SKRIP(SHIT)SI LAGI

Hai.. hai.. semua

Sori-sori baru nulis lagi

Langsung aja ya, sesuai dengan judul diatas, nyonge mau cerita tentang skrip(shit)si gw.

Jadi kemaren pas gw buka email, ada sebuah email masuk ke email gw, isinya begini nih:

'Halo selamat pagi'

'Nama saya xxxx (sensor), saya mahasiswa di xxxx (sensor) semester 7. Kemarin saat saya ke perpustakaan saya menemukan skripsi anda, dan setelah saya baca isinya sangat menarik sekali. Saya tertarik untuk melanjutkan skripsi anda dengan mengubah pada beberapa variabel dan mengubah alat analisisnya. Di dalam skripsi saya, saya ingin menambahkan FRAUD sebagai variabel intervening. Saya mengharapkan bimbingan dari anda dan saya akan sangat senang sekali apabila anda mau memberikan saran untuk penelitian saya.'

'Terima Kasih'



ASTAAGGAAAAAA...

Gue terharu banget ada anak yang mau dan sudi membaca hasil skripsi gue dan hebatnya dia mau melanjutkan kembali skripsi gw berdasarkan saran yang ada di hasil penelitian gw. Sumpah ya mimpi apa gw semalem ada anak rajin mau repot-repot melanjutkan penelitian gw. Buat yang belom tau skripsi gw judulnya:

MODERNISASI SISTEM ADMINISTRASI PERPAJAKAN DAN PENCAIRAN TUNGGAKAN PAJAK DENGAN SURAT PAKSA TERHADAP PENERIMAAN PAJAK

Jadi judulnya dah keliatan kan skripsi gw tentang apa??

Yak benar, perpajakan sodara-sodara !!

Ilmu yang sangat momok bagi anak-anak akuntansi, tapi buat gue itu adalah studi yang sangat menarik. Perpajakan ini emang susah kalo kita gak paham dengan betul UU nya.

WHAT?? UU?

Iya bener, di perpajakan kita punya UU sendiri, dan kita harus bener-bener paham mana pasal yang digunakan dalam pengenaan pajak. Sebenernya gw itu rada menyesal ambil pajak. Bukan menyesal ilmunya, tapi menyesal karna lama banget penelitiannya. Gw si sebernernya paham banget kalo neliti pajak maka konsekuensinya skripsi gw bisa lama. Tapi gw ambil resiko itu karna gw pengen bener-bener ngerti sistem perpajakan di Indonesia.

Oh ya biar gak bingung, gw jelasin dulu tentang skripsi gw:

Variabel X1: Modernisasi sistem administrasi perpajakan
Variabel X2: Pencairan tunggakan pajak dengan surat paksa
Variabel Y  : Penerimaan pajak

Biar lebih heboh bentuk datanya:

Variabel X1: Primer
Variabel X2: Sekunder
Variabel Y  : Sekunder

Hayoohhh kono, mateng rag koe !

Sumpah ya untuk menyelesaikan skripsi ini, gw butuh waktu 11 bulan. Buat bikin proposalnya aja bisa setengah tahun sendiri, terus penelitiannya 3 bulan, olah data sama bab 4+5 dua bulan sendiri. Bener-bener dah, emosi, tenaga, pikiran gw terkuras banyak.

Mau tau susahnya ambil skripsi pajak???

Oh ya gw ambil penelitiannya di semua KPP satu Semarang, ada 7 lah pokoke. Apa itu?? Browsing dewek!

Sebelum lo mau penelitian, elu harus bikin proposal dulu. Karna KPP mensyaratkan adanya proposal untuk penelitian kita. Karna bentuk data gw yang ribet bin ajaib, gw sampe enam bulan brohhh bikinnya. Kenyang banget ah gw liat muka dosen gw yang kaya tai itu !

Setelah proposal jadi, kita harus bikin surat ijin penelitian dari kampus, terus serahin itu sama proposalnya ke KPP. Habis itu ngapain za??

Habis itu, elu asoy geboy aja di rumah. Karna kita nanti akan dipanggil sama KPP buat di interview sama DIREKTUR KPP ! *semaput*

Astaga, gw pas di interview udah kaya ikut ujian kompre !
Hell noww, mana gw gak belajar, gw ditanya-tanya skripsi gw dengan detil T_T

Dari 7 KPP, hanya 2 yang kasih green light buat penelitian. Satu di KPP Semarang Barat, satunya lagi di KPP Semarang Tengah II.

Di KPP Semarang Barat santai banget mah interviewnya, sekitar setengah jam. Udah gitu kita dikasi teh botol SOSRO pula. Yang paling berkesan di KPP Semarang Tengah II. Astaga galaknya direkturnya !
Gw di interview kaya lagi di sidang. T_T

'Anda tau gak, skripsi anda itu bagus, tapi bentuk datanya itu sangat adsurb. Lalu bagaimana anda akan mengolah datanya?'
'Saya akan pakai SPSS kemudian saya jabarkan dengan analisis Deskriptif'
'Analisis deskriptif???  Jangan bercanda anda !!!! *sambil banting proposal*
T_T

yaa, pokoke gitu lah ya, panjang ceritanya...

Dan itu interview 3 jam sodarah-sodarah...

Dari jam 2 siang sampe jam 5 soreee!!!! T_T

Keringat gw sampe berpeluh-peluh tegang mikirin jawaban dari setiap pertanyaan bapaknya..

Walopun begitu akhirnya gw dikasih ijin penelitian (yeeeee)

And you know what? walopun KPP Semarang Tengah 2 gak enak banget interviewnya, tapi semua petugasnya paling kooperatif. Mereka kasih banyak masukan yang berguna banget buat skripsi gw.
Terus apa kabar dengan Semarang Barat?

Ahh, lupakan mereka. Mereka kalo dimintain data suka lempar-lempar tanggung jawab.

For your info, data gw gak langsung jebret dapet semua. Baru lengkap 2 bulan kemudian gilaaa-___-'

Jadi dikasihnya dikit-dikit, soalnya masnya musti cari-cari datanya dulu-___-'

Akhirnya, setelah bergelut jadi juga skripsi gw dan mengantarkan gw jadi sarjana ekonomi.

Special Thank to Anik Fatun Najahningrum yang udah banyak membantu dalam penyelesaian skripsi gw. Buat yang gak tau siapa dia bisa baca di sini

Buat adeknya, akhirnya gw bales emailnya:

'Halo selamat pagi juga'

'Wah makasih lo dek, udah baca skripsi saya dan berniat mau melanjutkan penelitian saya kembali. Saya sampe terharu bacanya, apalagi mau ditambah variabel intervening dalam penelitiaanya.'

'Maaf bukannya mau menurunkan semangat, tapi apa gak coba neliti yang lain aja?'

'Soalnya penelitian tentang perpajakan rata-rata lama lo, adek juga harus punya kesabaran tingkat dewa dalam menghadapi berbagai birokrasi yang ada ditambah perilaku orang-orangnya.'

'Apalagi skripinya mau ditambah variabel intervening, aduh itu sih bisa tambah lama lagi. Adek siap ngeliat temen-temen yang lain pada udah lulus duluan sementara adek masih bergulat dengan skripsi?'

'Kalo saya boleh saran sih, AMBILLAH SKRIPSI YANG MUDAH DAN ADEK MUDENG. LEBIH OKE LAGI KALO DATANYA MUDAH DI DAPAT.'

'Lupakan tentang egoisme ketika ingin cepat selesai skripsi, karna yang penting toh cepet rampung dan lulus. Lagi pula skripsi gak di pakai di dunia kerja. Kecuali kalo adek mau sekolah S2 dan ingin bekerja di bidang akademik itu baru lain cerita.'

'Tapi kalo adek bersikukuh dengan penelitian diatas, ya monggo saja. Saya siap membantu kalo dibutuhkan, tentunya semampu saya'

'Terima Kasih'


Wkwkwkwk, gak mutu banget ya saran gue

Tapi gw bisa kasih saran kaya gitu soalnya gw udah pernah ngerasain. Ngapain bikin skripsi bagus-bagus kalo selesainya lama. Mending yang gampang aja jadi cepet lulusnya. Toh pas interview kerjaan juga gak ditanyain.

Yauda gitu aja yak, kapan-kapan gw cerita yang lain lagi



Post a Comment

28 Comments

  1. Permisi mas,nama saya mayang saya kebetulan ambil penelitian juga d kpp dan udah masukin surat ke kpp candisari, terus mau masukin juga smrg tengah 1 dan 2, kira2 prosesnya waktu itu mas seberapa lama ya smpai acc? Oiya, saya boleh minta kontak mas yg bisa d hubungi sekedar utk bertanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Prosesnya sekitar seminggu atau dua mingguan gitu. Silakan adek email no hp adek ke : rizaalhusna89@gmail.com

      Nanti saya kirim no hp saya.

      Delete
  2. Selamat siang. Saya Renny. saya juga rencana akan penelitian untuk skripsi di KPP. biasanya data apa saja yang bisa kita minta d KPP ya?

    ReplyDelete
  3. Selamat siang. Saya Renny. saya juga rencana akan penelitian untuk skripsi di KPP. biasanya data apa saja yang bisa kita minta d KPP ya?

    ReplyDelete
  4. Selamat siang. Saya Renny. saya juga rencana akan penelitian untuk skripsi di KPP. biasanya data apa saja yang bisa kita minta d KPP ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya data apa saja bisa diminta asalkan kita gak minta data wajib pajak. Serius mau neliti pajak? Lama lo. Orang pajak kalo gak didatengin tiap hari gak dikerjain sama mereka.

      Delete
  5. Siang mas,,, data wajib pajak yg tdk bisa diminta data pribadinya ? kalau data jumlah wajib pajak daerah bisa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, data pribadi emang gak boleh diminta. Data disini data jumlah wajib pajak, lalu jumlah penerimaan pajaknya, gitu-gitu.

      Delete
  6. Slmt mlm, kalau minta berapa data wpop yang terdaftar di kpp gimana ?

    ReplyDelete
  7. Terus selain minta data ke kpp option lain buat dapetin data gimana dong kaaa😥

    ReplyDelete
  8. Selamat malam mas..saya jg riset di kpp boleh tanya gk kl qt udh dikasi ijin sm pihak kpp jg kanwil terus kita kan disuruh ke kpp lg . Nah hbs itu kita ngapain lg ? Masalahnya aku datanya pake kuesionerkuesionerdan aku gtw harus ngapain hahah bingung riset sendiri dan blm pernah. Apa nnt diarahin ya sm orang kppnya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak. Kita yang mau neliti WP atau pegawai pajaknya? Kalau WP ya kita sebar-sebar sendiri ke WP yang lagi lapor. Kalo ke pegawai KPP ya kita titipin aja ke salah satu pegawainya. Gitu doang.

      Delete
  9. Kalo kita nyebar kuesioner kan berarti tiap hari harus kesitu . Nah kl tiap kita dateng ke kpp trus mau nyebar harua ijin dulu apa lgsg myebar aja mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak, langsung nyebar aja. Tapi disiapin juga bolpennya. Terus jangan maksa. Kalo WP nya gak mau ya udah. Pokoknya jangan maksa, nanti kita diomelin sama orang KPP.

      Delete
  10. Maaf mas saya masih maba semester 2 dan mengambil jurusan administrasi perpajakan, menurut mas apa saja yg perlu saya siapkan mas untuk skripsi nanti, misal selain membaca skripsi kakak2 yang sudah meneliti perpajakan, karena memang yg saya tahu menelitinya memerlukan waktu yang panjang, makasih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cari tema yang segampang mungkin dek, jangan yang susah-susah. Nanti susah penelitiannya.

      Delete
  11. Ka saya rencana mau riset di KPP juga, tapi saya pake metode wawancara, kira kira lama juga ga prosesnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang diwawancara siapa dek? Kalo petugas ya nunggu longgarnya petugasnya. Kalo Wajib Pajak ya harus ijin dulu sama KPP. Terus nanti gak boleh maksa kalo Wajib Pajak gak mau diwawancara.

      Delete
  12. Luar biasa pengalamannya kk ngakak terus bacanya tp masih mikir nih sy ambil skripksi ke kpp atau gk masih cari judul btw sy jurusan akuntansi konsentrasi perpajakan. Salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ambil yang semudah mungkin dek. Lama soalnya kalo ambil pajak.

      Delete
  13. selamat sore mas saya lia mau tanya tentang pengajuan proposal untuk diserahkan ke kpp itu bisa didapat dimana ya soalnya saya cari tidak dapat, apa mas bersedia untuk share proposalnya gitu hehe terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Proposal skripsi itu biasanya dibuat sebelum kita skripsi. Ini sebenernya bab 1,2,3 yang digabung. Kalo ditelaah proposalnya jadinya bab 1,2 sama 3. Emang waktu mau bikin skipsi gak buat proposal dulu?

      Delete
  14. Mau nnya kalau mau minta data dan nyebar kuisioner ke KPP aja langsung nyerahin surat univ + proposal? Atau ke kanwil dulu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ke kanwil dulu buat dapet ijin. Nanti kalo udah dapet ijin baru ke KPP tempat kita mau penelitian.

      Delete
  15. Selamat pagi mas, saya mau nanya saya kan mau ambil data tentang penerimaan pajak, dari target penerimaan sampe realisasinya kira2 susah tidak ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Susah sih enggak, tapi yang pasti lamaaaaaa bangetttt dapet datanya. Apalagi kalo lagi covid gini. Banyak pegawai pajak yang WFH.

      Delete

Cieeehhhhh yang abis baca blog gue sambil ketawa-ketawa, kasih komentarnya dong sayy....