juga gak pake buku tabungan aja, cuma dapet ATM. Semua transaksi pake internet banking atau m-bangking. Malah enak menurutku gak dapet buku tabungan, gak perlu pusing nyimpen buku tabungan. Enaknya lagi, kalo agan butuh account statement pas mau bikin visa gak perlu minta ke bank. Tinggal di print aja tuh account statement yang dikirim lewat email agan. Minta account statement gak gratis loh gan, bayar 2500 per lembar ! #ngok

      Delete
  2. Setuju bgt TabunganKu promonya kuraaaang baget. Nyari info TabunganKu di web resmi CIMB aja tuh udah kayak nyari jarum di semak", kaga ada!

    Btw, emang kalo buka TabunganKu di CIMB beneran bisa akses lewat cimbclicks internetbanking blabla-nya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa semua sis, semua fiturnya cimb, dari sms bangking, cimb klik semuanya bisa di akses walaupun rekening kita cuman TabunganKu

      Bank lain mah boro-boro-___-'

      Oh iya kalo mau bukak TabunganKu CIMB, klik di google 'TabunganKu CIMB Niaga', ntar baru nongol. Kalo bukak langsung di webnya kagak ada, nista sekali yah....

      Delete
    2. Ada koh Gan,, nih ane kasih link nya,, https://www.cimbniaga.com/in/personal/products/consumer-liabilities-banking/savings/tabungan-transaksi/tabunganku.html semoga bermanfaat..

      Delete
    3. iya makasih sis, itu web yang baru mulai th 2016. pas postingan ini dibuat di webnya belom ada. ntar diumpetin kemana itu produknya.

      Delete
  3. Makasih infonya gann sangat membantu buat gua yg lagi kebingungan. makasih makasih

    ReplyDelete
  4. Mantap nih..
    Tp sama bokap di suruh buka rekening di Mandiri.. -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu kembali ke masing-masing aja sis. tapi kalo mau gretong maksimal ya TabunganKu CIMB Niaga ini, ahahaha

      Delete
  5. astagfirullah aladzaim bahasanya mantap ya, tapi gue sih jadi seneng bacanya hehe (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. awas gan, gw gak bertanggung jawab habis baca ini ikutan gesrek otaknya !

      wkwkwkwk

      Delete
  6. Wow hebat..euy, btw kalo boleh tau minesnya apa..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. minusnya atmnya belom sebanyak bank-bank besar, apalagi kalo di daerah. tapi kalo di daerah perkotaan atmnya udah banyak kok

      Delete
  7. maksimal dana yang bisa ditarik tunai berapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 15 juta dalam satu hari, sama kaya kartu atm CIMB Niaga yang biasa

      Delete
  8. maksudnya >1.000.000 bunga 1% /tahun di tabunganku apa ya.?
    kalau uang kita di potong /tahun 1% sama aja bohong donk gak ada admin bulanan juga, tapi di potong tiap tahunnya. malahan lebih tinggi saldo kita lebih tinggi pula potongannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan sis, kalo tabungan kita ada satu juta, ntar dapet bunga 1% per tahun, gitu. kalo biaya adminnya gak ada sama sekali

      Delete
  9. Klo ambil luar negara mengikutt krus terkini ..itu kena potongan ..transaksi .. pa ngk y

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, ikut kurs yang berlaku saat ambil uang. jelas ada biayanya, tapi kalo punya atm CIMB Niaga, terus ambil duitnya di atm CIMB baik Singapore, Malaysia, Thailand atau Kamboja gratis biaya. Kalo atm lain ya bayar, 25 ribu per sekali tarik kalo gak salah

      Delete
  10. Kalo mau nabung gimana cara nya ya? minimal berapa? #belum pernah pake

    ReplyDelete
    Replies
    1. dateng ke CIMB Niaga, jangan lupa bawa KTP, NPWP boleh juga dibawa (kalo punya, gak punya gak papa) sm jangan lupa Surat Keterangan Kerja kalo tempat kerja beda dengan KTP, kalo dah kerja, kalo masih sekolah bawa aja KTM nya. Minimum 20 ribu rupiah sajahh...

      Delete
  11. transaksinya di atm niaga reguler? atau ada atm nya sendiri?

    ReplyDelete
  12. transaksinya di atm niaga reguler? atau ada atm nya sendiri?

    ReplyDelete
    Replies
    1. di atm cimb niaga biasa, gak ada perbedaan apapun

      Delete
  13. Gan saldo minim buat narik berapa yah? Jadi di rek w ada 300k lebih dikit nah mau ki ambil 300 ga bisa hrus 250 :(, nah saldo minimal nya berapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. rekeningnya TabunganKu kan? Kalo tabunganku 20 ribu sis. Kalo kasusnya gitu, lu setor tunai aja 20 rb di mesin CDM, ntar duit 300 nya bisa ditarik semua

      Delete
  14. kalo masih SMA bagaimana kak? cuma punya KTP doang, bisa buat daftar tabunganku CIMB gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, jangan lupa bawa kartu pelajarnya yah

      Delete
    2. Kalo masih SMA belum 17 thn bisa juga pake CIMB Niaga junior dulu. Nanti kalo udh dapet KTP, lapor ke CIMB Niaganya langsung otomatis diganti pake tabunganKu tanpa dipungut biaya sepeserpun. #pengalamanpribadi

      Delete
    3. Kalo masih SMA belum 17 thn bisa juga pake CIMB Niaga junior dulu. Nanti kalo udh dapet KTP, lapor ke CIMB Niaganya langsung otomatis diganti pake tabunganKu tanpa dipungut biaya sepeserpun. #pengalamanpribadi

      Delete
    4. thank for the information !

      Delete
  15. Kartu atmnya bisa digunakan di jringan atm bersama?

    ReplyDelete
  16. nice info yeah... tabungan mapan kalo ambil yang 6 bulan gimana gan, lumayan ngga tuh? heheheu ada usul ngga? mendingan ambil 6 bulan apa setahun? atau 8 bulan aja heheheu

    ReplyDelete
    Replies
    1. lumayan kok mbak, ambil aja. kalo pengen percobaan ambil aja yang 6 bulan dulu. ntar kalo sukses ambil yang setahun

      Delete
  17. Sampai saat ini apa benar2 masih bebas biaya seperti yg agan sampaikan di atas, soalnya saya dlm waktu dekat juga mau buka tabunganku cimb, nanti tau2 persyartannya sdh berubah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih bebas biaya gan, soalnya ini programnya Bank Indonesia. Bank gak boleh sesukan hati merubah kebijakan yang dikeluarkan Bank Indonesia, jadi tenang aja. Gratis selamanyah...

      Delete
  18. apa dapet fasilitas rekening ponsel gan ? tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. dapet gan, gw waktu buka rek TabunganKu langsung dibuatin rekening ponsel sama mbak CS nya

      Delete
  19. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  20. Menarik nih gan artikelnya, tertarik juga sih mau apply tabunganku CIMB Niaga.
    1. Tabunganku CIMB Niaga bisa buat transaksi Octopay ga ya?
    2. Tabungan Mapan apakah bisa setor manual misalnya agan punya uang lebih terus ditransfer manual ke rek tabungan mapan disisi lain tab mapan udah mendebit otomatis dari rek tab agan?
    3. Kartu ATM yang dikasih tabunganku CIMB Niaga itu kartu ATM aja apa sama kartu debit?
    Thanks gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. bisa gan, tinggal di daftarin aja
      2. oh itu bisa banget, tinggal ditransfer aja di atm atau di go mobile. ada pilihannya kok
      3. iya sama kaya debit

      thanks udah mampir

      Delete
    2. Gan, mau nanya deh. Itu tabungan mapan kan bunganya 6.5-6.75% pa. Nah buka tabungan mapan aja udah kepotong 5rb per bulan apakah ini worthed dibandingkan dengan tab berencana lain yg tanpa biaya admin namun dapat bunga lebih kecil misal 5% pa setahun. Thanks

      Delete
    3. coba diitung-itung sendiri aja gan, jadi ntar bisa tau mana yang lebih menguntungkan. biaya adminnya mapan itu mulai dikenakan di bulan ke 3.

      Delete
  21. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  22. Nice article. Btw tadi siang jam 11.00 siang saya ke cimb niaga cabang manado dan ingin membuka rek. Tabunganku. Tapi saya dimintai oleh csnya data ktp orangtua. Saya umur 23 thn baru selesai s1 dan punya ktp, tapi di ktp msh tertulis mahasiswa.apakah syaratnya emang harus bawa ktp ortu juga ya? Dan kalau bisa tau gimana nyampaikan keluhan ke bank tanpa melalui CS tersebut?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dih buat apaan, itu cs nya oon. Kalo ketemu cs beginian agan harus ngeyel, jangan mau kalah ! asal udah punya ktp tinggal dateng aja gak usah bawa ktp orang tua. komplain aja gan ke call center 14041, kalo inget sebutin nama cs nya sama kantor cabangnya, biar disemprot dia. percaya deh, abis nelpon call center pasti 2/3 hari kemudian cs nya nelpon agan buat minta maaf sambil suaranya dimanis-manisin, wkwkwkwk

      Delete
    2. Hari ini saya udah selesai buka rek. Tabunganku sekitar jam 10 siang dgn mengikuti maunya si CS. Katanya krn sy blm kerja jadi sumber dana masih dari ortu jadi saya ngisi form data ortu juga. replynya agan baru masuk sesudah saya selesai buat rek. Hmm..saya lupa tanya namanya..tapi sukurlah udah kebuka brsamaan dgn tabungan mapan juga..btw thank bung riza buat komen sama tipsnya..nice dah..

      Delete
    3. thats good. pokoknya besok-besok kalo ketemu cs beginian langsung komplain aja. jangan mau kalah karena kita yang punya uang, kita berhak memilih bank yang punya pelayanan yang oke

      Delete
  23. nice to share !! emang keren bgt sih ini fitur CIMB Niaga tabunganKu. kemarin saya habis coba debit dan tarik tunai di Kuala Lumpur. tanpa ada biaya tambahan apapun, dan kurs rupiah ke ringgit nya pun masih masuk akal. hanya selisih 30 poin kalo dibandingkan kurs dijakarta.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sis, kemaren hari minggu aku juga abis pulang dr KL, dibandara aku narik duit 100 ringgit, kursnya oke kok, dan GRATIS biaya tarik tunai, hahahaha

      Delete
  24. Cuma mau bilang terimakasih. Aq udah punya tabungan CIMB Niaga udah 6 tahun. Dulu sih gratis administrasi, sekarang ada biaya 10.000/bulan. Lumayan lah itu... Baca artikel ini, bikin aq pingin segera ke kantor cabang buat tutup akun, terus buka tabunganku CIMB Niaga. Hihihihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya tutup aja gan, trus ganti TabunganKu, gratis biaya admin, fiturnya sama kayak tabungan biasa

      Delete
  25. Kak, alamat di ktpnya harus sesuai tempat kita daftar ga ya? Alamat ktp aku di tangerang, bisa buat di bandung tidak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa. kalo udah kerja minta surat ket kerja aja. kalo masih sekolah bawa KTM nya. Buat jaga-jaga aja, sapa tau diminta. Tapi yang jelas harus bawa KTP

      Delete
  26. sekarang tabunganku bank niaga sudah tidak pakai buku tabungan lagi. kemarin ane sudah ke bank niaga

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah enak dong, dikirim rekening koran lewat email tiap bulan yah? paperlesss....

      Delete
    2. serius nih bang udah gada buku tabungannya lagi?

      Delete
    3. gak tau yah, malah enak kalo dapetnya rekening koran tiap bulan lewat email, kalo pas mau ngajuin visa tinggal di print aja, gak usah susah-susah minta rek koran ke bank. minta rekening koran ke bank itu bayar loh per lembarnya, kalo dapetnya e-statement malah enak banget menurut gw

      Delete
    4. Gue sebulan lalu buka niaga ob account. Ga ada buku tabungannya. Jadi tinggal cek rekening koran sendiri di cimbclicks.co.id dan saldo minimal gocap. Kalo saldo diatas 1juta gakena biaya admin apapun. Dan justru dpt keuntungan 1% perbulan. Niaga is the best.

      Delete
    5. thanks for the information !

      Delete
  27. bang, buat anak smp usia 14 tahun gimana ya cara buka rekening tabunganku cimb niaga? syaratnya apa aja? harus bawa apa aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bawa fotokopi ktp orang tua, KK, sama kartu pelajarnya dek

      Delete
    2. bang, kemaren saya ke bank CIMB Niaga terus katanya CSnya kartu pelajar gak bisa buat buka rekening. Katanya harus punya KTP dulu baru boleh buka rekening. Gimana itu, bang?

      Delete
    3. Kemarin gw juga ditolak gara2 masih mahasiswa, terus ga ada bawa dokumen KTP/KK orangtua karena penghasilan masih dari orangtua. Tapi saran gw mending cari cabang lain soalnya kemarin gw coba bikin di cabang Bubat Bandung CSnya ngeselin pengen ditabok udah nunggu 2 jam malah disuruh pulang gara2 dokumen ngga lengkap. Waktu pindah ke cabang yg dikota dilayanin cepet gapake nunggu, semua fitur diaktifin cuma butuh waktu kira2 30 menitan

      Delete
    4. waduh maaf ya dek baru bales, aq nya sibuk banget akhir-akhir ini. Bener tuh kata bang algadilan, pindah cabang lain aja. itu cs resek, dikasih duit kok gak mau

      Delete
  28. Ktp cianjur buat di bogor bisa ga

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba bawa surat ket kerja gan, kalo masih pelajar/mahasiswa bawa KTM

      Delete
  29. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  30. Mas Riza kalo bikin dua kartu atmnya boleh atau tidak (thx)

    ReplyDelete
  31. Mas Riza kalo bikin dua kartu atmnya boleh atau tidak (thx)

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya dua kartu atm gimana yah? setau aku satu nasabah ya satu kartu atm. kec buka produk yang beda, nanti dapet atm satu lagi. contoh: buat rek TabunganKu konvensional, satu lagi TabunganKu Syariah, maka akan dapat dua kartu atm. Kalo cuman satu produk saja ya kartu atmnya cuman satu

      Delete
    2. Saya sudah punya tabunganku mandiri, kalo buka tabunganku cimb lagi bisa?

      Delete
    3. bisa, asal beda bank tetep bisa buka rekening tabunganku. yang gak bisa dalam bank sama punya 2 rekening tabunganku.

      Delete
  32. gw udah buka tabunganku..
    karna jadi driver grab..
    dan hasilnya sangat memuaskan.. full fitur bro.. yg paling penting buat gw sih internet banking. hehehe

    puas sm bank cimb niaga.. sampe2 gw pengen dapet kerjaan di cimb niaga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. tuh kan, enak banget. murah, full fitur, gak ada biaya adminnya sama sekali

      Delete
    2. Hebat ya cimb niaga tabunganku gak ada batasan transaksi... Knp bank lain pake batasan transaksi ya?
      Sy tau program tabunganku saat presiden msh di buat, program itu di buat agar masyarakat lbh gemar menabung

      Delete
    3. kalo menurut penerawangan asal-asalan gue, bank lain takut kalo semua nasabahnya pindah ke produk tabunganku. produk ini kan wajib bebas biaya administrasi, lah ntar bank dapet duit darimana coba kalo administrasinya aja gratis. makanya kalo kita gak nanya, gw jamin gak bakalan bank ngasih tau produk ini.

      Delete
  33. .aku jg udah punya TabunganKu cimb niaga, buatnya gratis..cuma isi formulir doank, soalnya wktu itu ada kyk penyuluhan ditempat kerjaku, promosi dri cimbNiaganya, aku trtrik gra" tiap blnnya gak ada biaya admin, saldo endap 20rb, itu aja aku gak dsruh bayar, lg promosi jd 20rb'nya dri cimb niaganya.yaudah deh aku buka tu tabungan. Mumpung gratis tis tis..Gak nyesel deh buka tabunganKu cimb niaga.

    ReplyDelete
  34. .aku jg udah punya TabunganKu cimb niaga, buatnya gratis..cuma isi formulir doank, soalnya wktu itu ada kyk penyuluhan ditempat kerjaku, promosi dri cimbNiaganya, aku trtrik gra" tiap blnnya gak ada biaya admin, saldo endap 20rb, itu aja aku gak dsruh bayar, lg promosi jd 20rb'nya dri cimb niaganya.yaudah deh aku buka tu tabungan. Mumpung gratis tis tis..Gak nyesel deh buka tabunganKu cimb niaga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dih enak banget sis, aku jadi iri

      Delete
  35. Gan numpang nanya ane punya cimb tabunganku tapi udah lama gak di pake...
    Udah ke blokir belum ya rekeningnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh, gak tau deh. coba telpon aja ke call centernya CIMB Niaga

      Delete
    2. Saya juga pernah kayak gitu. Bikin jaman kuliah, terus udah 2 tahun ga dipake. Akhirnya pas udah kerja coba dateng ke cabang CIMB. Dimintain KTP, terus lgsg bisa. Karena data kita masih ada di databasenya mereka.

      Delete
  36. Mau tanya. TabunganKu CIMB Kalo untuk transfer dalam ringgit malaysia bisa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa sis. aq pernah dikasih tau mbak-mbak CS CIMB Niaga. cuman kalo caranya gimana aku gak tau, tanya sama call center CIMB Niaga aja. Kalo gak tanya CS CIMB Niaga terdekat

      Delete
  37. Kalau buatnya pake sim bisa ga kak? Ktp ku hilang.. huhu..

    ReplyDelete
  38. Kalau buatnya pake sim bisa ga kak? Ktp ku hilang.. huhu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh, aq gak tau tuh. coba tanya aja ke CIMB Niaga terdekat. Tapi kok bisa ilang? KTP itu penting banget loh, ngurus apapun tanpa KTP sama aja kayak nightmare

      Delete
  39. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  40. kira-kira kalau sudah 1 tahun ga aktif masih bisa digunakan ga ya gan ?? ane soalnya udh 1 tahun ga kepake , ane mau coba nabung serius mulai sekarang , tapi kira-kira masih bisa ga ya ? need info gan , thanks for articles ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba di telpon aja ke call centernya. kalo udah gak aktif ya harus diaktifin dulu ke Bank CIMB Niaga terdekat

      Delete
  41. Ada rekomendasi tabunganku selain CIMB ga gan, yg dpt ATM, Netbanking, tanpa batasan transaksi

    ATM & bank CIMB cukup jauh di daerah ane soalnya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada gan, TabunganKu Maybank, TabunganKu BNI Syariah. dua-duanya dapet kartu atm, bisa internet banking, cuman ada batas transaksinya, maksimal sebulan 5 kali. kalo yang tanpa batasan transaksi setau gue cuman TabunganKu CIMB Niaga.

      Delete
  42. Bang mau tanya, ane kan baru jd driver gojek ya....
    Nah disuruh buka rekening ponsel cimb niaga buat top up.... trus isi saldo... lalu transfer ke rek pt gojek....
    Nah pertanyaan ane, bisa gk ya cimb niaga tabunganku buat transfer ke pt gojek...
    Jd gk perlu susah2 dateng ke bang, top up rekening ponsel dulu... abis gitu top up pake go mobile....
    Nd bisa pake atm aja gitu....

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa

      pas gue bikin tabunganku, sama mbak" cs nya langsung diaktifin tuh rekening ponselnya. itu bisa dipake kok buat transfer, asal di top up dulu. cuman gw jarang pake rek ponsel, karna terbiasa pake m-banking kalo gak internet banking.

      Delete
  43. Gan mau tanya rek tabunganku itu kalo mau narik tunai di singapore,malay,thailand sblmnya harus lapor dulu ke bank nya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. enggak gan. gw bulan mei kemaren ke malaysia, trus tarik tunai di atm CIMB, keluar tuh duitnya. tentu dalam denominasi ringgit bukan rupiah. trus bebas biaya tarik tunai, wkwkwkwk

      Delete
  44. Aq pakek niaga tabunganku Awalnya saldoq 2juta aq buat transfer 700rbu bisa kebank lain berhasil.dan kedua uangq masih 800ribu n aq mau transfer kebank jatim 700.002 padahal semua udah aq ikutin termasuk isi kode plus no rek tujuan sudah sesuai,tapi kenapa tidak bisa ya...?mang ada batasannya berapa kali transfer?n kl diitung uangq kan masih sisa 90 ribuan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak ada batasan transaksi kok. soalnya aku juga pernah transfer 8 juta. waduh kalo itu aku gak tau deh, coba tanya aja ke call centernya, sapa tau pas itu lagi down sistemnya.

      Delete
  45. Baru aja dr cimb pengen buka rekening tabunganku..tp ga bisa krn ga ada telf rmh��..

    ReplyDelete
    Replies
    1. dih, pindah bank cimb lain aja. sok-sokan banget cs nyah.

      Delete
    2. ga ngerti deh..blm ngisi formulir udh ditanya no telf rmh..jaman skrg org udh pd pake hp ngapain jg nanyain telf rmh..alesannya kata dia biar ga ganti2..minta solusi lain jg dia ga kasih..malah minta maaf krn gw ga bisa buka rek dstu..yaudhlah gw balik aja

      Delete
    3. saran gue pindah bank cimb lain aja gan. kalo gak, lu brosing aja no telp di internet. lagian gak di cek inih. kalo masih gak boleh juga, lu inget-inget nama cs nya sama kantor cabangnya, trus lu telpon call center deh komplain. dijamin besoknya lu di telpon sama cs nya buat minta maaf sambil suaranya dimanis-manisin. -__-'

      Delete
  46. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  47. Mo nanya dong, kalo bikin rek tabunganku perlu npwp gak, kok liat di review lain untuk yang mahasiswa pake npwp lah, ktp ortu lah. Ane masih mahasisw soalnya,tapi gak pengen ribet ribet 😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke, banyak banget yang nanya ini. sekalian gw jelasin di komen yah...

      Sebenernya menurut peraturan Bank Indonesia, semua nasabah yang baru buka rekening di bank WAJIB melampirkan kartu identitas (KTP) dan NPWP. Terus kalo calon nasabah gak punya gimana? Kalo calon nasabah gak punya NPWP maka akan ada formulir khusus dari bank yang harus kita tandatangani. Isinya menyatakan kalo kita belom punya NPWP.

      Saran gue, pas mau buka rekening bawa aja KTP. Terus buat jaga-jaga bawa fotokopian (kopiannya aja) KK sama fotokopi KTP orang tua.

      Emang dimintain ya bang?

      Sebenernya ini gak wajib. Cuman, kadang ada CS yang RESEK sok-sokan nolak calon nasabah padahal syaratnya dah lengkap (dalam hal ini punya KTP). Jadi KK sama kopian KTP emak atau babe tergantung mudnya si CS. Kalo lagi hepi gak minta aneh-aneh. Kalo lagi dapet atau abis diomelin atasannya suka aneh-aneh mintanya.

      Kalo kaya gitu gimana bang?

      Saran gue pindah aja ke cabang bank CIMB yang lain. Kalo cuman satu cabangnya? Nah ini die saran paling jitu. Lu inget-inget nama CS sama cabangnya, terus telpon call center deh. Lu komplen aja !

      Gw jamin besoknya si embak-embak CS yang RESEK itu bakal nelpon lo dengan suara dimanis-manisin. *cuihhhh*

      selalu keep in mind:

      KITA YANG PUNYA DUIT, KALO SITU GAK MAU DUIT GUE YA GUA PINDAH KE BANK LAIN.

      #hasseekkk

      Delete
    2. Aseekk, makasih banyak infonya bang hahaha

      Delete
  48. benertu mending pindah kantor cabang yang lain... kemaren tangal 22 juni gua buka rekening di surabaya kota (dekt tempat kerja) trus diminta npwp dan csnya ngak percaya klk gua udah kerja karna di ktp masih status mahasiswa... akhirnya gua pindah di cabang rungkut surabaya (deket kosan) proses lancar tanpa pertannyaan. langsung isi formulir pendaftaran dah di kasih kartu ATM... (alamat KTP gua Lamongan)

    maaf bang mau naya tanpa batas transaksi (kirim/terima) ini pada jumlah uang atau sama jumlah transaksi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah makasih udah sharing..

      jumlah transaksi. kalo batas transaksi sama kaya kartu silver, sehari maksimal 15 juta kalo lewat atm. kalo lewat teller sih gak dibatasi.

      Delete
    2. Wah nice info, gue mending buka di sby aja kali ya. Haha. Gue kuliah di sby kebetulan.

      Delete
    3. Iya noh, sama kaya gan Venda. Kalo ribet pindah cabang aja. Orang kita mau simpen duit kok situ kasih syarat ribet, helloo..

      Delete
  49. Bisa buat transaksi k bank lain ga? En d kenakan biaya ga klo transaksi sm bank lain?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa gan. ya jelas kena biaya kalo transaksi ke bank lain. 6500 per transaksi

      Delete
    2. wah... makasih bang udah di reply. blognya mencerahkan banget :P

      Delete
  50. Masih dapat buku tabungan tapi kena biaya 15 ribu,
    jadi dia dikasih pilihan mau buku atau e-statement.
    Saya hari ini baru buka TabunganKu CIMB. :D

    ReplyDelete
  51. Kak, kalau mau tarik tunai di teller maksimal brapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo di teller gak ada maksimalnya. misal di rekening ada 200 juta, mau diambil semua juga bisa kok. aku pernah suatu hari masukin 120 juta cash. 3 hari kemudian aku tarik 100 juta, bisa aja. tapi inget yah, kalo transaksi diatas 100 juta harus nunjukin ktp, udah aturan dari pemerintah soalnya.

      Delete
  52. Kak mau tanya nih,,,kalo untuk sistem pencairan tabungan mapan sendiri gmna iya???
    Apa otomatis kredit ke rekening apa harus dateng langsung ke bank pembukaannya untuk pencairannya,,,
    Sama kalo gagal debet (telat bayar) di bulan terakhirnya, apa bisa cair pas d tgl yg sudah d tentuin sebelumnya,,,
    Thx kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. otomatis, kita gak perlu dateng ke bank atau telpon buat pencairan. pas jatuh tempo otomatis uangnya masuk ke rekening kita. tetep bisa, santai aja. yaelah cuman sekali inih, aku loh pernah gagal debet 3 kali, tetep cair aja. aq gagal debet soalnya lupa aku isi rekening cimb nya, hahaha

      Delete
  53. kalo tabungan mapan uda kelar ka gimana? ga disambung secara otomatis buat ke tahun selanjutnya kan? atau kita ngelapo ke cs kalo ga mau lagi buat tabungan mapan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak bisa gan. Kalo udah cair terus pengen diperpanjang harus dateng ke cabang lagi buat bikin tabungan mapan lagi.

      Delete
  54. Mau tanya, kalo tabunganku cimb niaga ini kegunaanya bisa sebagai kartu kredit nggak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya gimana? Buat belanja online gitu? Kalo mau memanfaatkan oktopay bisa, soalnya ada logo mastercardnya. Tapi harus diaktifkan dulu mastercardnya, dateng aja ke cabang, terus minta diajarin cara daftar oktopay.

      Pernah sih diajarin, tp gak pernah praktek. Jadi lupa deh

      Delete
  55. Kocak blog-nya, jempool. Masbro nanya ye, biar dapet atm, kagak pake minimal saldo selain noban itu kan yah? Ada yang bilang minimal setor pertama sejuta baru dapet atm. Masak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo tabunganku minimal buka 20 ribu, itu juga jadi saldo minimal. Begitu aktif langsung dikasih kartu atm kok. Gak pakek sejuta-sejutaan. Gue waktu buka tabunganku, juga cuman kasih 20 ribu + 6 ribu buat materai. Langsung dapet atm, langsung diaktifin internet banking, rekening ponsel. Lengkap deh. Padahal waktu itu gw pake baju kantor berdasi ala-ala mas-mas eksmud, tapi nabungnya 20 ribu doang, wkwkwk. Pasti mbak-mbak CS nya mbatin:

      'Dih, masnya pelit banget. Nabung cuman 20 ribu doang'.


      BODOOO... AMAATTTT...


      HAHAHA

      Delete
    2. Hahahahha ngakak. Tenkyu ya bro infonya.


      Stay gokil.

      Delete
    3. Awas gila !

      Postingan di blog ini membuat orang suka senyum-senyum sendiri.

      Main-main gih ke postingan yang lain.

      Delete
  56. Halo, bagus nih share-nya kebetulan mau buatin anak tabunganku. Saya mau ikutin agan, bikin tabunganku di cimb niaga trus buka yg mapan, nah kalo buka mapan itu berarti harus buka tabungan induk gt ga ya gan? Jadi dlm 1 hari sy buka 3 tabungan; tabunganku, mapan, sama tab.induk (namanya apa ya, hehe..tp agan ngarti maksud sy kan). Thanks^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan sis, TabunganKu itu ya jadi tabungan induk. Kalo udah bikin TabunganKu langsung bilang mau bukak tabungan mapan. Tabungan induk ya tabungan tempat rekening di debet. TabunganKu bisa jadi tabungan induk untuk tabungan mapan.

      Delete
    2. Iyes, paham..okey dehh. Thanks ya gan udah di bls^^

      Delete
    3. sama-sama

      silakan mampir ke postingan yang lain

      Delete
    4. Lapor nih gan, tadi niatnya nau bikin tabunganku atas nama anak, ternyata ga bs jd saya bikin cimb junior deh, selama saldo di atas 1jt ga ada biaya admin kata si embak. Minta dikomen dong gan^^,

      Delete
    5. Oh gitu yah?

      Kok aq baru tau ada kebijakan kaya gitu yah? Ya gak papa sih kalo cuman buat nampung uang aja. Tapi kalo buat jadi tabungan induk mapan kok kayaknya rugi yah. Soalnya tabungan mapan udah ada biaya adminnya. Mending bikin TabunganKu atas nama sis aja, kan gratis. Ntar kalo anak udah umur 17 tahun dan punya KTP tinggal dibikinin TabunganKu sendiri aja. Duit yang di tabungan sis tinggal dipindah ke tabungan anak. Habis itu tutup aja tabungannya sis. Kan jadi gratis admin semuanya noh.

      Delete
    6. Hehe, walhasil ga jd bikin tabungab mapan mas gan, soalnya junior ga bs jd induk, td cm mikir so far gada biaya admin diatas 1jt dg bunga 1% (fyi kata si embak tabunganku skrg bunganya 0,5% udah ga 1% lagi-_-!)

      Mas gan pernah posting ttg tabungan anak yg paling bagus gak ya, hehe..

      Request dong posting kpr, hehe *nglunjakmintadilemparrujak,hehe

      Tks mas gan^^

      Delete
    7. Makasih untuk masukannya, nanti saya pertimbangkan.

      CIMB ini aneh, nama produknya aja junior, ya kali anak kecil pertama nabung 1 juta. Mana ada yang kaya gitu, ya gak?

      -__-'

      Delete
  57. Mas mau tanya kalo mau bikin tabunganku cimb untuk anak sma yang belom punya ktp gimana ya mas?
    Syarat-syaratnya apa saja?

    ReplyDelete
  58. Mas mau tanya kalo mau bikin tabunganku cimb untuk anak sma yang belom punya ktp gimana ya mas?
    Syarat-syaratnya apa saja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini belom punya ktp karna belom 17 tahun atau udah 17 tahun tp belom ngurus ktp? Kalo udah 17 tahun, saran saya bikin ktp aja dulu, biar gampang. Kalo belom 17 tahun dateng sama orang tua, jangan lupa bawa KK, Akta Kelahiran, jangan lupa orang tua suruh bawa ktp. Tapi nanti biasanya pakenya CIMB Niaga Junior. Begitu udah punya ktp tinggal lapor aja ke bank, ntar diganti jadi TabunganKu, gratis.

      Delete
  59. Mas mau tanya,kalo buka tabungan di cimb tabunganku,kita dapet bunga ky di tabungan biasa ngga?klo dpet brp persen?terus kena pajaknya brp persen?
    Thanks sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dapet. Bunganya per tahun 1,75 %. Padahal kalo mbak buka tabungan biasa, entah cimb niaga atau bank lain, pada di bawah 1%. Aneh yah?

      Pajaknya 10% dari bunga yang didapat.

      Delete
  60. selamat malam mas, mau tanya untuk fasilitas internet banking dan atm dari tabunganKu CIMB Niaga itu bisa digunakan untuk transaksi antar bank atau hanya untuk sesama bank saja ya mas? lalu untuk atm tabunganKu BCA itu transaksi nya bisa digunakan di antar bank juga atau hanya bisa sesama BCA? Terima Kasih banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Malam

      Bisa mas, bisa buat transfer ke bank manapun. Saya sering pake soalnya. Kalo TabunganKu BCA juga bisa buat transfer ke bank manapun. Tapi ada biayanya, 6500 sekali transfer. Biaya itu emang udah ditentukan sama Bank Indonesia.

      Cuman kekurangannya BCA, maksimal transaksi dalam sebulan 4 kali. Mulai transaksi ke 5 dan seterusnya bayar 2500, walopun itu cuman tarik tunai. Tapi kalo jarang make, alias cuman buat nampung uang doang, TabunganKu BCA boleh juga jadi pertimbangan.

      Delete
    2. Kalo yang tabunganKu CIMB niaga internet banking nya apakah juga bisa digunakan untuk transaksi seperti transfer antar bank juga mas? atau hanya bisa digunakan untuk transaksi non finansial seperti melihat saldo dan mutasi? terima kasih mas atas jawaban nya maaf banyak tanya ya saya

      Delete
    3. Nggak papa, selama saya masih bisa jawab akan saya jawab.

      Bisa kok buat transfer antar bank internet bankingnya. Soalnya saya udah pernah pake. Tapi tetep diinget yah, transaksi apapun kalo udah beda bank bayar 6500-__-'.

      Delete
  61. bang minta penjelasan detail dong tentang tabungan mapan. terimakasih hehe :D

    ReplyDelete
  62. Selamat malam mas, saya mau tanya apakah ada TabunganKu bank lain yang fasilitasnya setara dengan TabunganKu CIMB? Mohon sarannya mas, mau cari2 referensi untuk buka tabungan, terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo yang setara gak ada, tapi kalo yang mendekati ada. Contohnya TabunganKu Maybank. Selain dapat buku tabungan dan kartu ATM, kita juga mengakses internet banking dan m-bankingnya. Cuman ya itu, maksimal transaksi dalam sebulan 5 kali. Mulai transaksi ke 6 ada biayanya.

      Delete
  63. mas kalo cimb tabunganku apa bisa dipakai dimalaysia? soalnya temanku bilang yg bisa dipakai disana cuma cimb xtra aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Bulan Mei dan Juni kemaren saya ke Malaysia. Terus pas di bandara KLIA dan di Komtar (Penang) saya tarik uang di atm CIMB Malaysia, keluar semua tuh uangnya. Tabungan saya cuman TabunganKu loh. Gratis biaya admin lagi, enak banget dah.

      Delete
    2. oke deh.. btw waktu di penang tarik tunai disana kursnya berapa mas? kemarin saya abis ke money changer kursnya 3300

      Delete
    3. Duh lupa, nggak jauh-jauh dari itu deh. Lagian sekarang ringgit kan trennya turun soalnya melemah terus terhadap dolar amerika.

      Delete
  64. Mas kl mau buka rekening tabunganku cimb niaga tp kantor cabangnya beda sama KTP bisa ga ya? sedangkan saya ibu rumah tangga (suami yg kerja)

    ReplyDelete
  65. Mas kl mau buka rekening tabunganku cimb niaga tp kantor cabangnya beda sama KTP bisa ga ya? sedangkan saya ibu rumah tangga (suami yg kerja)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mbak, minta aja surat keterangan domisili dari pak RT. Ntar itu dikasihin ke mbak-mbak CS nya.

      Delete
  66. Tiap SMS passcode itu kena charge berapa sih? Kata CS kena Rp550. Tapi pas saya cek berkurang Rp1100. Bagaimana pengalaman Anda?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya 550 mas. Mas minta kodenya dua kali mungkin?

      Kadang kita minta passcode terus ditungguin gak nyampe-nyampe, lalu kita minta lagi baru ke kirim. Tapi dapat dua passcode sekaligus. Nah kalo kaya gitu diitungnya ya dua kali. Saya sih sering kaya gini.

      Kalo merasa cuman sekali tapi di charge 1100, komplain aja mas ke call centernya cimb.

      Delete
  67. Gan .ane mo nanya apa bener buka cimb.harus buka di kcp sesuai ktp kita ya...contoh.ktp ane pondok kelapa.trus ane buka di buaran.kira2 bisa bikin di buaran gak?masalahnya pondok kelapa gk ada kcp cimb...trus untuk buka buat driver grabe itu syaratnya apa aja...tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buatnya di KCP yang masih satu daerah sama KTP agan. Misal KTP saya Purwokerto, di Purwokerto itu ada 4-6 KCP, maka saya bisa buat di KCP mana saja asal masih di Purwokerto. Kalo KCP nya beda dengan KTP, biasanya suruh bawa surat keterangan kerja. Jadi cari aja KCP CIMB Niaga yang masih satu daerah dengan KTP agan. Kayaknya syaratnya sama aja sih gan, bedanya grab biasanya lebih sering pake rekening ponsel. Tenang agan langsung minta aja sama CS nya pas bikin rekening, gratis inih.

      Delete
  68. Aku juga dibuatkan Rekening CIMB Niaga Tabunganku oleh perusahaan untuk transferan gaji, cuman yang aku tanyakan kartu ATMnya kan gak ada cetak namanya, kalo mau diganti ke reguler bisa gak ya, kemarin aku telpon cabang pembuka rekeningnya di cianjur gak bisa, kalo didaerah lain bisa gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh gak tau kalo itu mah. Coba tanya ke call center aja. Saya mah gak penting kartu atmnya ada namanya, yang penting mah fungsinya, hehehe

      Delete
  69. Kak mau nanya, kalau misalnya atm lain transfer ke atm tabunganku cimb niaga bisa gak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mbak, saya sering kok dapet transferan beda bank.

      Delete
  70. mas kalo menurut mas, cimb niaga syariah iB extra yg akadnya wadiah gimana mas? apakah tabungan ini jkuga bebas biaya di atm CIMB regional? mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. apakah juga bisa bikin tabungan rencana mapan juga dengan akun induk dari unit syariah ini

      Delete
    2. Bisa mas, semua rek CIMB Niaga, apapun bentuknya gratis biaya tarik tunai di atm CIMB manapun. Bisa mas bikin tab rencana pake unit syariah. Malah enak bisa milih mau rencana yang konvensional atau syariah (bagi hasil). Tapi menurut saya rugi kalo pake rek yang biasa, biaya adminnya 12 ribu loh. Kalo tabunganku gratis admin, bisa buat debet, bisa internet bangking, m-banking, fasilitasnya sama persis kaya rek biasa. Jadi kenapa kita harus keluar duit kalo ada yang gratis admin.

      Delete
  71. Gan di bank lain kan klo nabung diharuskan pake buku tabungan ya? Klo cimb gimana gan? Saya buka rekening bank cimb niaga tabunganku hari ini, tapi ga dapet buku tabungan, tapi kata csnya dapet e-statment, nah itu gimana gan klo saya mau nabung?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Malah enak gan, gak perlu susah-susah nyimpen buku tabungan. Enakan pake e-statement mas, lebih rinci transaksinya. Ntar mas kalo mau ngajuin visa tinggal print aja tuh. Gak perlu bayar buat minta e-statement. Kalo mau nabung tinggal ke teller aja langsung, sebutin no rekeningnya. Biar gak lupa tulis aja di belakang kartu atmnya. Kadang kita suruh nunjukin kartu atmnya. Jangan lupa bawa kartunya.

      Kalo mau praktis setor tunai aja di mesin CDM, gak perlu antri!

      Delete
  72. Sy mau buka tabunganku (calon nasabah baru) tapi syaratnya harus punya tlp. Rumah dan NPWP. Didaerah cibubur. Apakah gak ada alternatif lain mhn infonya gan

    ReplyDelete
  73. Sy mau buka tabunganku (calon nasabah baru) tapi syaratnya harus punya tlp. Rumah dan NPWP. Didaerah cibubur. Apakah gak ada alternatif lain mhn infonya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaelah gan, santai. Itu pasti CS nya cupu, gak sadar kalo jaman sekarang tuh semua orang pakenya hp.

      Pindah ke kantor CIMB yang lain aja gan. Pokoknya cobain semua bank CIMB Niaga yang agan tau. Ntar pasti ada yang bisa. Banyak kok yang kasusnya kaya agan. Begitu bukak di bank CIMB yang lain, langsung bisa gak pake banyak syarat dan pertanyaan.

      Delete
  74. Cimb itu perusahaan asing. Lebih baik gunakan bank swasta milik indonesia saja. Itu lebih baik.
    Jgn jd kan perusahaan asing menguasai indonesia.
    Jd maksimal kan lah produk anak bangsa kita. Agar indonesia lebih mandiri.
    Thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas. Kan saya udah bilang kalo dari Malaysia. Google, Facebook, Path, Instagram dan banyak lagi kebanyakan punya asing mas. Awas jangan dipake mas, itu punya asing.

      -__-'

      Delete
  75. Share buka rek tabunganku di cimb niaga MATRAMAN barusan,,
    Masuk ke bank langsung tanya satpam cara buka rek tabunganku buat nasabah baru atas nama pribadi, ditanya syarat ktp sama npwp (*dalem hati ane aman nih ga ditanyain syarat no telpon rumah), terus dikasih form yang harus diisi sambil nunggu nomor antrian dipanggil..
    Sampelah nomer ane dipanggil, cs liat form yang udah ane isi dan karna ga punya nomer telpon rumah ane isi dah no.telpon kantor,,

    Sayangnya syarat nomer telpon rumah itu bener2 diwajib-in di cabang sini, klo ga ada boleh pake nomer telpon kerabat..Kaga punya semua??tamat di tengah jalan dah urusannya..
    Yang ane SAYANGKAN kaya kurang koordinasi antara satpam sama customer service, di AWAL DATENG ane CUMA ditanya syarat KTP+NPWP, pas di cs ternyata diwajibin syarat NOMER TELPON RUMAH, jadi ga perlu repot2 pan musti ngisi form yang mayan banyak kolomnya klo dari awal dibilangin tu syarat telpon rumah.. :hammers

    Soal nomer telpon kantor sebenernya dibolehin tapi wajib bawa surat keterangan dari kantor (ane kurang paham maksudnya keterangan di sini nyangkut apaan), dan karna kantor ane di depok disuruh buat di cabang depok aja yang lokasinya deket kantor *bujugg dah

    Satu lagi, kalo ane ga SALAH DENGER tadi pekerjaan "freelance" katanya ga bisa buat rekening tabunganku entah apa alasannya..


    Bingung juga mau coba ke cabang cimb laen sekitaran jaktim/jakpus yang ga pake syarat telpon rumah dimana lagi yak :hammers

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh mas, yang kasusnya kaya mas banyak banget. Heran deh gue, itu CS kok ya saklek banget sama peraturan BI. Ini jaman kapan helo??? Tahun 2016 gitu, lebih banyak orang yang punya hp daripada telfon rumah.

      Kalo saran saya cari lagi mas kantor CIMB Niaga yang lain. Jangan lupa sebelom berangkat brosing no telepon dulu. Kalo entar di cek sama CS nya, sindir aja sekalian:

      'Duh mbak, kurang kerjaan banget yah sampe no telpon rumah saya di cek? Masa saya kasih no palsu'

      Paling gak jadi di cek habis itu.

      Yang penting mukanya rada galak dan meyakinkan aja, hahaha.

      Delete
  76. saya juga nggak bisa buka rekening ini soalnya masih mahasiswa dan wajib banget punya npwp, kalo nomer hape sih ngga wajib.. cuma npwp nya aja yang harus banget. apa mungkin semakin dipersulit ya dpt rekening ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pinjem NPWP punya emak atau babe terus bawa KK masa gak boleh?

      Harusnya bisa loh

      Delete
  77. Xlo pke tabunganku bsa ikt program pinjam dana extra jg ga yah mu soalny pke yg tabungan biasa adminny 12500 lumayan jh mhl buat nabung aj semahal itu
    tlg dnk infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walah kalo yang kaya gitu saya gak tau, coba tanya aja ke call center atau langsung dateng ke CIMB Niaga yang terdekat.

      Delete
  78. Ane mau share pengalaman aja sekaligus ane mau bertertima kasih sama ts udah ngasih pencerahan, ane kemarin baru buka rekening ini, dan usia ane pas 17 tahun dan masih pelajar syarat umumnya itu cuma bawa ktp sama npwp abis itu isi formulir udah case closed, tapi karena ane belum punya npwp jadi cuma suruh bawa fotokopi ktp orang tua, ntar formulirnya jadi double gan data lu sama data orang tua yang punya npwp sama data keluarga yang ada di kk (cuma nama, sama ttl), dan buat telp rumah itu ga diwajibin bahkan di formulir ane kotak yang di merahin (yang kudu) cuma nomer hp aja, katanya ga punya telp rumah gapapa.

    Cuma perlu diingat gan pastikan ente punya pulsa kalo mau aktifin pin wkwkwk ane sampe isi pulsa dulu kemaren lol XD

    Yang mau ane tanyain sama ts karena emang pake e-statement jadi setor tunai (nabung)nya itu lewat atm ya ? Biasanya ane ke teller sambil nyetor pake buku soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Ralat data yang di kk nya ganti sama saudara kandung (adik kakak)

      Delete
    3. Nah tuh kan, jangan menyerah hanya gak punya no telp rumah. Itu kalo kata gw CS-nya saklek banget sama peraturan BI. Sekarang tahun 2016 gitu loh, banyakan mana sih orang yang punya HP sama yang punya telp rumah? Jangan mau kalah debat sama masalah sepele kaya gitu.

      Ituh contoh adek rizky, masih 17 th, jelas belom punya npwp, tapi dia tetep bisa buka rekening. Kenapa? Karna dia udah punya KTP. KTP itu syarat mutlak. Kalo gak punya npwp silakan bawa npwp ortu, KK sama bawa fotokopian KTP ortu (yang npwp-nya dilampirin), cuman ya itu, harus bolak-balik, karna ada formulir yang harus ditandatangani ortu.

      Oh iya penting banget itu, hp harus ada pulsanya, hahaha.

      Nabungnya bisa di mesin setor tunai/ CDM (cash deposit machine) atau di teller. Kalo ke teller jangan lupa bawa atm-nya, soalnya itu gantinya buku tabungan. Biar gak lupa no rekeningnya ditulis aja dibelakang kartu atm-nya.

      Btw, makasih loh dek udah sharing. Selamat menabung !

      Delete
    4. Hahaha ya gitulah mungkin pegawai nya udah kebiasaan sama aturan dulu,

      Makasih info nya tapi baca di trit sebelah CDM katanya kalo hari libur ga langsung di proses, jadi di proses nya pas jam kerja, iya gituh? ga masalah sih kalo nabung doang tapi kalo mau transaksi langsung agak rumit, kalo masalah duit kadang sensitip kalo nominal nya udah gede. Itu inpo 6 tahun lalu semoga sekarang ngga deh....

      Delete
    5. Ah kata siapa. Noh gw masukin duit di CDM hari minggu langsung detik itu juga kedebet di rekening. Enakan nabung di CDM, gak antri cuy ! Bisa dateng kapan aja, gak harus jam kerja. Gw malah seringnya kalo nabung di CDM pas habis gajian, malem-malem sekitar jam 9/10 malem. Lah sempetnya jam segitu. Gw kerja cuy bukan pengangguran yang punya banyak waktu buat antri ke teller -__-'

      Delete
  79. Mau tanya nih, kenapa ya di kantor cabang CIMB gak bisa ganti kartu ATM yang instan ke kartu ATM Reguler yang cetak nama, aku pernah tanya ke call senter CIMB katanya bisa, terus pas datang ke CIMB Cabang cianjur katanya gak bisa, hmmm padahal pengen banget ganti kartu ATM Cetak nama biar keren, terus gak ketukar sama yang lain....kira kira di cabang mana ya yang bisa daerah jawa barat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walah kalo yang begitu saya kurang tau mas. Soalnya kalo saya gak penting sih pake nama. Tapi emang selera orang beda-beda sih. Mas coba email aja ke CIMB Niaga. Kalo masih inget boleh sebutkan nama CS-nya sama cabangnya. Kalo beneran bisa, nanti pasti CS-nya nelpos mas sambil minta maaf. Terus mas disuruh ke cabangnya buat dibikinin kartu atm pake nama.

      Semoga berhasil mas. Jangan lupa share ya dimari...

      Delete
  80. pengalaman teman saya, misalkan kita punya sangkutan kartu kredit, apakah tidak bisa membuat rekening bank niaga?

    ReplyDelete

Cieeehhhhh yang abis baca blog gue sambil ketawa-ketawa, kasih komentarnya dong sayy....