Tuesday, 7 June 2016

(TF) Jangan Remehkan Uang Receh

Hai.. hai.. semua...

Apa kabar fans?

Hahahaa..

Hari ini hari apa??

Selasa... 

Oke, karna ini hari selasa, waktunya Tuesday-Finance


Gila, rasanya kok udah lama banget gak ngebahas Tuesday-Finance yah?

Makanya, biar acara ini bisa hidup lagi, mari kita gaungkan bunyinya. Terus kita mau bahas apa sih kali ini?

Oke, hari ini kita mau bahas tentang uang receh.




Gw yakin diantara kalian semua di rumah, di kantor, atau dimanapun pasti pernah menjumpai yang namanya uang receh. Biasanya uang ini kita dapetin karena kembalian dari hasil kita belanja atau membeli sesuatu. Yang bikin ngenes adalah, karena nilainya yang kecil, banyak dari kita yang tanpa sadar suka menyepelekan uang receh. Padahal walaupun nilainya kecil, tapi yang namanya uang ya tetap uang. Itu adalah alat pembayaran yang sah di negara kita.

Mungkin banyak diantara kalian yang ketika dapet uang kecil ini suka geletakin di sembarang tempat. Padahal, walaupun kecil kalau kita bisa mengelola dengan baik, ini bisa jadi punya manfaat yang besar loh buat kita. 

Gw suka sekali mengumpulkan uang koin 1.000 yang versi baru. Tau kan kalian yang versi baru? Yang logam warna silver itu, bukan yang tengahnya ada emasnya. Itu mah duit langka. Kalo koin seribu yang baru kan banyak. Kebiasaan ngumpulin uang koin seribuan ini berawal dari pas uang itu baru keluar. Menurut gw duit itu bagus banget. Karena bentuknya yang kecil imut, tapi nilainya senilai dengan 1000. Lu bandingin deh sama logam 500 an, pasti gedean duit 500 an. Gw sengaja taro duit logam seribuan itu di toples yang cantik, jadi kalo pas ngeliat bikin gw semangat buat ngumpulin.

  
Ada gak sih diantara kalian yang suka ngumpulin uang receh kaya gue?

Terus gimana dengan duit logam yang lain bang?

Ah, gw emang anak yang baik. Semua duit logam selalu gw kumpulkan dengan baik. 100 an, 200 an, 500 an, semuanya gw kumpulin dengan baik. 


Walau keliahatan sepele, tapi kalo kita rajin kumpulin, lama-lama bisa jadi banyak loh. Gw pernah selama 3 bulan rajin kumpulin uang receh. Eh terus karna udah penuh akhirnya gw satuin satu-satu sesuai nilainya masing-masing. Yang 100 an gw kumpulin jadi satu, yang 200 an gw kumpulin jadi satu, begitu pula 500 an sama seribuan. Begitu gw hitung, dapet 150 ribu loh ! Mayan banget kan?

Terus gimana cara memanfaatkannya?

Kalo udah dijadiin satu kaya gitu lo bisa setorin ke bank. Gak perlu malu, itu duit sah loh. Bank gak akan berani nolak lu nabung pake receh karna konsekuensinya bisa masuk penjara. Gw pernah kok nabung receh gitu, dan gw pede aja. Palingan ntar ditanyain sama mbak-mbak tellernya:


'Kerjaanya apa pak?'

'Oh, jualan mbak'


Udah, lo jawab gitu aja beres.

Apalagi kalo duit yang lo kumpulin bertahun-tahun. Beuhh, dapet banyak banget kali yah. Duit itu bisa loh lo pake buat jajan, buat beli barang impian, atau bisa juga buat nambahin uang saku buat traveling. Mayan kan?

Lebih enak lagi kalo lo hidup di luar negeri yang notabene nilai kursnya jelas lebih gede daripada rupiah. Walopun receh, tapi kalo dollar ada satu toples gede, apa gak kaya mendadak kalo dibawa ke Indonesia. 

Salah satu trik gw kalo pas uang recehnya udah banyak adalah gw selalu tabung di bank. Ntar kalo mau pake tinggal tarik dari atm. Taaraaa, duit lu berubah dari receh ke uang kertas. Tapi ya itu, lu harus dateng dengan keadaan uangnya udah disatuin dengan rapi. Kalo masih campur-campur gitu mana mau mbak-mbak tellernya. Males ngitungnya kali !

Oh iya, receh itu gak cuman logam aja. Uang kertas 1.000 atau 2.000 itu juga termasuk receh karna nilainya yang kecil. Coba deh lo mulai sekarang kumpulin duit 2.000 an. Lu cari toples yang cantik, terus setiap punya 2.000 an lo masukin deh ke situ. Satu taun aja, terus lo itung. Beuhhh, banyak banget bro !

Bisa buat modal kawin kali, wkwkwkwk.

Kalo yang lagi heboh akhir-akhir ini adalah ngumpulin uang 20.000 an. Itu bagus juga sih menurut gue. Cuman, kalo yang duitnya pas-pasan, gw jamin bentar-bentar duitnya dipake. Tapi kalo 2.000 an, menurut gue itu ringan banget. Lu kumpulin aja sambil merem. Ntar kalo udah banyak tinggal lo setorin ke bank aja. Mayan kan, menambah saldo tabungan lo. Sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit. 

Yaudah yah itu aja tulisan gue kali ini. Semoga bermanfaat buat lo semua. Pesen gue, sekecil apapun nilainya, hargailah uang tersebut. Karna kalo yang kecil itu dikumpulkan, lama-lama akan menjadi besar nilainya. Kalo kalian punya kebiasaan ngumpulin receh, boleh deh share disini.

Yaudah semua, bay....
Riza Alhusna
Riza Alhusna Updated at: 6/07/2016 07:00:00 am
Blog Oonline
Riza Alhusna Updated at: 6/07/2016 07:00:00 am
Riza Alhusna
Riza Alhusna Updated at: 6/07/2016 07:00:00 am

4 comments:

  1. YES, totally agree. Karena aku juga pernah dapat 'uang kaget' gara-gara ngumpulin uang logam 100,200,500,dan 1000. Tapi nominal nya masih setengah dari situ bang. Habis setor ke bank dipakai buat beli pulsa. Lumayan. . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. mayan banget itu mah bisa buat beli pulsa

      yuk mari kita kumpulkan uang receh

      Delete
  2. Makasih mas riza, jadi terinspirasi ngumpulin koin receh seribu-an yang cantik itu dimasukin wadah cantik pula hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, seribu atau dua ribuan. kalo saya dua ribuan sih. walopun cuman dua ribu tapi dikali 365 hari hasilnya 730 ribu loh. mayan banget kan? bisa buat beli emas batangan tuh, paling gak dapet 1 gram

      Delete

Cieeehhhhh yang abis baca blog gue sambil ketawa-ketawa, kasih komentarnya dong sayy....