Hai semuah....
Apa kabar??
Yayaya, hari ini mau nulis lagi tentang pajak. Yah kali-kali aja berguna buat elu semua.
Gak deng, sebenernya ini curhatan gue tentang kring pajak.
Sebagai sebuah institusi milik pemerintah, departemen perpajakan telah meluncurkan call center bernama 'Kring Pajak' yang bernomor 1500200. Iyah, entah kenapa semua call center sekarang pake angka 1 di depannya. Perubahan ini terjadi mulai tahun lalu. Dan bukan kring pajak aja lo yang berubah, tapi semua call center.
Sebagai orang yang hobi neror call center (hahaha), maka ketika gw mengalami kesulitan dalam pekerjaan gw, yang sering berhubungan dengan perpajakan, maka orang pertama yang akan gw tanyain adalah call center. Kalau gw belom merasa puas dengan jawaban mas-mas call center, maka gw akan menelepon AR (Account Representative) gw. Iya gw bilang mas-mas, karna selama ini entah kenapa semua yang angkat telepon gw kalo nelpon call center itu yang angkat pasti mas-mas. Gak pernah tuh gw dijawab sama mbak-mbak.
Dari semenjak no call center masih 500200 sampai sekarang jadi 1500200 gw gak pernah melihat adanya perubahan dari pelayanannya. Lu bayangin aja, bukannya gw alay, rekor tercepat gw nelpon call center adalah setelah mencoba 9 kali (semaput !) dan rekor terlama setelah gw coba nelpon 17 kali !!!
Menurut ngana???
Yaelah gimana orang mau pada bayar pajak kalau mau cari informasinya aja susahnya minta ampun. Halo Pak Jokowi, Pak Menteri Keuangan sama Pak Dirjen Pajak, udah coba nelpon call center 1500200? Kalo belom buruan gih dicoba, kalau dalam waktu kurang dari 3 kali menelepon langsung nyambung saya beri 2 jempol ! Yaelah pak, gimana mau naik penerimaan pajaknya, kalau pelayanan call center-nya aja sangat menyedihkan. Call center itu ujung tombak pertama dalam pelayanan perpajakan. Orang kalau mau cari informasi pasti yang ditelepon duluan call centernya, bukan kantor pajaknya. Kantor pajak itu biasanya no ke dua. Heran deh gue, apa ya orang call centernya cuman satu orang jadinya buat hubungin mereka gw harus gantian sama orang satu Indonesia? Yang ada mah gw udah mangkel duluan gegara gak bisa hubungin mereka, akhirnya jadi tambah males tertib bayar pajak deh.
Kalau mau meningkatkan penerimaan ya ditingkatkan dulu pelayanannya. Salah satunya adalah mempermudah menghubungi call center. Seharusnya call center kring pajak lebih mudah dihubungi daripada call center bank. Jadi dengan kemudahan tersebut, orang akan gampang mencari informasi tentang perpajakan. Implikasi akhirnya orang akan jadi tambah tertib dalam menyetorkan dan melaporkan kewajiban perpajakannya.
Udah gitu aja uneg-uneg gue sama pengalaman gue menggunakan pelayanan Kring Pajak. Cuma dua kata buat kring pajak; capee dehhh...
Baca juga: Tips Menghubungi Kring Pajak
Baca juga: Tips Menghubungi Kring Pajak
44 Comments
Kirain saya aja yg lagi pusing mau kontak kring pajak. Ternyata.. Ya sudahlah, semoga kring pajak dapat memperbaiki diri.
ReplyDeleteKirain saya aja yg lagi pusing mau kontak kring pajak. Ternyata.. Ya sudahlah, semoga kring pajak dapat memperbaiki diri.
ReplyDeleteselamat ! anda sudah kena jebakan batman !
Deletehahaha
semoga tuhan memberkati kantor pajak
ReplyDeletesemoga orang-orang didalamnya segera disadarkan-__-'
DeleteTernyata banyak juga yang mengalami nasib yang sama seperti saya. Setiap kali saya coba menelpon Kring Pajak, selalu saja tidak bisa.
ReplyDeleteselamat gan, anda adalah salah satu orang yang dikerjai kantor pajak, wkwkwk
Deletesaran gue, coba terus sampe nyambung. yah minimal 7-10 kali lah, hahaha.
ah.. ternyata ga sendirian...
ReplyDeletemasih banyak korban yang lainnya
horee..
Deletetemen gue banyakkk..
hahaha
kring pajak dan Kantor Pajak sama aja susah buat diajak ngobrol :(
ReplyDeleteSabar yah..
DeleteDisitu saya merasa sedih
kring pajak kemana yaaaa ? kok ga bisa dihubungi...
ReplyDeleteKayaknya petugasnya cuman satu deh, jadi gantian sama orang satu Indonesia
DeleteIdem...bilangnya Petugas Pajak sedang melayani orang lain mulu...Payah banget
ReplyDeletedisitu kadang saya merasa sedih...
Deleteparah, itu kantor pajak atau orang yg di tagih hutang nya seh, kok susah bener di hubungi
ReplyDeleteCoba deh gan telpon, tapi jangan mangkel kalo gak nyambung
DeleteHahaha
Besar Harapan seperti WP seperti kami kami,,, padahal notabanenya kita akan membayar.... INI NEGARA PUNYA LOOHHH!!!! Kenapa susah, Ternyata banyak yg sama dg saya,,,, sungguh disayangkan
ReplyDeleteBesar Harapan seperti WP seperti kami kami,,, padahal notabanenya kita akan membayar.... INI NEGARA PUNYA LOOHHH!!!! Kenapa susah, Ternyata banyak yg sama dg saya,,,, sungguh disayangkan
ReplyDeleteHoree temennya banyakkk !!!
DeleteTenang gan, yang dikecewain sama kring pajak banyak. Bikin surat pembaca aja gan, biar pada sadar mereka.
Paraaah banget yah emang kring pajak. gue coba telpon ampe pegel ga nyambung2. atasan gue ngomel gue gabisa nanya ke kring pajak, derita gue sih. tapi kesel jg call center penting malah gitu pelayanannya, hhhhhf
ReplyDeleteDicoba terus kaya gue sis. 9 kali atau 17 kali berturut-turut. Tapi kalo gak nyambung ya jangan mangkel, hahaha.
Deleteudah sampe eneg2 nih tiap kali telf sllu pelanggan yang ada maaf pelanggan yang anda hubungi sedang diluar service area....hellooo..saia tak btuh maaf tapi butuh diangkat telfnya..huft.
ReplyDeleteSabar mbak, hahaha
DeleteKalo nelpon call center atau kantor pajak itu harus pake gaya neror. Telpon terus sampe diangkat. Tapi ya itu, makan ati T_T
"maaf pelanggan yang anda hubungi sedang diluar service area" hanya itu saja yang saya dengar setiap x nelpon pajak
ReplyDeleteCoba terus sampe diangkat, emang kaya gitu kok
DeleteNelpon call center atau kring pajak itu artinya ujian kesabaran.
Nanya ke help desk dirujuk ke AR, nanya ke AR dirujuk ke call center, pdhal kalu inget call center yg 1500200 lgs muntah-muntah. bijimana gak males ngitung pajak.....baru ngitung lho ya..!!! apalagi mau bayar....hadeeeewwww, tp kalau gak dibayar ntar dikirim kirim surat...ditagih tagih....., mau pindah negara gak punya duit. wottehelisgoinon???????????????
ReplyDeleteHahaha, sabar pak..
DeleteKalo bapak udah tau AR-nya, langsung teror AR-nya aja. Inget pak, TEROR ! Saya sering gitu soalnya.
Tapi kalo masalah sistem harus tanya ke call center 1500200. Ya gitu, pake sistem TEROR. Percobaan pertama gagal, langsung telpon lagi, gagal, telpon lagi, terruuussss gitu sampe nyambung. Kalo masalah sistem mah yang pinter call center, AR mah cupu-cupu semua -__-'
Kalo mau belajar kesabaran ya nyoba menghubungi kring pajak atau kantor pajak. Pokoknya harus punya kesabaran seluas samudra....
Bener banget tuh kata bung Arif, Saya sndiri sudah mengalami tuh ada troubble di E-Faktur, dari loket diarahin ke help desk lalu di over ke AR kemudian masih di hari yang sama AR merekomendasikan saya ke bagian IT sampe2 saya masuk ke ruang ITnya tp anehnya ketika saya minta liat langsung aplikasinya yang di komputer iTnya koq tampilannya beda ya ama di kantor saya,huuu... ternyata app punya IT itu belum update #sayajaditepukjidat..akhirnya IT pun angkat tangan dengan alasan nanti kami cari tw lagi ke bagian Vendor Aplikasi trsbut..
Deletebener juga tuh kata bang Riza....mereka yang duduk di kantor pajak itu cupu2 semua...cuman numpang nampang nama di daftar PNS aja dahh...
ql punya channel mending langsung tanya ke Vendor app aja gaeess..(ql punya info saya ya....haha..)
Jangan pernah tanya sistem ke AR/kantor pajak. Mereka oon-oon semua. Paling pinter tuh tanya Kring Pajak. Pasti bisa jawab dan bisa kasih penyelesaian. Yakin deh. Tapi ya itu, mereka susah dihubungi. Harus bener-bener sabar untuk terus mencoba hubungi mereka.
DeleteKerjaan mereka di kantor itu cuman ngopi, main hape sama browsing. Tau banget saya itu mah. Orang tiap bulan saya ke kantor pajak, nemuin AR, terus ngopi bareng mereka, hahaha
Sampai hari ini 01 Nov 2016 masih susah menghubungi 1500200
ReplyDeleteIndonesia.. Indonesia.. mau jadi apa negeriku. semua serba susah. padahal mau nanya pajak biar lancar bayar pajak.
Silakan baca 'Tips Menghubungi Kring Pajak' gan. Fresh from the oven baru aja tak upload. Cari-cari aja postingannya.
DeleteBarusan nyoba sekali langsung nyambung, kumatiin lagi (siapa tahu kebetulan doang) habis itu nelpon lagi, langsung nyambung lagi
ReplyDeleteMasa? Waahhhh...
DeleteJangan-jangan mereka baca blog saya, hahaha
Aku nyoba tiga kali. Dua kali pakai telepon kantor, langsung nyambung di pertama kali nelpon. Akhirnya ganti pakai hape, ternyata juga langsung nyambung.
DeleteAhaha, alhamdulillah berarti blognya bermanfaat toh.
Sebenernya aku nelpon karna penasaran aja sih, karna habis baca blog ini dan pengen buktiin.
Soalnya aq sering di php-in. Liat deh yang komentar di atas, pada gak bisa hubungin semua rata-rata. Makanya aku sampe bikin ulasan begini.
Deletebisa sama engga kebanyakan engga bisanya !
DeleteIya bener mbak. Gak tau kapan mereka sadarnya
Deletesetuju, katanya perubahan nomer, dihubungin ke nomer baru pun ga nyambung
ReplyDeletemau nya apa ni negara
Hahaha, di PHP-in kantor pajak.....
DeleteTenang, temennya banyak.
sudah bnget hub Kring Pajak, Sampai sekarang mash belum sama sekali. grgrgrgrgrgrgrgrgrgrgrgrgrgrgrgrgrgrgr,, mana kerjaan banyakk,,
ReplyDeleteWkwkwkwk, selamat ! Anda baru saja dikerjai kantor pajak!
Deleteada yg tau solusi nya nggak? aku hubungi call center pajak susah banget , pdhl mau tanya ttg e-sertifikat yg mau di update.. astagaaa... susah nyaaaa
ReplyDeleteSilakan lakukan cara-cara yang sudah saya bagikan
DeleteJangan lupa, zikir yang banyak, kalo perlu seribu kali biar nyambung, hahaha
Cieeehhhhh yang abis baca blog gue sambil ketawa-ketawa, kasih komentarnya dong sayy....