Ketika dapat 'Hidayah'

stocksnap.io

Haii semuahhh

Apa kabar kalian?

Ih kangen kalian semuahhhh

Sini aku ciyum, emuahhhh

*hoeeekkkk*

Ih lama gak nulis yah neng si abang inih.

Harap maklum, si abang sibuk cari duit buat anak istri. Entah anak istrinya siapa, hahahaha.

Kalian semua apa kabar? Masih pada bernafas kan? Ntar deh gw main ke blog kalian satu-satu. Gw sambangin dah. Baek kan gw? Tapi jangan lupa di suguhin, masa tamu gak disuguhin.

Hari ini, hari Senin, hari kejepit di mana kebanyakan temen gw pada cuti. Sedangkan Pak Riza, masuk seperti biasa nguli lagi. Rada iri sih sebenernya gw sama temen-temen gw yang cuti. Enak amat ya kalian? Lah gw malah kerja di kantor pagi-pagi gini. Gak papa sih, kan nanti gantian juga. Kalo gw cuti, kalian semua giliran masuk kerja.

Udah baca judulnya kan? Iya gw mau bahas tentang 'hidayah'. Sengaja gw kasih petik karena maknanya sangat melenceng jauh dari makna aslinya.

Gw liat sekarang-sekarang ini, banyak banget orang yang semakin mendekatkan diri pada agamanya. Ini bisa diliat dari orang-orang yang sekarang banyak yang berbaju syar'i bagi perempuan dan celana cingkrang buat yang cowok. Gak papa sih, toh gw seneng-seneng aja ngeliatnya. Gw selalu berharap orang yang menjemput hidayahNya semakin istikomah dan menjadi manusia yang lebih baik lagi. Lebih baik di sini bukan cuma penampilannya doang, tapi tutur kata sama kelakuannya juga.

Nah inilah yang mau gw bahas. Orang-orang yang ngomong dapat 'hidayah' tetapi kelakuannya tetep mines. Mari kita berghibah ria di pagi hari hari karena orang-orang kaya gini pantes buat dighibahin. Ihikk.

Ceritanya, temen gw kerja di Bank Mandiri. Iya sengaja gak gw sensor nama bank-nya, biar gw di endors, hahahaha *otak cina*. Nah dia cerita sama gw, kalo akhir-akhir ini banyak nasabahnya yang dapat 'hidayah'. Iya, sekali lagi gw kasih tanda petik. Ntar lu juga mudeng kok.

Si nasabah ini ada yang nasabah KPR, ada yang nasabah KTA, ada yang nasabah KKB (Kredit Kendaraan Bermotor), intinya nasabah yang punya hutang sama si Mandiri. Temen gw ngeluh karena banyak nasabahnya yang sadar akan dosa riba, makanya banyak yang gak mau bayar lagi bunganya. Oke, di sini gw mau tegasin dulu, gw gak akan bahas dosa ribanya, tapi orang yang dapat 'hidayah'. 

Orang-orang ini, yang dapat 'hidayah' dateng ke bank, dan mereka ngomong ke temen gw gak mau bayar cicilannya lagi. Mereka beranggapan kalo riba itu dosa. Gak masalah kalo yang dateng berniat buat ngelunasin dipercepat hutangnya. Yang jadi masalah adalah, orang-orang yang ngomong dapat 'hidayah' ini, mereka gak mau bayar hutangnya.

He to the lo, hellooo, sejak kapan dengan ngomong dapat 'hidayah' semua utang lu dianggap lunas? Sejak kapan atas nama 'hidayah' hutang bisa di putihkan? Sejak kapan dengan ngomong begitu kau bisa berkelit dari bayar hutang?

Setau gw, di agama apapun, kalo lu judulnya HUTANG ya wajib BAYAR. Kan dari pertama lu bilang ke bank mau UTANG, ya berarti lu punya kewajiban buat BAYAR. Jangan dengan ngomong dapat 'hidayah', lu berusaha berkelit gak mau bayar hutang.  

Temen gw sampe geleng-geleng kepala ngeliat orang-orang model kaya gini. Dengan pakai agama, mereka beralasan gak perlu bayar hutang lagi. Setau gw, Nabi Muhammad mengajarkan umatnya buat membayar kalo berhutang. Sejak kapan kalo lu dapet 'hidayah' utang lu otomatis jadi hilang? 

Mau lu utang ke orang kek, ke institusi macem bank kek, ya bayar cuy. Enak sekali hidup anda dengan atas nama 'hidayah' lu berharp hutang lu di jurnal jadi piutang tak tertagih?

Gw cuman tepok jidat aja ngeliat kelakuan orang-orang kaya gini. Mbok ya jangan gitu. Hutang ya hutang, itu akan dibawa terus sampai mati. Jangan karena ribanya, lu tiba-tiba jadi gak mau bayar hutangnya. Masih bagus yang pelunasan dipercepat. La kalo pura-pura lupa trus gak mau bayar?

Hadehhh, kok ya ada orang-orang kaya anda. Jujur gw malah malu sama orang-orang kaya gini. Penampilannya agamis tapi kelakuannya mines. Mbok ya malu sama penampilan kalian. 

Kalian yang lebih paham agama, emang boleh yah, hutang gak di bayar?

Bukannya kaya gitu namanya menganiaya?

Kalo gw sih, hutang ya hutang. Ya wajib gw bayar. Kalo gak mau bayar ya jangan ngutang. Simpel kan?

Yasud yah, gini aja ghibah pagi hari ini, hahaha. Semoga hari kalian menyenangkan.

Bayyy.............

Post a Comment

77 Comments

  1. Dah mulai mual baca teks awal ditiap tulisan mu bang 😥

    Emang bahaya riba itu mengerikan bang, dan wajib dibayar pokok hutangnya. Tapi tidak dengan biaya denda, bunga, dan lainnya.

    Solusinya, diskusi dengan bank terkait, untuk membayar hanya pokok hutangnya saja. Tapi tidak dengan biaya denda, pinalti dll.. Karena tidak boleh dzolim, dibalas dengan dzolim (tidak membayar hutang)

    Sekian, minta duit ceramah bang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masalahnya bayar pokoknya aja enggak. Gimana dong?

      Delete
    2. Kalau melihat orang kelakuan ini saya juga ikut pening. Riba jika dianggap merugikan. Nah kalau dia pergi ke tanah suci atau yang paling entang menabung dibank? apa berani bilang riba itu haram? Sedangkan hampir semua segi ekonomi kini melibatkan perbankkan.
      Saya juga minta uang recehannya juga dong, kan sudah saya bela :D

      Delete
    3. Nah itu yang masalah kalau ogah bayar pokok-nya aja, apalagi si Bank udah meridhoi kita cuma bayar pokok.. Kebangetan tuu

      Delete
    4. Mas Djangkar-u Bumi
      Emang sulit mas, menghindari penggunaan fasilitas perbankan saat ini. Tapi kalau misal untuk tabungan haji, kan bisa gunakan tabungan tanpa tambahan (bunga/riba/bagi hasil).. Tapi perlu diketahui juga mas, riba ini bukan hanya di perbankan saja.. tapi banyak di kampung-kampung, desa-desa yang model rentenir atau koperasi yang meminta lebih dari uang pinjaman..

      belum dapat duit ceramah dari Mas Riza mas, ntar ya wkwkwkwk

      Delete
    5. Mas Djangkaru: Saya mah pusing kalo ngomongin riba-gak-riba, tapi setidaknya hutang pokonya dibayar, jangan kemudian ngeles dapat 'hidayah' gak mau bayar hutangnya.

      Mas Andie: Pak Ustad, saya gak punya duit, hahaha

      Delete
  2. boleh ketawa?

    jujur ya byk bgt org model gt dket lingkungan gw dan itu bukannya munafik ya? ya gpp sih hijrah pelan2 brubsh jd lbh baik, cm kan nek utang yo bayaren cuk!

    smoga mreka dpt hidayah deh mau bayar utangnya, sgra diselesaikan dan ga utang bank lg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu mbak, seenggaknya ada itikat baik buat bayar. Masa ngeles gak mau bayar, kan lucu.

      Delete
  3. sepertinya masbro nulisnya sambil emosi nih ya, wkwkwk ngeles cara pake hibah boleh juga

    ReplyDelete
  4. ketidaknyamanan memang sangat manusiawi kalau kemudian timbul emosi, karena nggak berani di hadapan yang bersangkutan, bagus juga di tumpahinnya di blog...lanjutkan hijrahnya dan marahnya ya mang....semoga marah-marah terus....ehh

    ReplyDelete
  5. wah benar-benar dapat hidaya itu. Kan sudah ada niat dan kesepakatan, berarti bukan riba. Walau niatnya itu dalam hati. Seharusnya dapat hidayah itu sebelum membaca brosur kridit :)
    Tapi ya maklumi sajalah, mungkin dia kurang banyak belajar. Atau mungkin terlalu sering melihat video youtube yang isinya suka sepotong-potong :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak tau. Tapi buat saya hutang ya hutang. Masalah mau gak bayar bunganya ya oke, asal pokoknya di bayar. Masa bunga+pokok sama-sama gak dibayar.

      Delete
  6. Jaman now banyak yang tidak mengindahkan hutang dan menyepelekan hutan, padahal hutang itu salah satu penghalang masuk surga lho kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masa sih?

      Makanya itu, kan harusnya ada itikad baik buat bayar yah. Jangan gak mau bayar. Ya bangkrut semua bank kalo modelnya gini.

      Delete
  7. bener banget.. balik lagi gimana niat ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkkk kang asnaji ikutan comment tah?? Btw ka riza jgn lp ganti profil jd blogger kak

      Delete
    2. Kalo jadi blogger foto ku gak mau muncul mbak -___-'

      Aku kan gak mau kalo ketampanan ku tertutup

      Delete
  8. yee senin kemarin aku cuti doong mas Riza, ekekek
    ya orang hutang kan ya mesti dilunasi ya, dududu. ada ada aja tuh orang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soal utang piutang harus berujung clear....kalau nggak nanti di tuntut lho...

      Delete
    2. Nah itu dia, makanya saya heran. Kok malah gak bayar setelah dapat 'hidayah'

      Delete
  9. Lhaaa,,, dapat hidayah bukan berarti lari dari hutang.. kalau mau pindah cicilan ya ga masalah,,, tapi yang namanya kewajiban tetap harus dibayar sih... ini namanya ngeblunder nasabahnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya. Dapet 'hidayah' kok habis itu gak bayar hutang. Enak sekali hidup anda.

      Delete
  10. Hahaha, Harusnya kalau dapet hidayah ya dilunasi dulu hutang2nya...
    kalaupun untuk menghindari riba ya, setelah ngutang ke Bank jangan diulangi lagi.

    Bereskan!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia mas, bener-bener gak ada itikat baik buat bayar hutangnya. Gw yang diceritain temen gw aja sampe malu.

      Delete
  11. Aduh masih ada iya yang kayak beginian,

    Mungkin menurut dia Definisi Hidayah itu bisa lepas dari hutang, aduhh gini amat alasannya.

    ReplyDelete
  12. Ada ya typikal orang kayak gitu ..., ngeles ngga mau ngembaliin hutang enak saja bilang itung-itung hidayah ... ckckckk ...
    Sudah lupa kali ya, pelajaran agamanya hahaha :D

    Sedikit saran:
    Sebaiknya blog segera saja diubah jadi profil pengguna Blogger, bukan G+ lagi, mas Riza.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada mas, entah beneran dapet 'hidayah' atau emang otaknya rada gesrek

      Delete
  13. Sayang hidayahnya pas lagi berhutang di bank konvensional, satu-satunya ya bayar ribanya terus taubat wk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya kan gitu. Pelunasannya dipercepat terus habis itu gak utang lagi ke bank. Soalnya kan dia udah tandatangan kontrak.

      Delete
  14. bang hutang jilbab elo belon lo bayar
    pan udah tanggal berapa ini wakakaka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Om ikrom, jangan keras-keras ngoomongnya. Kan aku malu....

      Delete
  15. Tuhaaaan, pliiis plisss, jgn sampe ada nasabah sarap gini dtg ke kantor ku ga mau bayar utabg hanya krn dpt 'hidayah'. Bisa emosi jiwa aku ngeladeninnya wkwkwkwkwkw.. enak bener idupnya. kalo ga mau byr bunganya lg, ya monggo lgs lunasin dong. dodol bgt nasabah model gini :D. hihhhh, pgn dilindes pake traktor..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lindes aja mbak, gw dukung...

      Wkwkwkwk

      Gw aja geleng-geleng kepala sama kelakuan orang macem gini. Pengen gw tampol.

      Delete
  16. Klu saran saya sich suruh orangnya banyak2 nonton ceramah Ustadz Abdul Somad dan Ustadz Adi Hidayat.

    atau lempar pertanyaan ke mereka tentang hukum membayar hutang.

    masih juga berkelit, panggil tuch ustadz yg mengerti hukum agama biar di ceramahin abis abisan... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak tau tuh dengerin ceramah uztad siapa. Masa utang gak perlu di bayar. Enak sekali situ.

      Delete
  17. itu hidayah atau salah satu cara untuk menghindari masalah yang mereka awali sendiri ya....
    padahal uda tahu riba. kenapa masih mereka lakukan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, heran saya. Harusnya kan dilunasin dulu semua habis itu gak ngutang lagi. Eh ini malah gak bayar sama sekali.

      Delete
  18. Perkara hutang kelihatanya sepela, tapi akibatnya ngeri berat. Orang yg mati syahid aja kalau utangnya blm di bayar, tetap aja bakal berurusan di akhirat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, kasih tau tu mas sama orang-orang yang rada gesrek gini. Biar mereka bayar utang. Kasian saya liat temen saya.

      Delete
  19. Kalau yang pada hutang nggak mau bayar bisa bangkrut nih banknya....jadi bayar dong hutangnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, masa gak mau bayar utangnya. Aneh emang.

      Delete
  20. Riba sih riba.. Tapi gak juga pas lagi ngutang baru nyadar riba.. Yang mulai kan harus mengakhiri.. hihi

    terima kasih udah mampir

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, harusnya kan dibayar lunas dulu semua, habis itu gak utang lagi. Ini malah gak mau bayar.

      Delete
  21. Ketawa dulu boleh ya ommmm.

    HAHAHAHAHAHA

    HAHAHAHAHAHA

    HAHAHAHAHAHA

    Udah.

    Namanya utang ya harus dibayar. Kalo yang harus dilestarikan namanya hutan. #ApaanSihMike

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu kok pintar sih nak

      Sini om ketjup doeloe...


      Emuaacchhhh



      *hoeeekkkkk*

      Delete
  22. Bener, hutang ya hutang, ga bayar sekarang ntar ditagih di akhirat lho

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya, masa bisa enak banget jawabnya 'dapat hidayah'

      Delete
  23. Udah tau riba itu dosa, tapi masih hutang ke Bank, suruh bayar gak mau.
    Em em em, kalo hutang memang wajib dibayar. Tapi kalo ribanya, kudu musyawarah dl sama pihak bank. Karna sblmnya kan pasti udh ada perjanjian...
    Bikin puyeng orang yg kaya gtu. Jangan" gak mampu bayar kali, makanya bilang dpt hidayah.

    Huft, jadi jelek kan hidayah dipake buat alasan gt😥

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya, kan keki banget saya denger cerita temen saya. Bikin malu aja kelakuan orang-orang kaya gitu. Gw punya nasabah gitu gw ajak ngopi, tapi kopinya gw taburin sianida.

      Delete
  24. wedewww.. selow banget tuh hidup nya orang-orang yang beli rumah, trus pake KPR gitu, trus gak mau bayar karna riba?? pengen bilang "kemana aja lu" huft.. seakan-akan ku ingin menjadi netizen julid.
    kalo gitu mah, nanti bisa aja smua orang beli rumah, tapi gak bayar karena takut riba wkwkw huftt hidayah oh hidayah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Orang kaya gini emang pantes dijulidin mas. Maki-maki kalo perlu. Gemes banget gila gw denger cerita temen gw

      Hahahaha

      Delete
  25. iyahhh,, kadang bingung.. Yah kalau takut Riba yah nggak usah utang dari awal.. Ini mah utang dulu n udh paham kalau ada bunganya. Abis itu uangnya dipakai, habis, terus tau kalau bunga di bank itu termasuk Riba.. terus jadi ogah bayar.. yah pikiran kaya gitu nggak main toh yahhh....

    Yang hutang tetep harus bayar, Jangan datang dengan cerita sedihnya, terus giliran udah dapet uangnya langsung nunjukin muka sumringah dengan segala janjinya.. ehh giliran udah makin kesini. Segala nomor segala koneksi di block.. Hello situ sehat???
    hahaha #uuppss jadinya curhat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Orang kaya gitu harus diruwat kayaknya deh mas, hahhaha

      Delete
  26. Hahaha kasih aja siandia bang.. Biar dia makin konyok hihi *eh jahad😂

    ReplyDelete
  27. Hutang harus dibayar.
    Hutang harus dibayar.
    Eh...
    Aku juga pengen ketawa sih sama orang-orang model begini Kak.
    Suka bawa-bawa nama agama, mungkin belajarnya nggak langsung ke orang yang benar (maksudnya sih kayak Ustadz / Kyai).
    Kadang-kadang banyak dari mereka yang aku tanya belajar dari mana, dari internet.
    Padahal dari internet sangat mudah dimanipulasi.

    Kalau saya sering dapat petuah dari guru-guru agama jika belajar agama / sekadar bertanya / diskusi bisa langsung sama kyai lokal yang melakukan kajian2 di kota tempat tinggal.
    Itu jauh lebih baik dari pada lewat internet.

    Semoga para nasabah ini bisa belajar dengan baik sehingga tidak malah salah jalan karena niat mereka sebenarnya baik, yaitu dapat hidayah.

    Aamiin...

    Terima kasih Kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, moga orang sedeng gini cepet tobat. Kebanyakan makan micin pa ya, makanya otaknya setengah gitu.

      Delete
    2. Haha... Sabar. Sabar.
      Mungkin mereka sekedar mau menghindar juga.
      Mari kita doakan yang terbaik saja untuk mereka ya Kak.
      Aamiin...

      Delete
    3. Iya, saya doain mereka buruan bayar. Kasian temen saya.

      Delete
  28. Nyesel kubaca, bikin auto ngakak saja ini. Ngebayangin nih muka cengo CS bank nya waktu ada yg bilang gak mau bayar hutang. Hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ihh Sandyal jepittt

      San, bayar utang BH-nya. Itu gak gratis, dikiranya endors kali.

      Delete
    2. Udah lah pemutihan aja, kan aku udah dapet hidayah Za 😆😆

      Delete
    3. Gak bisa san. Nnati aku makan batu kalo utang BH gak dibayar

      Delete
    4. Kamu makan batu aja gak papa. Aku rela za. Gak papa, orang kita udah gak pernah reunian lg inih 😄

      Delete
  29. Betul mas, orang yang punya hutang itu wajib membayarnya. Tapi kadang orang itu bisa seperti diatas, lupa atau bahkan tidak mw bayar hutang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya. Coba jadi nasabah gw, gw julidin sampe mampus. Mayan kan, gw bisa menyalurkan hobi nyinyir gw

      Wkwkwkwk

      Delete
  30. Sepertinya omnya Keenan ini lagi sibuk-sibuknya ya ..., belum nongol posting baru lagi.

    Keep spirit, maas ... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, mau SPT Badan

      Kepala saya lagi nyut-nyutan

      Delete
  31. Numpang ngakak. HUAKAKAKAKAK

    Gua mah lucu lihat orang yang MABOK AGAMA. Baru paham dikit aja, Ceramahnya kemana-mana. Kayak kereta api yangf panjang dan bahkan lebih panjang lagi. Miris deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener. Sok-sokan agamis tapi kelakuan masih mines

      Delete
  32. piutang tak tertagih, ha..ha...bikin inget jamannya sekolah aja. itu orang yang nggak mau bayar utang atas nama hidayah kayaknya lagi pada error deh, aneh tapi nyata....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anak akunting ya?

      Wkwkwkwk


      Iya mbak, gemes banget gw pas diceritain temen gw. Kok ya ada orang macem gitu.

      Delete

Cieeehhhhh yang abis baca blog gue sambil ketawa-ketawa, kasih komentarnya dong sayy....