Interview Pekerjaan

Hai semuahh..

Gw ngeblog lagi nih

Ya mumpung masih santai, gw ngeblog aja.

Habis lebaran kaya gini, ada yang habis resign?

Mungkin lagi cari-cari kerjaan?




Biasanya kalo abis lebaran gini emang banyak pegawai yang resign. Maka sudah menjadi umum kalo banyak perusahaan yang buka lowongan pekerjaan saat habis lebaran. Kalo lo emang habis resign, maka siap-siap lah karna lowongan kerja habis lebaran akan di buka sangat banyak. Perusahaannya apa aja? Macem-macem lah. Tinggal lo daftar aja sesuai dengan kualifikasi lo.

Gw jujur udah pernah berkali-kali interview orang. Bagian gw emang krusial, accounting & tax. Perusahaan mana sih yang gak punya departemen ini? Pasti semuanya punya. Tapi, musti lo tau departemen ini punya tingkat stres yang tinggi dalam pekerjaannya. Ya, semua kerjaan bikin stres sih, hahaha. Cuman menurut gue, departemen ini yang lembur bagaikan pekerjaan harian. Bahkan Sabtu-Minggu masuk adalah sesuatu yang sangat biasa bagi departemen ini. Mau laporan akhir tahun? Mau laporan tahunan pajak? Siap-siaplah masuk kerja dari Senin-Minggu. Bahkan lemburnya dari 2-3 bulan sebelum deadline.  Dan bukan itu aja, pulang jam 9 malam adalah jam tersore kalo lembur. Pulang jam 1 pagi atau jam 2 pagi mah udah makanan sehari-hari kalo lembur. Bisa lu bayangin gak sih??

Diomelin bos adalah kegiatan sehari-hari gue, hahaha. Cuman gue orangnya macak budek. Makanya kalo diomelin gw mah iya-iya aja. Habis itu langsung gantian gue ngomelin anak buah gue, hahahaha. Halo anak-anak, kalian gak stres kan kerja sama saya??

Karna tingkat stres yang tinggi maka kadang banyak orang yang pindah kerja dari departemen ini. Gak percaya? Lu liat deh di koran-koran, pasti aja ada yang nyari akuntan atau orang yang bisa pajak buat perusahaan mereka. Makanya kalo ada yang keluar, gw musti cari orang buat gantiin yang keluar. Bukan gue sih, kerjaan anak-anak HRD. Tapi akhirnya gue musti interview kandidat calon pegawai di departemen gue.

Karna sering nginterview, gw jadi belajar banyak tentang kepribadian seseorang. Ada yang orangnya serius, ada yang koplak kaya gua (hahaha), ada yang jaim, ada yang kalo gw tanya jawabnya irit-irit, ada yang pemalu, banyak deh pokoknya. Gw selalu berusaha membawa acara interview gue menjadi cair seolah-olah kaya ngobrol biasa biar para kandidat gak tegang. Soalnya kalo tegang gw jadi susah menggali isi otak mereka. Untungnya gw terbiasa ngomong dengan orang, jadi setiap interview susananya langsung santai.

Buat gw, gw gak cari orang yang pintar. Tapi gw cari orang yang cerdik. Duh apa sih bedanya? 

Kalo orang pintar, dia pintar secara teori, tp kurang pintar dalam memecahkan masalah. Tapi kalo orang cerdik, mungkin teorinya kurang, tapi dia selalu punya cara gimana menyelesaikan masalah yang dia hadapi. Itu pengertian menurut gue loh yah. Kalian sah-sah aja kalo beda pendapat. Makanya, buat lo yang kuliah jurusan akuntansi, jangan berkecil hati kalo lo waktu kuliah IP nya biasa aja. Yang penting seenggaknya lo bisa akuntansi dasar, itu udah cukup menurut gue. Toh yang lainnya bisa dipelajari bersamaan ketika lo udah kerja. Sangat fatal kalo lo daftar jadi akuntan sebuah perusahaan tapi akuntansi dasar lo gak bisa. Kenapa? Kalo lo sampai lolos, ntar di kerjaan lo ngerasa susah sendiri karna gak punya basic akuntansi. Disaat bos lo ngejar-ngejar kerjaan lo, tapi di sisi lain lo keteteran gak bisa kerja cepet karna gak mudeng akuntansi. Please, jangan malu-maluin almamater lo. Oke, ini kerjaan di bidang gue. Gua rasa di bidang yang lain pun sama.

Karna sering interview orang, gw jadi bisa kasih tips oke buat kalian. Ini tips menurut gue ya, jadi harap maklum kalo tipsnya rada nyleneh dikit. Eh, gak dikit sih, banyak, hahaha. Ya lo semua kan tau gw otaknya gesrek gini.


1. Berpenampilan Rapi

    Oke, disaat lo mau interview tolong berpakaian lah yang rapi. Selalu ingat : penampilan pertama akan membawa kesan pertama. Kalo lo emang menghargai diri lo, maka berpenampilan lah yang rapi. Kalo lo bisa menghargai diri lo maka orang juga akan menghargai lo. Kalo cowok pakailah kemeja dan celana kerja yang rapi. Saran gue kalo bisa yang warnanya gelap. Kalo cewek pakailah kemeja dan rok atau celana panjang. Warnanya kalo bisa yang gelap juga untuk bawahan, atasan sih bebas. Gak harus putih kok, kecuali emang lo disuruh sama kantor yang nginterview. Gua suka aneh aja ada yang berangkat interview pake item putih. Lu kaya sales kosmetik men ! Hahaha. Kecuali kalo dia pake dasi, maka akan keliatan profesional. Oh iya, buat cowok, kalo lo ngelamar di perusahaan bonafit, maka pakai lah dasi. Apalagi kalo lo mau kerja di daerah SCBD, pakai jas wajib hukumnya. Buat cewek, kalo pake rok tolong jangan tinggi-tinggi. Gw pernah nginterview cewek, dia pake rok yang pendek banget. Lu mau kerja atau mau konser dangdut mbak?

   Perhatikan juga pemilihan warnanya. Jangan milih warna yang ngejreng norak hore-hore. Please, lu mau cari gawe, bukan mau berangkat tujuh belasan di kecamatan-__-'. Walopun ini keliatan simpel banyak loh yang gw liat kayak kurang pas dandannya. Termasuk kalo cewek, tolong pakai kosmetiknya yang soft aja. Gak usah tebel-tebel macem mau berangkat ngelenong. Lu mau kerja kan? Yaudah biasa aja, gak usah dandan heboh kaya mau diinterview calon mertua.

    Eh tapi tips ini cuman berlaku buat yang kerja kantoran rapi kaya di kantor gue. Kalo kerjaan lo banyak di lapangan mah kagak penting. Maka sesuai kan penampilan lo dengan bidang kerja yang lo lamar. Apalagi lo mau ngelamar jadi ibu rumah tangga. Duh gak usah dandan rapi-rapi, yang penting seksi. Jadi suami lo langsung sange ngeliat lo, hahaha.


2. Perhatikan Bahasa Tubuh

    Kalo lo lagi diinterview jabat lah tangan orang yang nginterview saat pertama kali bertemu. Jangan lupa tersenyum, tapi tolong secukupnya. Jangan senyum sendiri terus, ntar orang ngira lu gila. Pandang lah mata sang penginterview, jadi menandakan kalo lo orang yang percaya diri. Walau pun yang nginterview ganteng, gak usah kedip-kedipin mata. Mata lu kelilipan neng? Apalagi sampe julur-julurin lidah. Ngokk...

Biar lo gak deg-degan waktu di interview, tarik lah nafas yang dalam sebelum masuk ruangan. Jangan lupa duduknya yang tegak, jangan bungkuk, apalagi lo nyender asoy macem lagi ngopi di warteg. Helloo...


'Emang ada ya mas yang kaya gitu?'


Eh jangan salah, gw pernah loh ketemu orang macem gini. Jawabannya juga asoy waktu gw tanya. Macem lagi di rumah emaknya aja dia. Untung dia kagak ngasih gue muka sange. Kalo iya udah gw lempar sendal deh. Eh tapi, dia gw terima kerja di kantor gue. Hahaha. Yah walopun otaknya gesrek kaya gue, tapi dia smart. Selalu out of the box kalo gw tanya. Makanya kecerdasannya menutupi kegilaannya, hahaha.


3. Jawab lah Pertanyaan dengan Jelas

   Kalo lagi interview, jawab pertanyaan si penanya dengan jelas. Jangan dengan menggumam. Apalagi bisik-bisik. Please deh, emang lu lagi main petak umpet takut ketauan? Jangan lupa selalu akhiri jawaban dengan senyuman. Makanya kalo lo deg-degan kan gw suruh tarik nafas tuh? Nah gunanya biar lo lebih tenang, jadi bisa jawab dengan tenang. 

Oh iya, jangan sampe sebelom interview lo gak sikat gigi. Gak mau kan yang nginterview lo pingsan gara-gara mulut lo bau sampah? Kalo perlu pake obat kumur biar tambah wangi. Inget obat kumur, bukan obat batuk, apalagi baygon. Ntar puyeng yang ada.


4. Selalu Berpikir Positif

    Iya, ini penting. Kalo pikiran lo positif ntar jawaban yang timbul juga positif. Makanya jangan pernah berpikir negatif sebelum interview. Apalagi lo berpikiran kotor, yang ada lu macak cabul sama yang nginterview.


Pak, 'jeruk' nya pak? *benerin bh*


Hahahaha

*setres*


Makanya kalo lo berpikir positif, ntar aura lo juga positif *tsahh*.

Super sekaliii......


5. Jangan Main Hape !


   Ohh man... Are you kiddin' me texting during interview?



Gw tau lo sayang sama emak lo. Tapi lo mau perang buat dapet kerjaan, ya jangan smsan dong. Itu memperlihatkan lo kagak profesional. Apalagi lo nelpon emak lo pas lagi di interview.



Mak, aku masuk tipi mak...


Aku masuk tipiii....



-__-'




Apalagi lo apdet status:



'Lagi diinterview bapak ganteng nih'


#lamarakumas




Hashtagnya gak nguatin, hahahaha.


  Oke, gw cuman bisa bilang:

Please turn off all your electronic devices


Baik pemirsa, itu tadi tips koplak dari gue. Semoga bermanfaat buat lo semua.

Yasud, bayyy........

Post a Comment

1 Comments

  1. Halo kak. Minggu depan saya ada interview Tax. Kirakira pertanyaan apa yg dilempar sama user. Makasih kak

    ReplyDelete

Cieeehhhhh yang abis baca blog gue sambil ketawa-ketawa, kasih komentarnya dong sayy....