Tuesday, 22 March 2016

Cara Perpanjang Paspor

Hai semuahh...

Apa kabar??

Sehat kan? Kalo sakit minum sianida aja *apaan sih ini*

Oke, long time no posting, nah dari pada gw kaya orang bego dikantor, mari kita bahas perpanjangan paspor ajah.

Jadi minggu kemaren gw abis aja perpanjangan paspor. Karena eh karena, paspor gw yang lama udah mau expired. Sebenernya sih masih 11 bulan masa berlakunya, tapi karna dalam waktu dekat gw mau keluar negeri jadinya gw perpanjang aja sekalian. Sebenernya gw gak tau udah boleh diperpanjang apa belom, jadinya gw kemaren telpon aja kantor imigrasinya. Eh ternyata kalo udah kurang dari setahun kata ibu-ibu imigrasinya udah boleh diperpanjang. Yasud lah gw pun memutuskan buat perpanjang paspor gw aja.


Oh iya, btw, posisi gw saat ini sedang di Semarang, jadi gw perpanjangnya pun di kantor imigrasi Semarang. Oh iya berdasarkan info dari ibu-ibu imigrasi katanya ada kantor imigrasi baru di Wisma HSBC. Gw pun bingung, emang ada yah? Eh ternyata emang bener, lokasinya ada di Wisma HSBC Semarang yang di Simpang Lima lantai 7. Ya jelas aja gw milih yang disini, deket dari rumah gitu loh, daripada yang di Krapyak, jauh syalala.

Oh iya, kalo untuk perpanjangan, ini die syarat-syaratnya:
  1. KTP Asli dan Fotokopian
  2. KK Asli dan Fotokopian
  3. Akta Kelahiran Asli dan Fotokopian
  4. Paspor Lama asli dan Fotokopian
Semuanya difotokopi di kertas A4 dan khusus untuk KTP, jangan dipotong ! Jadi biarkan saja fotokopi KTP dalam satu kertas A4.

Oh iya, karna kantor imigrasi Wisma HSBC baru, jadinya belom bisa buat daftar online. Jadi datang kesana ya manual. 

Gw dateng kesana jam 8 kurang 5 menit, dan no antrian gw udah 51 ajah-___-


Gw langsung ngasoy duduk disebelah cici-cici yang gw liat no nya urutan 1 dan 2. Buset,berangkat jam berapa ya dia dapet no segitu?


'Ci, no urutnya berapa?'

'Oh satu sama dua mas, mas berapa?'

'Saya 51 ci, duh masih lama'

'Iya mas, gak papa'

'Berangkat jam berapa ci dapet no segitu?'

'Oh jam 7 mas'

-____-'

Dih, gw mah ogah berangkat jam segitu, mending gw tidur. Akhirnya setelah jam 8 loket pun buka dan kita dipanggil satu-satu. Oh iya, karna ini lokasinya yang asoy banget, kayaknya mulai banyak yang ngurus paspor disini deh. Tapi kebanyakan sih rombongan orang-orang mau pada haji. Oh iya di sebelah loket ada banner tulisannya:


'Mengurus paspor maksimal hanya 25 menit ! Dijamin dalam 3 hari sudah jadi !'


Preeettttttttttttttt...................... 

Gw nunggu dari jam 8, jam 10.15 baru dipanggil. Hopeless banget mah gw kalo sama kebijakan pemerintah, pasti melesetnya ! 

Pas dipanggil kita akan dikasih formulir yang harus kita isi secara lengkap


Habis ngisi kita disuruh nunggu lagi buat foto sama wawancara sama verifikasi data. Karna yang antri banyak dan gw mati gaya, akhirnya gw selfie sukaesih aja, hahahaha.


Jam sebelasan gw dipanggil buat foto sama wawancara, trus kita dikasih bukti buat pembayaran paspor di Bank BNI. Terus paspornya jadinya kapan bang? 3 hari setelah pembayaran sodara-sodara!

Gw daftar bikin paspor hari selasa, terus gw bayarnya hari rebo pagi. Sebenernya abis dari kantor imigrasi sih gw langsung ngasoy ke Bank BNI, cuman pas nyampe sana kata mbak-mbak tellernya belom bisa, datanya belom masuk sistem pak ! Capee deehhh...

Yasud lah besok pagi aja gw ke BNI lagi

Akhirnya hari Senin kemarin gw ambil paspor gw. Syaratnya, bukti pembayaran dari Bank BNI sama bukti pendaftaran paspor yang dikasih sama petugas imigrasinya. Oh iya, buat pengambilan diatas jam 1 yah. Akhirnya paspor gw dah jadi. Wuihhhh, paspor yang baru lebih keren modelnyah...

Dalemnya juga lebih keren, ada gambar hewan-hewan sama kekayaan alam Indonesia


Oh iya, paspor yang lama boleh diminta juga. Biasanya sih berguna kalo kita mau ngajuin visa. Kadang mereka nyuruh kita menyertakan paspor lama kita. Pas lagi ambil bilang aja sama petugasnya, ntar kita dikasih formulir yang musti diisi. Kalo udah lengkap ntar paspor lama kita dibalikin. Tentu dikembalikan dalam keadaan digunting sama petugasnya, untuk menghindari penyalahgunaan.

                                                 

Udah gitu aja ulasan gw tentang perpanjangan paspor di Kantor Imigrasi Semarang Wisma HSBC. Kalo ada pertanyaan sila kasih komen dibawah. Oh iya, kalo buat baru, paspor lama diganti sama ijasah pendidikan terakhir.

Duh capek nulis, udah yah, bayyy.....
Riza Alhusna
Riza Alhusna Updated at: 3/22/2016 08:58:00 am
Blog Oonline
Riza Alhusna Updated at: 3/22/2016 08:58:00 am
Riza Alhusna
Riza Alhusna Updated at: 3/22/2016 08:58:00 am

60 comments:

  1. Boleh nanya, saat minta dikembalikan paspor lama, apakah perlu membayar lebih? Di kota Medan, menurut info salah satu petugas imigrasi, saya diminta membayar Rp 50 ribu agar dikembalikan passpor lamanya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah, saya gak bayar apa-apa tuh, gratis

      Cuman disuruh ngisi formulir aja terus ditandatangani, habis itu dikasih paspor lamanya.

      Delete
  2. Mau tanya..kalo perpanjangan paspor,nomer paspornya sama ga sama kaya nomer paspor lama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak, pasti beda. Setiap kita perpanjang paspor pasti nomernya berbeda soalnya ini demi keamanan dan itu udah aturan internasional.

      Delete
  3. saya mau tanya sebelumnya kan saya membuat pasportnya di imigrasi di siliwangi, nah kalau urus perpanjang di kantor HSBC bisa gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, kita bisa urus paspor di kantor imigrasi mana saja. Gak harus sesuai alamat KTP kok. Jadi misal, KTP saya Purwokerto, maka saya bisa urus atau perpanjang paspor di kantor imigrasi Jakarta, Surabaya, Medan, Jayapura, mana saja bisa, asal masih di Indonesia. Saya malah paspor lama terbitan imigrasi cilacap.

      Delete
  4. Salam, saya mau nanya nih, saya pernah dua kali perpanjang paspor dan sdh expired keduanya...nah yang kedua ini hilang saat pindahan, jadi tinggal yang pertama kali saya buat....bisa tidak jika saya ingin membuat paspor tapi dengan lampiran paspor yang pertama....saya capek email dan nanya di twitter nya ditjen imigrasi, tapi tdk ada balasan....soalnya harus nunggu senin untuk ke imigrasi...mohon infonya kalau tau...trm kash

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah.. setau saya kalo ilang gitu harus pake surat kehilangan dari kepolisian. Kelamaan mas email sama twitter mereka, gak bakal dibuka ! Browsing aja kantor imigrasinya, cari no teleponnya, langsung telepon. Yang harus dilampirkan ya paspor terakhir yang kita pake. Itu pasti nanti suruh melampirkan surat kehilangan dari kepolisian.

      Delete
    2. mas,berapa biaya untuk perpanjangan paspor. saya mau perpanjang coz mau habis 6 bulan lagi. tkas banget feedback nya

      Delete
    3. Kalo gak salah 360 atau 370 rb. Lupa-lupa inget. Pokoknya segituan deh. Asal ngurus sendiri yah gak pake calo. Pake calo mah bisa nyampe satu juta. Kuncinya sabar.

      Delete
  5. Mas mau tanya KTP saya surabaya tapi saya tingggal dan buat pasport di bali, nah kalo mau perpanjang harus kasih domisili lagi nggak ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak usah mbak. Sekarang buat paspor atau memperpanjang boleh di kantor imigrasi mana saja. Yang penting semua syaratnya lengkap dan KTP-nya masih berlaku.

      Delete
  6. Makasih banget infonya. sangat membantu. Tks ya

    ReplyDelete
  7. Mas itu yg 48halaman ya? Kalo bikin yg 24hal di hsbc bisa ndak ya kira2?

    ReplyDelete
  8. Rahmat E Siregar2 February 2017 at 10:39

    Mas, paspor lama saya sudah expired lebih dari 3 tahun. Kalau sudah begini, hitungannya diperpanjang atau buat baru? Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya gak ada istilah 'perpanjang' karena semua paspor begitu expired dan diganti no paspornya berbeda dengan no paspor lama. Tapi karena udah punya, silakan nanti saat daftar pilih 'perpanjang'

      Delete
  9. Membantu bgt nich lgi binggung, mau perpjg krn udah expiry terima kasih byk infonya

    ReplyDelete
  10. Haloo mas kecer 😝
    Nyoba2 nanya ah sama mas nya haha 😌😆

    Wkt bikin paspor kemarin status blm menikah, nah tahun ini bulan nov expired tuh mas dan sekarang status sdh menikah 😁, kira2 persyaratan berkasnya gimana yah ? ( mklm kdng ngurus2 begini ribet sendiri ) hehe 😅
    Soalnya, KK ( Kartu Keluarga ) sdh nempel sama suami & alamatnya juga berubah.

    Terima kasih ✌🏻

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya gampang mbak, tinggal lampirin KK-nya. Kan nanti pas ngisi formulir tinggal diisi aja alamatnya sesuai alamat di KK.

      Delete
  11. Mas kalo fotocopy paspornya semuanya atau halaman paling depan sm halaman paling belakang aja?

    ReplyDelete
  12. sharing dong kalo perpanjang paspor mesti pake e ktp ga ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pake e-ktp. Kan sekarang ngurus apapun wajib e-ktp. Jangan bilang gak punya -___-'

      Delete
  13. Mas mau tanya donk..barangkali tau jam kerja dan hari kerjanya kantor imigrasi?hehe..thanks bgt ya

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. Ohya mau tanya kalau misal nya sy kan sudah menikah kemudian di ktp nya status belum menikah dan paspor yg lama jg statusnya blm nikah itu gmm ya mas...ap perlu bawa buku nikahnya jg tp di ktp status jg blm nikah blm di ganti..makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya bawa buku nikah mbak. Itu untuk membuktikan status kita kalo sudah menikah.

      Delete
    2. Serious mas?
      Sebelas bulan sebelum Expired udah bisa diperpanjang?

      Delete
    3. Iya, masa saya bohong. Orang saya udah praktek sendiri.

      Delete
  16. mas,berarti kalau perpanjang cukup ke hsbc ya,,gk perlu ke kantor imigrasi siliwangi.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya di menara HSBC yang simpang lima. Lantai 7. Ntar kalo mau masuk bilang aja ke kantor imigrasi.

      Delete
  17. Mas... fotocopyan dokumen nya apa semuanya harus di kertas ukuran A4?
    soalnya kalo akta lahir kan aslinya masih ukuran folio.
    apa harus difotocopy perkecil ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, harus A4. Kalo gak A4 ntar disuruh pulang-__-'

      Gampang, bilang aja ke tukang fotokopinya dikopi di kertas A4. KTP-nya juga di kertas A4. Terus JANGAN DIGUNTING ! Kalo digunting ntar disuruh pulang. -___-'

      Delete
  18. perpanjang passpor perlu wawancara lagi ya? misal untuk perpanjang passpor anak, pas pendaftaran itu anaknya langsung di ajak untuk foto?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ada wawancara lagi sama foto lagi. Jadi anaknya harus ikut kalo bikin paspor buat anak.

      Delete
  19. Mas.. paspor lamanya diguntingnya cuma bagian cover yah? Makasi jawabannya.. ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, bagian depannya doang dikit.

      Delete
  20. Mas kalo sabtu hsbc nya buka ga ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak, bukanya cuman pas hari kerja. Senin-Jumat.

      Delete
  21. kak, mau nanya nih
    nah minggu lalu mendadak di ajak pergi mumpung dapet tiket murah, ngurus paspornya hari rabu tgl 22 maret trus jadinya katanya tgl 31, itu karena tgl 27-29 itu ada hari raya nyepi pastinya semua kantor libur, jadi aku disuru dateng tgl 31 pagi jam 10, nah kebetulan tiket pesawatnya cuma ada yg jam 7 pagi, kira2 nih kalo aku dateng tgl 30 sore gitu paspornya udah jadi apa belum ya, bingung aja sih takutnya belum jadi tp udah beli tiket duluan...
    makanya skrg mau tanya2 dulu biar jelas dan bisa beli tiket, haha (maklum pemburu tiket murah)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh sori baru bales. Jadi gimana, jadi berangkat?

      Delete
  22. Kalau mau perpanjanjang paspor ke luar negeri harus bilang tujuan negaranya g,, mungkin paspor untuk kenegara ini dan itu g sama gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak, perpanjang mah perpanjang aja. Paspor kita kan berlaku untuk semua negara

      Delete
  23. Mas, mau tanya donk. Saya sudah perpanjang paspor baru dari september 2016, kmrn paspor lamanya ga diminta balik. Kalo sekarang baru mau minta balik masih bisa ga ya?
    Thanks sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah udah lama banget mbak. Saya sih sangsi masih ada paspornya. Tapi kalo mau dicoba silakan dateng aja ke kantor imigrasi buat diminta.

      Delete
  24. Kemaren habis perpanjang paspor di kantor imigrasi di kota Padang, ketika ngambil yang baru dan saya minta paspor yang lama ga dibalikin. alasannya karena paspor adalah dokumen negara yang ga boleh dimiliki lebih dari dua jadi yang lama harus dimusnahkan, kenapa tiap daerah beda2 aturannya, jadi kesel soalnya sempat ngotot sama petugasnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dih pelit bgt. Orang gak bisa dipake juga yang lama.

      Delete
  25. Gan Syarat2nya udah cuma itu aja ? G ada surat dari biro (buat umrah)/depnaker (buat tki) ...?
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak ada. Itu aja kok. Cuman nanti pas di interview bilang aja buat jalan-jalan ke malaysia atau singapore. Udah bilang gitu aja. Jangan bilang buat jadi TKI ke luar negeri.

      Delete
  26. Gan paspor ane abis mei 2018 kalo bulan juli 2017 gw perpanjang syarat nya pake surat untuk minta di perpanjang kaga gan kan biasa perpang y bln sebelom mati tu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kagak, kagak pake surat-suratan. Pokoknya praktekin aja apa yang gw tulis diatas.

      Delete
  27. Mas mau tanya...passport saya udah expired 3 tahun kudu gimana ya? Harus bikin baru lagi atau cukup dtg dg melengkapi syarat2 perpanjangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya gak ada istilah memperpanjang paspor. Kenapa? Karna nanti no paspor kita baru. Jadi ya dateng lagi bikin baru lagi. Cuman paspor lama harus disertakan. Oh iya data kita udah ada di data base mereka. Jadi lebih cepet mah daripada bikin yang bener-bener baru.

      Delete
  28. hellow mas,. nanya ah boleh ya..
    pas mau minta paspor lama kita itu pas kapan?
    pas ambil paspor baru kah?
    makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bole-bole...

      Iya, mintanya pas kita ambil paspor baru. Kan pas perpanjang, paspor lama kita diminta sama kantor imigrasi.

      Delete

Cieeehhhhh yang abis baca blog gue sambil ketawa-ketawa, kasih komentarnya dong sayy....