Berdiri Di Atas Kaki Sendiri

5/17/2017 08:42:00 am Riza Alhusna 23 Comments

Hai semuahhh

Apa kabar?

Baek kan?

Kalo sakit minum baygon aja....

*toyor pala*

Gw mau ngomong nih. Bukan ngomong sih, mau nyindir gue.

Iya blak-blakan aja lah gw. Tulisan ini emang buat menyindir kaum muda kebanyakan yang rasa-rasanya kaum seperti ini masih banyak di dunia. Kaum yang sudah sepantasnya menjadi manusia dewasa yang bisa mandiri. Bukan mandi sendiri loh. Kalo mandi sendiri mah keponakan gue si Keenan juga bisa. 

Dulu pas gw kuliah suka ngebayangin kalo udah kerja tuh enak. Bisa punya duit sendiri, bisa beli macem-macem. Beli apapun yang gw suka tanpa perlu minta ijin orang tua karena itu duit gue sendiri. 

Setelah gw kerja dan punya penghasilan sendiri malah semua yang gw impikan banyak gak terwujudnya. Setelah tau susahnya cari duit justru gw jarang ngemol. Jarang jajan, apalagi mengoleksi jam tangan seperti jaman gw kuliah. Rasanya eman-eman duit dibuang-buang gitu. Mending ditabung deh. 

Intinya setelah gw kerja menjadi manusia yang mandiri. Gw makan dari uang hasil kerja gue. Beli sesuatu dari uang hasil kerja sendiri. Liburan juga dari uang hasil kerja sendiri. Buat gw, setelah gw kerja, haram hukumnya minta duit sama orang tua. 

Gw pernah waktu pertama kerja kena sindrom 'anak baru gajian'. Semua yang dulu gak bisa gw beli, gw beli. Akhirnya baru tengah bulan duit gw abis. Kan gak lucu banget bisa beli ini-itu, terus habis itu gw makan batu. Apa setelah itu gw nelpon emak gw minta ditransfer uang buat makan? NO !

Gw malu buat minta. Sekalipun gw tau kalo minta pasti dikasih. Tapi gw malu. Rasanya gak punya wibawa minta orang tua padahal gw udah kerja. Demi menyambung hidup yang tinggal setengah bulan lagi gw memilih buat makan indomie daripada minta orang tua. Pas uang habis, gw memilih utang sama temen.

Tapi, sekarang ini banyak banget kaum muda yang udah kerja, dengan gaji yang jauh di atas gw, tinggal masih nebeng orang tua, makan juga masih nebeng orang tua, tapi masih minta subsidi sama orang tua. Helllooo....

Gw cuman bisa tepok jidat aja. Jujur gw gak ngiri sama sekali sama kalian. Gw merantau, otomatis gw ngekos bayar sendiri, makan bayar sendiri, apa-apa bayar sendiri, intinya gw berdiri di atas kaki sendiri untuk hidup gw. Gak pernah gw minta uang sepeserpun sama orang tua setelah gw kerja. 

Tapi ada banyak anak-anak jaman sekarang yang udah kerja, udah punya duit, tapi masih minta subsidi sama orang tua. Bahkan udah nikah pun minta subsidi sama orang tua. Hello, apa gak kebalik tuh? Harusnya gantian kalian yang kasih duit ke orang tua. Apa gak malu yah? Rasanya gw malu banget kalo udah kerja masih minta duit sama orang tua. 

Tolong belajarlah untuk berdiri di atas kaki sendiri !

Mau sampai kapan kalian masih nyusahin orang tua? Bersyukurlah atas apa yang kalian dapatkan. Gaji yang kalian dapet, yaitulah rizki yang Tuhan berikan untuk kalian. Belajar bersyukur atas pemberian Tuhan. Kelola dengan baik. Kalo gak cukup, ya rubah gaya hidup kalian. Kerja lebih giat supaya punya pemasukan lebih. 

Suka tepok jidat aja gw, kok ya masih ada anak-anak bermental kaya gitu dijaman sekarang. Tobat kalian ! Mau sampai kapan nyusahin orang tua? Pernah kepikiran gak kalian kalo orang tua kalian meninggal, kalian mau minta subsidi sama siapa lagi? Belajar mandiri !

Yasud yah..

Bay.....


*kesel*

23 comments:

  1. Aku dong masih dikirimin orangtua Hahahahhahaha

    Mau gimana lagi
    Gabisa kerja sambil S2
    Mesti fokus satu satu ;(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini bukan menyinggung yang masih sekolah. Tapi menyinggung yang udah kerja, udah punya penghasilan tapi masih minta duit ke orang tua-___-'

      Delete
    2. Stereotype nya sama aja.
      Soalnya aku udah sarjana.
      Dianggap udah lepas dari tanggun jawab orang tua

      -________-

      Delete
    3. Makanya kerja, jangan sekolah mulu. Sekolah gak dapet duit, wkwkwkwk

      Delete
  2. Super sekali za postingannya kali ini :D

    ReplyDelete
  3. mungkin, ada hal yang bisa kita lakukan sendiri ketika sudah kerja dan punya penghasilan,dan ada hal yang masih perlu bantuan ortu kita dalam hal keuangan walau sudah kerja. ya masing masing orang punya cara untuk berdiri dikaki sendiri mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener mas, tapi bukan berarti sudah dewasa masih nyusahin orang tua. Mau sampai kapan kita nyusahin mereka?

      Delete
    2. eits, ortu membantu itu ikhlas loh, dan kita juga membantu ikhlas. tidak ada hal suatu kesusahan jika keluarga membantu mas. susah atau nggak. yang namanya ortu dan anak saling membantu.

      Delete
    3. Iya lah, mana ada ortu gak ikhlas bantu anak. Cuman ada jenis anak yang 'gak tau diri' udah sampe berkeluarga, punya anak istri, masi minta duit orang tua.

      Delete
    4. :) , semoga kita nggak termasuk anak yang seperti itu, dan keturunan kita juga. aamiin

      Delete
  4. DALEM BANGET OM! Saya agak nek sekaligus prihatin sih sama orang yang sudah bisa cari uang sendiri, tapi masih minta uang sama ortu. Apalagi yang seakan ga tau terima kasih sama ortu, kebaikan ortu ga dibales, malah ortunya diinjek-injek. Semoga orang-orang seperti ini baca postingan om yang satu ini yak :v.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwk, banyak banget yang model kaya gini. Emang eneg banget ngeliatnya. Kok mereka gak risih yah masih minta orang tua?

      Delete
  5. oh my god, haram minta duit ke orng tua? ngeri banget dengernya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak papa, buat memacu diri supaya mau mandiri.

      Delete
  6. Iya nih. Bnyak juga yg kerja gaji lbh gede dari gajiku, suka hura2, masih tinggal seatap sama orang tua, masih jg ngerasa kurang idupnya
    Eike dr kuliah uda dirantau meskipun sih ga jauh2 amaattttt tp tetep pisah, indomi slalu jd tmen setia kala tgl tua uhuuukkk

    Tp bangga, soale bs survive diakhir bln (sampe mahir bkin indomie modifikasi cuiii)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk, indomi isdebes !

      Iya, udah gaji gede, hidup masih nebeng, gitu kok masih kurang. Udah gitu minta subsidi lagi sama orang tua. Gak malu apa yah?

      Delete
  7. berdikari
    manipol usdek
    yang nulis kok masih sendiri?

    ReplyDelete
  8. Aku mulai SD kelas 5 sampai sekarang S2, tak pernah meminta bantuan dari ortu. Jungkir balik cari uang buat bertahan sekolahh dan kuliah...mau gimana lagi, nasib anak rantau kere :D hahaha...kasihan orang tua aku mah, soalnya dari SMA aja aku udah disuruh putus sekolah karena kekurangan biaya, jadi kalau mau lanjut sekolah ya biaya dewe :D---

    ReplyDelete
  9. Sebelum merit, saya bekerja mandiri dan memilih tinggal dengan orang tua, tapi semua kebutuhan orang tua Alhamdulillah saya bantu penuhi. Dengan begini saya jadi lebih dekat dengan ortu, selepas merit, baru saya pisah beli rumah dewek, dan Alhamdulillah masih bisa ikut bantu walau nominalnya tidak sebesar dulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Good for you !

      Gak nyusahin orang tua, malah bantu orang tua. Gak kaya anak alay jaman sekarang. Udah punya gaji, masih minta orang tua juga. Apa gak jadi beban pikiran orang tua coba.

      Delete

Cieeehhhhh yang abis baca blog gue sambil ketawa-ketawa, kasih komentarnya dong sayy....