Pelajaran Berharga dari Adanya Musibah Covid-19

Hai semuaaa

Ya ampun gw lama gak nulisss

Malu gw sama kalian

Hahahahaha


Gimana, kalian pada sehat-sehat semua kan?

Gw harap kalian selalu sehat dan gak kenapa-napa. Apalagi lagi musim koronah gini.

www.freepik.com

Kok gw merasa si korona ini gak ilang-ilang yah? Iya gak sih? sampai akhirnya di Jakarta dilakukan PSBB. Dua minggu cuy ! Gw kira abis PSBB langsung udahan masuk kaya biasa. Eh enggak juga. Malah diperpanjang. Makin lama dah gak masuk kerjanya. 

Nah karna perpanjangan inilah mulai banyak yang merasakan akibatnya. Dari yang gajinya dipotong 10% lah, 30% lah, 50% lah, atau lebih parah di PHK. Kasian banget ya Allah gw liatnya. Lagi jaman susah gini malah ada yang di PHK. Apa kabarnya orang-orang yang kaya gitu? Gimana cara dia memenuhi kebutuhan hidupnya? Gimana bayar cicilannya? Auk ah gelap. Gw cuman bersyukur aja gw masih dikasih kantor yang baik. Yang walopun PSBB gini gaji masih utuh. Alhamdulillah...

Yah walopun akhirnya gw masuk kaya biasa di masa PSBB gini. Sebenernya kantor gw dikecualikan dari PSBB. Karena kantor gw yang sekarang jualannya bahan pokok. Mana boleh libur. Bisa terjadi kelangkaan di pasaran. Soalnya kami produsen. 

Dari adanya musibah korona ini, gw mengambil sebuah pelajaran berharga. Setiap orang wajib punya yanga namanya dana darurat. Dan gw malah bersyukur, gw udah melakukannya jauhhh sebelum adanya musibah ini. 

Berkali-kali gw singgung di blog ini, bila ada pos yang penting tapi banyak orang justru gak punya. Yaitu alokasi dana darurat. Dengan punya dana darurat, kita jadi gak merasa was-was kalo terjadi hal-hal diluar dugaan macem musibah ini. Makanya gw bilang, setiap orang wajib punya. Gimana caranya? Ya nabung lah. Gak ada cara lain. Dana darurat bisa dibangun dengan menabung sedikit demi sedikit. Uang itu tidak boleh diutak-atik dan hanya boleh digunakan kecuali saat-saat darurat. Jadi kalo pas lagi ada musibah kaya gini lu gak kuatir.

Gw yakin habis baca postingan gw ini pasti mikir: apa bedanyanya tabungan sama dana darurat? 

Iya kan?

Pertanyaan bagus !

Jawabannya: beda !

Sesuai dengan namanya, dana darurat bisa dipakai saat darurat. Sedangkan tabungan bisa dipakai kapan saja ketika kita memerlukan. Makanya yang betul, membangun dana darurat itu harus di rekening yang terpisah. Pun demikian dengan tabungan, dia juga harus di rekening yang terpisah. Boleh dalam satu bank yang sama, ataupun beda bank. Kalo gw sih lebih prefer beda bank. Kalo perlu pakai bank yang atm-nya susah di cari jadi tangan gak gatal. Lebih bagus lagi gak ada atm-nya. 

Jadi gimana kalian udah punya belum dana darurat?

Yasud yah, bayyy....

Post a Comment

38 Comments

  1. Yapzz dana darurat...
    Alamak dana darurat ane cuma cmiww..
    Dari awal kerja dana darurat cuma saving dikit2, yah nggk mikir kalau bakalan ada musibah kaya beginian.
    Tabungan yah Insha Allah aman dari godaan belanja online..

    Skrang kudu ngitung, karena nggk tau apa yg bakal terjadi sama pabrik tempat gue gawe.. jadi nabung harus bisa lebih giat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener. Kita gak akan pernah tau masa depan kaya gimana. Kalo terjadi kemungkinan terburuk seenggaknya kita masih bisa bernafas lega kalo punya dana darurat. Gak kelimpungan ngutang sana-sini.

      Ayok giat menabung bay ! Biar bisa punya banyak kontrakan, wkwkwkwk

      Delete
  2. samaan dong mas, gak ada libur kantor.. hiks.. belum pernah ngerasain wfh aku tuh, udah mana setiap hari PP naik kereta.. 😭

    setuju aku, kalo kita wajib banget punya dana darurat.. jadi bisa dipake disaat urgent seperti skrg yaa.. sedih juga banyak yg di phk.

    Alhamdulillah bgt kantor ku dan suami gak ada phk dan gaji juga tetep utuh.. bersyukur bgt..

    semoga pandemi ini segera berakhir.. Amiinn..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah banget mbakkkk...

      Kalo liat orang pada di PHK gw langsung bersyukur gw masih gawe. Lebih bersyukur lagi gaji masih utuh. Gara-gara korona gw jadi giat banget nabungnya. Takut kalo kenapa-napa. Seenggaknya kalo makin parah gw udah mempersiapkan masa-masa itu.

      Semoga sih gak kenapa-napa. Bisa amsyong kalo di PHK.

      Delete
  3. Bener banget tuh Mas, kita harus selalu sedia dana darurat. Nggak apa-apa nabungnya sedikit demi sedikit,y penting jangan diutak atik hingga benar-benar dibutuhkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener....

      Pokonya gak boleh dipake dengan alasan apapun, kecuali itu udah langkah terkahir. Ayo giat menabung !

      Delete
  4. Betul sangat kudu punya tabungan. Sekali waktu ada kejadian seperti ini lagi udah ngga kebingungan.
    Terkadang sungguh menghernankan juga sih lihat pekerja, termasuk eks teman-teman kerjaku yang jor-joran gaya hidupnya ..., dalam hati cuma mbatin apa ya ngga khawatir kalo tetiba misalnya tempat kerja tutup atau kena phk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu. Harus bisa mawas diri.

      Udah bukan waktunya untuk hura-hura. Giat bekerja, giat menabung, nanti bisa jadi orang sukses. Lebih baik hidup sederhana tapi isi tabungan banyak daripada keliatan wah tapi gak punya tabungan.

      Nangis gw kalo liat isi tabungan kosong di masa-masa kaya gini.

      Delete
  5. Setuju. Perlu tuh, yang namanya dana darurat. Tapi, dana darurat juga bisa tidak dalam bentuk tabungan, lho. Asuransi juga termasuk dana darurat, tapi emang tidak secair tabungan kas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda mbak

      Asuransi itu proteksi, gak bisa disamakan dengan tabungan atau dana darurat. Jangan sampai salah naroh uang mbak. Kalo gak bisa ditarik pas lagi butuh bisa amsyong anda....

      Delete
  6. gue baru mengumpulkan dana darurat ketika covid-19 ini menyerang,, anjaaay telat bgt, ternyata sangat penting di saat2 seperti ini. tobaaaat..

    -traveler paruh waktu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduhhhhh

      Tobatttt, jangan piknik mulu. Udah diem di rumah dulu. Banyakin nabung Bar. Kita gak pernah tau masa depan kaya gimana. Seandainya terjadi kemungkinan terburuk sekalipun, kita udah siap karena punya tabungan dan dana darurat.

      Delete
  7. Dana darurat, alias menguras isi tabungan
    Sudah tiga bulan lamanya ini virus corona
    Dana darurat semakin mengkawatirkan keadaannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener mas. Bikin deg-degan kalo gak selesai-selesai. Semoga cepet pulih ekonomi jadi bisa makin giat bekerja lagi.

      Delete
  8. Bangeet donk, kalo gak... Ya kayak gini ini wabah yg ga disangka"ga tauk kapan berakhirnya, seenggaknya buat jaga" jangan sampe merana beberapa bulan kedepan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener mbak, huhuhu

      Gw aja yang udah punya dana darurat takut kalo terjadi kemungkinan terburuk. Lagi masa kaya gini semua kemungkinan bisa terjadi.

      Delete
  9. TUMBEN NEH ARTIKELNYA BERMANFAAT. AHAHAHA
    Sepakt sih memang kudu punya dana darurat buat jaga2 di saat kondisi kaya sekarang.. Smga rizeki kita lancar trs ya biar bisa isi tabungan dan dana darurt :)

    ReplyDelete
  10. apalagi aku wkwk. penulis pemula

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya, rajin nabung dari sekarang. Jadikan ini sebagai pelajaran berharga.

      Delete
  11. Seharusnya " Danrut " Dana Darurat milik Mas Riza dibagi bagi sikit ke kami, biar kami bisa merasakan bagaimana " indah dan Nikmatnya " Dana Darurat, hahahaha.....( ketawa sambil guling - guling ) 😆😅😆😆😆😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngokkkkk

      Anda senang saya nangis itu mahhhh

      Delete
  12. Saya sebal, dana darurat bahkan saya sembunyiin dari suami, ujung-ujungnya kepake juga saking nggak tega sama suami hahaha.
    Butuh partner yang memang sevisi memang kalau ngomongin dana darurat, meski dulu sejak saya masih single, informasi belum sebanyak sekarang, saya selalu keep dana yang nggak boleh diutak atik.

    Sayangnya setelah menikah terlebih punya anak, dana itu selaluuu aja ditemukan oleh pengeluaran.
    Hhhh... cuman bisa narik napas huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mari mulai menabung lagi mbakkkk

      Semangat !!!

      Delete
  13. Dana Darurat itu penting banget menurut saya, sudah sejak beberapa tahun dari pertama kali saya tau soal Dana Darurat, saya sudah mengumpulkannya dan saya simpan untuk hal-hal yang memang urgent :D jadi ketika ada si Coro seperti sekarang, kehidupan tetap stabil karena ada Dana Darurat yang ready apabila dibutuhkan :3

    Semoga semakin banyak yang aware akan pentingnya Dana Darurat ya, mas :>

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aminnn

      Iya mbak bener banget. Dana darurat itu MUST !

      Wajib banget punya setiap individu.

      Delete
  14. nahhh itu betul, buka rekening di bank yang jarang ada di pusat kota, misal BPR, nah aku bikin rekening disini, jauh beud dari kota hahaha, niat banget ya.karena BPR, bunganya gede juga, makanya aku tertarik.
    lama-lama karna kok merasa jauh, jadi jarang keisi rekeningnya, akhirnya bikin rekening baru lagi dengan maksud misahin dana hura hura sama simpenan kayak gini. intinya emang kudu niat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener. Bukan cuma niat, HARUS memaksa diri. Suer deh, walopun ngumpulinnya dikit-dikit. Pas suatu saat dibutuhkan, kita akan bersyukur banget karena udah mau berkorban buat menabung.

      Delete
  15. Dana darurat, sepertinya aku belum punya bang, tapi kalo tabungan sih ada walaupun ngga seberapa.

    Ternyata penting banget ya ada dana darurat apalagi disaat seperti ini.:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dipisahin mas Agus. Jangan digabungin. Dana darurat khusus kalo urgent. Kalo tabungan bisa dipake kapan aja. Tapi tetap, selama bisa dihemat, jangan sampe kepake dua-duanya.

      Delete
  16. Saamaaaa punyaku juga gak libur, malah tugas makin menumpuk, uwuwuwu

    Btw dana daruratku kuambil dari tabungan, karena kalau bikin rekening lagi kok ribet yaa, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dipisahin mbak kalo bisa. Cash juga gak papa. Asal jangan dipake kalo gak bener-bener darurat. Pokoknya jadikan itu sebagai pilihan terakhir.

      Delete
  17. punya dongggg. di rekening suamik. kl di rekening ai jadinya dana belanja hahahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwk, elu mah sama bini gw sama aja. Semua duit yang masuk rekeningnya artinya duit belanja.

      Akhirnya ya duit darurat gw deh yang megang. Takut dia khilap trus pindah ke rekeningnya Shoope atau Tokopedia

      -___-'

      Delete
  18. Samaaa mas. Akupun kdg sedih liat temen2 yg gajinya disesuaikan, ato malah ada yg dirumahkan dulu. Sampe gaji asistennya di rumah juga terpaksa disesuaikan.

    Bersyukur kantorku malah ngasih covid allowance selama may kemarin. Tp cm 1 bulan itu doang :p. Gpp lah yg ptg gaji utama dan benefit ga dipotong.

    Dan skr baru kebuka yaaaa mata kalo yg namanya dana darurat itu amaaaat sangaaat pentiiiiiing . Alhamdulillah aku punya dana darurat, dan blm kepake dlm masa kritis covid ini, Krn gajiku dan suami jg msh difull dibayar.

    Tadinya udh kepikiran, apa ini saatnya dana darurat bakal kepake.. tp Krn msh Nerima gaji, kami putusin utk ttp simpen itu dana. Ntrlaaah, kalo memang ada saat yg LBH genting LG dr covid ini. Pelajaran yg aku dpt yaa, jd LBH semangat sih nabung dana darurat ini. Apalagi traveling dlm wkt Deket sepertinya bakal g ada , sampe aku yakin vaksinnya udh ada ato kondisi udah aman. Jd sementara budget traveling aku msukin ke dana darurat :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbakkk

      Gw dana-dana yang gak penting langsung gw pangkas semua. Duitnya semuanya langsung gw masukin dana darurat sama tabungan. Nabung sebanyak-banyaknya pokoknya sekarang program gw. Gak ada itu beli kaos-kaos lucu lagi.

      Takut banget gw kalo di PHK. Mana bini lagi hamil gini. Mending nabung. Udah paling bener itu.

      Delete
  19. bagi saya even bukan kerana corona pun kita memang perlu ada dana darurat. sadly said, ada yang bekerja tapi simpanan RM1k pun tak ada...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu berarti ada salah dalam pengelolaan keuangan.

      Delete

Cieeehhhhh yang abis baca blog gue sambil ketawa-ketawa, kasih komentarnya dong sayy....