(TF) Tips Menghubungi Kring Pajak

Hai semuahhh...

Apa kabar??

Sehat kan???

Duh dah lama nih gak nulis Tuesday-Finance lagi. Kali ini mau nulis lagi ahh...

Sini-sini duduk merapat sama gw.





Tergelitik dari rasa kasihan sehingga gw nulis postingan inih. Gw pernah menulis di blog gw tentang betapa menyedihkannya pelayanan Kring Pajak. Judulnya  susahnya menghubungi kring pajak. Buat yang belom pernah baca silakan meluncur ke sana.

Sebenernya secara pelayanan, direktorat perpajakan sudah mengalami banyak perubahan. Diantaranya pelayanan perpajakan di kantor pajak yang sudah bagus menurut gw. Salah satu pelayanan perpajakan yang diluncurkan dirjen pajak adalah Kring Pajak. Tujuannya apa sih bikin Kring Pajak? Tujuannya adalah untuk membantu melayani masyarakat akan perpajakan. Lu bisa banyak tanya-tanya, minta bantuan, bahkan bisa komplain tentang pelayanan perpajakan.

Tapi sayangnya tujuan itu justru dimentahkan sendiri oleh Kring Pajak. Sudah pernah coba menghubungi Kring Pajak? Kalo belom, buruan gih dicoba. Tapi jangan marah yah kalo entar gak diangkat, hahaha.

Rekor tercepat gw terhubung dengan Kring Pajak adalah setelah mencoba menelepon 5 kali ! Paling lama?  17 Kali !! Gila gak tuh ???

Halo Bapak Presiden Jokowi, Ibu Menteri Keuangan Sri Mulyani, Bapak Dirjen Pajak Pak Ken, sudah pernah mencoba menghubungi Kring Pajak? Kalo belum buruan gih dicoba. Rasakan sendiri sensasi salah satu pelayanan yang anda buat untuk masyarakat. 

Dimana-mana yang namanya call center itu pasti gampang dihubungi. Contohkan call center bank, beuh gampangnya dihubungi. Harusnya call center pajak itu bisa menyamai call center bank. Bahkan kalo bisa melebihi. Lah ini, udah dihubungi aja susah, gitu minta penerimaan pajak meningkat, helllooo.....

Yang gw heran, kok masyarakat gak pernah ada yang protes yah? Bikin surat pembaca kek di koran Kompas. Tapi tenang, gw udah buat unek-unek ini di blog gw sendiri. Terindeks no 1 lagi di google. 

Jujur gw lebih suka menghubungi Kring Pajak daripada nelpon AR (Account Representative) gw. Soalnya orang pusat itu pinter-pinter dan jawabannya lebih memuaskan daripada orang kantor pajak. Maaf kata kadang ada orang kantor pajak (pratama apalagi) yang suka lola kalo gw tanya. Tolong jangan marah, tapi ini kenyataan. Silakan koreksi diri.   

Pengalaman gw yang sering nelpon Kring Pajak akan gw bagikan buat lu semua, GRATISSS. Terus gimana caranya biar bisa terhubung dengan Kring Pajak?? Sini-sini mendekat....


1. Hilangkan Semua Ekspektasi Indah tentang Kring Pajak

   Tolong camkan di otak kalian semua untuk jangan berharap yang muluk-muluk bakal diangkat di percobaan pertama menelepon. Hilangkan juga harapan bakal diangkat sama mbak-mbak cantik yang suaranya lemah gemulai macem call center bank. Sepanjang pengalaman gw, hampir semua yang angkat kebanyakan mas-mas. Tentu dengan suara menye-menye ala-ala call center bank. Seumur hidup gw pernah diangkat sama mbak-mbak cuman sekali. Jangan juga berpikir kalo Kring Pajak buka 24 jam macem call center bank. No...no...no... Mereka hanya buka dari hari Senin-Jumat, dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore.Tolong camkan ini baik-baik:

Diangkat di percobaan menelpon kurang dari 5 kali adalah sebuah anugerah, diangkat di percobaan menelpon yang pertama kali adalah sebuah keajaiban dunia ke 8   

2. Hapalkan baik-baik no NPWP kalian 

    Jadi nanti kalo kalian sudah berhasil terhubung ke Kring Pajak kalian akan disuruh memilih antara yang sudah memiliki NPWP dan yang belum memiliki NPWP. Kalo belom memiliki NPWP, kalian akan terhubung langsung dengan officer. Kalo kalian sudah punya NPWP, maka kalian akan disuruh memasukkan no NPWP kalian. Maka saran gw adalah: hapalkan baik-baik no NPWP kalian. Karena kalian akan disuruh mengetikkan no NPWP kalian di tombol telepon tanpa jeda. Maksudnya gimana mas? Maksudnya, kalian harus memasukkan no NPWP kalian yang panjang itu di tombol telepon tanpa jeda. Kalo kalian ada jeda satu detik aja, maka sambungan akan langsung  terputus. Kampret banget gak sih???

Maka saran gw kalo kalian males ngapalin (kaya gw), taro NPWP kalian deket telepon atau tulis di kertas dan taroh deket telepon. Berlatihlah dulu sehingga kalian lancar memasukkan no NPWP kalian (entah pribadi entah badan) di tombol telepon seolah-olah lu udah hapal sama no NPWP-nya. Karna kalo ada jeda sedikit aja (mungkin karna ngeliat dan baca dulu no NPWP-nya), sambungan akan langsung terputus !


Wah mas, kalo gitu mending milih yang tanpa NPWP aja dong biar gak ribet?


Gw udah pernah coba cara ini. Kalo pertanyaan kalian berhubungan dengan yang sudah ber-NPWP, kalian akan disuruh menghubungi ulang di pilihan yang ber-NPWP. Yang gw heran, bukannya gw dibantu dioperin ke temennya, malahan telpon gw diputus. Anjrit ! Mereka gak tau gimana susahnya biar bisa terhubung sama layanan mereka. Huh !    

3. Jangan Menghubungi di Jam Buka Layanan Kring Pajak

    Jam buka layanan Kring Pajak adalah dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore. Tapi jangan pernah mencoba menelepon mereka jam 8 pagi.


Loh mas, kan enak masih pagi, masih sepi?


TENOOTTT !!!

Sayangnya apa yang kalian pikirkan salah !


Budaya santai macem di pantai masih susah hilang dari mereka. Meskipun jam segitu semua pegawai udah masuk semua, tapi keberadaan mereka mungkin masih ngopi-ngopi cantik bareng Jessica di pantry atau mungkin ngegosip sama temen-temennya. Makanya itu adalah hal yang mustahil lu bisa terhubung dengan Kring Pajak di jam segitu. 

Maka saran gw, telpon lah mereka mulai jam 9 pagi. Karena mereka lagi gampang-gampangnya di hubungi. Tapi tetep, jangan berharap sekali nelpon langsung tersambung. 

Oh iya, jangan coba-coba nelpon mereka bila sudah jam setengah 4, karena pasti gak tersambung. Mungkin mereka sudah kemas-kemas macem anak TK rebutan mau pulang gasik. 

4. GUNAKAN JURUS TEROR !!

    Sumpah gw malu banget nulisnya tapi emang kenyataanya harus begini biar bisa tersambung. Jadi waktu lo memencet tombol 1500200 di telepon lo, biasanya rada-rada susah tersambung. Gw gak tau kenapa mereka begitu susah di hubungi. Entah telponnya cuman satu, entah pegawainya cuman satu, sehingga lo harus rebutan dengan orang satu Indonesia. Maka satu-satunya cara adalah gunakan jurus teror !

Jadi di percobaan pertama gak berhasil tersambung maka langsung hubungi mereka kembali. Gak tersambung juga? Langsung pencet 1500200 lagi, terusssssssss sampai kalian tersambung. Aneh memang, tapi ini kenyataan. Kalo udah tersambung kalian akan diberi dua pilihan, sudah ber-NPWP atau belom ber-NPWP. Ikuti step no 2. Jangan lupa, jurus teror macem kalian lagi neror mantan kalian atau gebetan kalian. Trust me, it works ! *L-men*

5. Gunakan Kesempatan Sebaik-baiknya bila sudah Terhubung

    Kalian sudah berhasil tersambung?


SELAMAT !!


Kalian memang bermental baja ! Hanya orang-orang yang mempunyai kesabaran tingkat dewa yang sabar dalam menghubungi Kring Pajak, hahaha.

Gunakan kesempatan ini sebaik-baiknya. Silakan tanyakan sejelas-jelasnya, karena mereka akan benar-benar membantu. Mereka ramah, pinter lagi. Jadi kalo ditanyain apa-apa pada bisa jawab. Gak kaya pegawai kantor pajak, kadang suka ada yang lola. Maaf kalo ada yang tersinggung lagi, hahaha. 






Jadi sebenernya yang menjadi hambatan di pelayanan Kring Pajak bukan pegawainya, tapi sistem teleponnya yang menyedihkan banget sehingga susah dihubungi. Kalo kalian ada yang kenal sama Bu Sri Mulyani, boleh deh kasih link blog gw biar beliau baca. Kalo perlu Pak Ken sekalian, biar beliau tau  dan coba sekalian gimana asiknya nelpon Kring Pajak-__-'


Oke sudah gitu aja tips dari gue.


Yasud yah

Bayy......

Post a Comment

134 Comments

  1. haha pake jurus teror segala gan...
    saya berharap yang ngangkatnya mba2 yang suaranya bagus,, terus bisa curhat masalah jodoh,.... XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang HARUS gitu gan biar bisa nyambung. Kalo gak neror gak bakal bisa tersambung. Percaya deh.

      Wot? Diangkat mbak-mbak yang suaranya lemah gemulai? Your dream...

      Yang kebanyakan angkat mas-mas sama bapak-bapak mas. Kalo mas suka sama mas-mas, boleh deh sekalian curhat sama mereka, hihihi

      Delete
  2. ahaha, saya blm pernah telp kring pajak. tp dari cerita di sini saya sudah dpt gambaran nya gmn :D

    entah apa alasan mereka susah sekali untuk dihubungi, sepertinya mereka butuh pegawai yang banyak untuk menangani semua penelpon :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba aja mas. Tapi harus punya kesabaran SELUAS SAMUDRA untuk menghubungi Kring Pajak.

      Cihui banget deh pelayanannya -__-'

      Delete
  3. Mau cobak ahh!! Tapi nanya apa ya???

    Kl bs krg dari 5 kali, dpt piring cantik?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo belom punya NPWP tanya aja cara bikin NPWP. Kalo udah punya NPWP, coba deh basa-basi tanya tax amnesty.

      Coba aja kalo nyambung, sapa tau rekor, hahaha

      Delete
    2. Hahahah ide bagusss
      Mau nanya tax amnesty deh

      Ntr tak update ya brapa kali kring baru berhasil hahaha

      Delete
    3. Wah mbaknya belom update, berarti sampe sekarang belom dijawab telfonnya

      Delete
    4. Mbaknya mau kawin sama bule londo mas. Coba deh intip blognya, hahaha

      Delete
  4. Kalo g punya telepon buat nelpon gimana bang?

    ReplyDelete
  5. hahahhahaa..
    nelpon kring pajak perjuangan amat yaah..?
    lebih susah dari pada ngubungin PLN?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Susah ci, coba aja. Korbannya udah banyak soalnya, hahaha

      Delete
  6. Gini... gini... gini... sini deket-deket sama Om ganteng.
    Ini balik lagi ke masalah pelayanan publik yang gak maksimal, implementasinya di Republik kita tercinta ini masih jauh dari harapan. Aturannya manis, tapi implementasinya sadis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sedih banget gak sih. Kayak bikin KTP. Bikin KTP-nya sih cepet dan gampang, tapi KTP nya gak tau jadinya kapan

      Delete
  7. Ya ampun udah baca sampe akhir, tapi masih tetep gak ngerti esensi kring pajak itu, Bang.

    Tapi satu yang saya simpulin, saya GAK mau nyoba nelepon ah, kalau bukan cewek cantik yang ngangkat mah. Ha ha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobain dong, biar bisa ngerti salah satu pelayanan yang dibuat pemerintah untuk warga negaranya. Jadi ntar kalo udah bayar pajak bisa protes

      Delete
  8. bangke, kalopun udah diangkat, musti hapal npwp itu lalu gak hapal kan percuma :((

    semoga pelayanan kring pajaknya bisa diperbaiki, jadi basah pajak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba deh lo nelpon, pasti ntar ujung-ujungnya lo misuh-misuh

      Hahaha

      Delete
  9. Kalo nggak bayar pajak ada dendanya nggak sih?
    Aku udah mau dua tahun punya npwp, tapi nggak pernah lapor kemana2.
    Ehek.

    Masnya rajin banget ya nelponin kring pajak. Telpon akunya kapan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak mbak. Tenang aja. Lagian PTKP-nya sekarang naik jadi 4,5 jt. Jadi kalo mbak gajinya gak ada 4,5 jt mbak gak perlu bayar pajak. Soalnya kalo gajinya kurang dari PTKP kita dianggap miskin sama negara. Tahun depan lapor aja mbak, sekalian di rapel.

      Aih adek minta mas telpon?

      #ihik

      Delete
  10. Terkadang kita ada yang lupa untuk bayar pajak dan itu termasuk saya Mas..kecuali ditagih..hahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, tenang mas gak papa. Orang kecil kayak kita gak bakal diperiksa. Soalnya meriksa WP kecil sama besar tuh sama pusingnya. Kalo gak ada duitnya pegawai pajak gak bakal meriksa, tenang aja.

      Tahun depan bulan maret jangan lupa bayar sama lapor mas. Pokoknya kalo pribadi itu bulan maret.

      Delete
  11. duh kesabarannya diuji kalau pas telpon eh kitanya kurang jelas dengan penjelasan cs :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Disitu saya merasa sedih ya mbak, hahaha

      Tanya aja terus mereka mbak. Biarin aja biar mereka pusing. Salah sendiri bikin kebijakan yang nyusahin, ya gantian kita susahin aja.

      Delete
  12. Kalau telpon ke kring pajak pakai pulsa sendiri apa gratis gan!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya bayar deh. Soalnya gw seringnya pake telpon kantor soalnya ini urusan kerjaan, hahaha

      Delete
    2. Kalo telpon dari hp pakai pulsa sendiri, jadi persiapan pulsa yang banyak sebelum telpon

      Delete
    3. Yak anda benar ! Siap-siap bangkrut nelpon kantor pajak !

      Delete
  13. Pengalaman telpon kring pajak pertama kalinya hari ini menyenangkan, telpon dijam 1530 dan percobaan ke-3 langsung diangkat, yang angkat mas-mas, penjelasannya runtut dan jelas.
    Untungnya baca artikel ini dulu sebelum telpon, jadi udah persiapan nomor npwp, hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waahhh anda beruntung sekali....

      Saya mah gak pernah, pasti kudu neror dulu

      Delete
  14. hai mas riza
    makasih bgt ya sudah menyuarakan apa yg gw alamin.. sayangnya sy baru baca ini stlh menghabiskan pulsa hampir 100 rb
    thanks kring pajak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwk, dikerjain kring pajak ya mbak???

      Harus punya kesabaran SELUAS SAMUDRA deh mbak

      Delete
  15. dan msh blm tersambung pencet 1 terus.. sibuk banget ya 😊

    ReplyDelete
  16. coba menjelang tutup deh... ampun ini kagak nyambung2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pokoknya harus teror, gak teror gak bakal nyambung.

      Delete
  17. pencet 1 jg cm bs 2 kali, abis itu lgsg otomatis terputus -.-

    ReplyDelete
  18. Udah suruh bayar, suruh lapor, ribet aturannya, mau tanya AR, si AR jawabnya ENGGAK TAU, tanya KRING PAJAK CUMA SIMBOL FORMALITAS, ngadu ke siapa lagi?

    Buat aturan sendiri, ribet sendiri, giliran dikomplain g terima.. hedeh banget deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suara anda sudah saya suarakan mbak, hahaha

      Delete
  19. Rekor gan, sekali telp gw langsung dijawab sama mbak mbak yg suaranya lembut sekali. begini jawabnya "Jurusan yang anda tuju sedang sibuk, silahkan coba beberapa saat lagi" ☺
    Anjrit, 5 kali dalam kurun waktu 3 menit (gaya teror mas Riza), masih belum nyambung juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk, emang enak dikerjain kring pajak !

      Hahaha

      Delete
  20. wkwkwk sama nih nelponin kring pajak sibuk mulu gan mungkin mereka lelah gan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mereka lagi ngopi di pantry sambil makan pisang goreng -__-'

      Delete
  21. Mas... Case ku ribet nihh..
    Jadi 6 tahun lalu saya dibuatin npwp sama perusahaan. Nah sy resignnya 4 tahun lalu.. Saya gk pernah dapat spt tahunan (dr perusahaan tersebut) dan kartu npwp nya hilang.

    Terus 3 tahun lalu saya melamar di perbankan. Tapi selama dua tahun saya dapat spt tahunan (menggunakan nama perusahaan). Dikarenakan hilang kartu npwp, saya minta orang pajak untuk dibuatkan kembali kartu npwp nya. (saya gak tahu dengan nomor yang sama atau bukan)

    Dan sekarang saya tidak bekerja lagi..
    Dan setelah tidak bekerja, npwp sy hilang lagi.
    Yang ingin saya tanyakan:
    1. Kemaren sy pernah dftr e-fin (ikut sosialisasi di kerjaan kedua) tapi sy lupa pakai no. Npwp yg mana??, apakah bermasalah??
    2. Apakah saya dikenakan denda??
    3. Apakah saya saat ini harus menonaktifkan npwp?
    4. Sy ad apply kartu kredit, biasanya untuk apply kartu kredit harus menggunakan npwp. Dan biasanya marketing akan menggunakan cara untuk mengeluarkan kartu kredit nasabahnya (mereka yg membuatkan slip gaji, spt tahunan sendiri atas nama nasabah). Apakah bermasalah? Dan dikenakan denda??
    Mohon pencerahan. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sptnya Anda harus menghub kring pajak.... 😀😀

      Delete
    2. Iya nanya kantor pajak aja. Minta di cetakkan lagi, jangan lupa bawa KTP. Kayaknya si gak bermasalah mbak. Soalnya kalo NPWP udah 3 tahun gak aktif (gak bayar gak lapor) biasanya secara otomatis dinon-aktifkan sama kantor pajak.

      Delete
  22. benar sekali ini harus coba terus pantang menyerah , sampai tersambung
    butuh kesabaran

    ReplyDelete
  23. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  24. Sebaiknya berpikir positif dlu, siapa tau memang yg telf ketika pagi jam 8 dan sore stgh4 lebih banyak dibandingkan jam lain sedangkan petugas yg memberikan layanan terbatas jumlahnya..setahu gw pekerjaan call center itu pekerjaan yg paling menuntut kedisiplinan para petugasnya dan ada konsekuensi bagi petugas yg melanggar jadwal.. Cmiiw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gimana mau berpikir positif mas, la wong saya udah nyoba berkali-kali. Dari jam 8 pagi, siang, sore, susah nyambungnya. Apa yang saya tulis berdasarkan pengalaman. Kalo ada yang selalu tersambung ketika nelpon ya itu keberuntungan mereka. Ini tulisan semua didasarkan pada pengalaman saya, jadi berasal dari sudut pandang saya.

      Delete
  25. Menurut saya ada beberapa penyebab kenapa kring pajak bermasalah di mata WP
    1. kringpajak itu menjawab pertanyaan sesuai peraturan, nah biasanya WP kalo udh dihadapkan dengan aturan pengennya dijelaskan dengan bahasa yg lebih mudah dicerna sehingga durasi telepon lebih lama, mungkin ini yg buat kringpajak susah dihubungi
    2.kira2 lebih banyak masalah diseputar pajak atau bank? nah membandingkan antara kedua hal ini sebenernya tidak tepat karena merupakan 2 hal yg berlawanan. Bank memberikan pelayanan karena mereka butuh nasabah, pajak sebenernya merupakan institusi penegakan hukum, kalo dibilang pajak butuh WP, sebenernya tidak sepenuhnya benar, karena sebenernya WP membayar pajak untuk memenuhi kewajibannya sebagai warga negara. Sebagai imbal baliknya, uang yg bersumber dari pajak dikembalikan ke WP secara tidak langsung dalam bentuk fasilitas umum dan subsidi
    3.saya setuju kalau kringpajak buka layanan diluar jam kerja juga. tapi harus dilihat SDM nya jg, karena kalau bank mungkin bisa outsourcing untuk SDM nya, DJP tidak bisa seperti itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih. Tapi kita warga negara mana peduli sama masalah mereka. That's their problem, handle it ! Karna itulah gunanya mereka dibayar. Memberikan pelayanan perpajakan yang baik untuk masyarakat. Kita sebagai warga negara yang baik, sudah bayar pajak, berhak untuk mendapatkan pelayanan yang baik pula.

      Delete
  26. saya telpon jam 11 cuma 2x percobaan,, dijawab dengan baik dan benar,, enak banget ya nanya2 pajak disini asik yg jawabnya ga ngebingungin kyk di kantor pajaknya langsung #eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh beruntung sekali anda...

      Gw mah berkali-kali baru nyambung -__-'

      Iya, emang orang pusat tuh pinter-pinter, gak kaya pegawe KPP. Suka telmi.

      Delete
  27. Benerrr....susahnya setengah mampus. Kalaupun tersambung, bagian informasinya lg sibuk melayani pelanggan lain. Mmg karyawannya cumen 1 kali ya? Ckckckk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat ! Anda baru saja dikerjain pegawai pajak !

      Delete
  28. Wah berarti saya termasuk yang beruntung....coba sekali langsung diangkat mbak mbak :)

    ReplyDelete
  29. lagi di kantor (kantor saya akuntan pajak cabang dari jerman). mau nanyain soal pencetakan kartu di daerah yang bukan tempat daftar bisa apa gak. cuma mau tanya itu. usahanya dari jam 9 pagi sampe jam 12.. memang pake jeda sih tiap setengah jam. karena kesel slangsung nge-googling dan nemu cara teror-nya mas riza.

    finally, after nerror sekitar 8-10x, saya dijawab sama mas2 yang untungnya baik dan untungnya lagi saya gak jatuh cinta sama dia.

    makasih.

    ReplyDelete
  30. mas, itu cara nerornya gmn???? kepo dong, ngomong apaan dah sama org pajakknya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya telpon terus sampai nyambung. Ngomong apaan? Ya mas keperluannya apa, tinggal disampaikan. Yang susah itu gimana caranya biar nyambung ke call center. Kalo udah nyambung mah enak. Mereka ramah-ramah kok.

      Delete
  31. betul tuh saya udah nyoba hari ini 8 kali dan finally gak berhasil hehehehe...
    mas riza saya tanya mas riza aja deh, semenjak ada update dari KPP saat awal Okt 2017 data inputan PPN masukan saya setelah di upload jadinya ke reject, padahal uploadernya jalan. tolong infonya ya mas gimana caranya. makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, saya juga pas mau upload di reject. Sampai sekarang saya belum nemu caranya karena menurut saya ini dari server pusatnya DJP. Yang bikin sistem siapa yang repot siapa. Capee dehhh

      Delete
  32. SETUJUUUUUUUUU!!!!!
    Baru kmarin kejadiannya, begtu dah ikutin smua petunjuk & akan disambungkan ke CS nya eeeeeeeh,,,,, dibilang "MAAF CS KAMI SEDANG MELAYANI PELANGGAN LAIN, COBALAH BEBERAPA SAAT LAGI" O....M....G....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat ! Anda baru saja dikerjain kantor pajak, wkwkwkwk

      Delete
  33. Thanks Mas Riza, menggambarkan pengalaman gue banget kalo mau nelpon kring Pajak. Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwk, gimana rasanya nelpon kring pajak?

      Makan ati kan?

      Hahaha

      Delete
  34. telpon ke KPP Pratama, orang nya jutek2 dan menggampangkan. jawabannya gak lain "tunggu aja beberapa saat lagi, di coba aja dulu bu, terus dicoba aja lagi, bla bla bla ada yang ngelayanin sambil makan pula"
    telpon ke kring pajak, 3x gak bisa katanya "maaf telepon yang anda tuju sedang sibuk" nah ke empat kalinya bisa, gue mau konsul EFAKTUR padahal udah pencet sesuai arahan operatornya tapi pas nyambung, udah ngomong sama orang pajaknya katanya "sebentar saya sambungkan ke bagian aplikasi pajak" (dalem hati, lah td kan udah pencet pengaduan aplikasi mau di tranfser kmn lagi nih) oke gue tunggu gue ikutin, mulailah nada tunggu terus bunyi lagi "maaf petugas kami sedang nganuin pelanggan lain, silahkan tekan 1 utk menunggu" oke ampe 3x begitu turus mencet 1 suruh nunggu nah ke 4 kalinya "silahkan hubungi kami kembali beberapa saat lagi.
    kaya gitu udah gue coba 5x (sempet ngomong sama manusianya tapi disambungin lagi entah kemana ujung2nya waktu tunggu gue abis dan mulai dr awal lagi)

    auah gelap !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwk, emang enak dikerjain orang pajak?

      Gw udah berpengalaman....

      Jangan punya ekspektasi yang tinggi-tinggi sama kantor pajak. Yakin gw, mereka baca blog gw tapi gak ada yang berani komen, cemen semua soalnya, wkwkwkwk

      Delete
  35. Berhubung lg nlp in kring pajak iseng" buka mbah google mnta wangsit biar segera trsambung eh malah baca ni blog,hahahaa jd tau jurus teror yee bng😂😅😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya lah. Gila gw baek banget kan mau kasih tau caranya nelpon kring pajak?

      Delete
  36. biar ga berharap sekali telp langsung diangkat tapi kalau sudah telp kring pajak dari jam 9.30-11.00 masih sibuk terusss, terlalu....emosi udah sampe ke ubun2 gan. efaktur error dan sudah googling solusinya ada tapi begitu dicoba ehhh ga bisa juga dan solusi terakhir tetap aja harus telp kring pajak, tetapi kerjaan kan ga cuma mantengin pajak aja.saya setuju dgn blog agan semoga ini bisa jadi evaluasi dan ada perubahan yang lebih baik, tapi sekali lagi tidak berharap banyak alias mustahil:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwk. Kalo kenal sama bu Sri Mulyani, kasih gih link blog saya ke beliau. Biar dia bisa nyobain. Pra pejabat mana tau yang beginian. Taunya beres dikerjain sama bawahannya. Makanya gak sadar aja, kebijakannya sangat merepotkan.

      Delete
  37. berarti sy termasuk mujur dong setiap kali nelpon kring pajak, percobaan pertama selalu langsung diangkat.

    ReplyDelete
  38. harusnya pengalaman mas itu bisa di share mas di Facebook, mudah-mudahan aja bisa ter share ke facebooknya pak jokowi atau Ibu Sri Mulyani dan segera deh diambil tindakan perbaikan ( semoga bukan dalam mimpi ya...), saya juga termasuk salah satu korban kring pajak bukanya tersambung malah pulsa saya tersedot....aiiiiiih.....tanya ke KPP terdekat sungguh sangat mengecawakan.....masa satu kantor KPP nggak ada yang tahu...sedih banget gw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang menyedihkan kok. Enakan nelpon Kring Pajak, orangnya pinter-pinter. Orang KPP mah kebanyakan oon. Tapi ya itu dilemanya susah dihubungi. Tapi sekalinya nyambung mereka ramah dan kasih penjelasannya enak dan ramah banget.

      Delete
  39. Ini sangking kekeuh dial sampe 100x biar nyambung, begitu nyambung, eh lupa mau ngomong apa...

    ReplyDelete
  40. Bener......... Susah banget telp kring pajak, harusnya pegawainya diperbanyak tuh... 1000 orang kek.... Yg di KPP mah kurang2in... Soalnya pas udah tersambung jawabnnya memuaskan, dasar hukumnya juga ada,,, enak bet kalo udah tersambung pokoknya........

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang di KPP mah kerjaannya ngopi cantik sama ngupil cantik. Gak guna naroh orang di KPP banyak-banyak. Buang duit buat gaji mereka.

      Delete
  41. Sekian tahun setelah posting pertama.. hari ini saya ditelp 021 1500200.. alias KRING PAJAK.. hp di dpn gw.. bunyi 3x.. pas mau diangkat mati.. diteror juga ga nyambung... masa omzet trilyunan tega php miskol doang ke kita2..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya ampun, miskin amat sih kantor pajak. Cuman miskol -___-'

      Delete
  42. iyaa bener nih. baru aja ini tlp KRING PAJAK. udah lebih dari 10x tlp, tapi gak tersambung. wah wah...

    ReplyDelete
  43. Selamat ! Anda baru saja dikerjai kring pajak !

    ReplyDelete
  44. ane diminta temen untuk tanya ke Kring Pajak karena NPWP dia mati,, Yassalam, entah berapa kali ane coba telpon Kring Pajak, bujubuneng susahnya nauzubile , lelah hayati bang,,yang ada emosi melanda jiwa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwkwk, selamat ! Anda baru saja dikerjai kantor pajak !

      Delete
  45. ini bener banget sih, kesabaran sangat diuji menghubungi Kring Pajak. Nomor 1500200 tercut terus tanpa ada nada seakan-akan nomornya salah atau rusak atau whatever. Tapi kalao lucky bisa kesambung. Trus masukin NPWP ga boleh ada jeda sedetikpun. Saya tadi susah banget masukin NPWP, jd saya pilih ke pilihan yang belum berNPWP, bener aja ditolak petugasnya, katanya petugas yang melayani berbeda...yg angkat petugasnya namanya Andre, dengan logat daerah yang lumayan khas........kan saya mikirin pulsa ya jalan terus..okelah saya ulang...dengan sebelnya.

    Mengulang kembali proses telepon 1500200 yg susah banget, masuk NPWP berkali-kali sampe akhirnya berhasil....eeehhhhh lhaaa yg ngangkat die die jugakkk.......nah ya ketauan..katanya petugasnya beda-bedaaa... logat daerah yang iconic secara otomatis jadi kesave sama kuping saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tabok aja! Dih gila, udah bagus kita mau nelepon mereka. Dikiranya kita banyak waktu sama uang kali nelponin mereka. Kalo nelpon mereka emang harus banyak sabarnya, huhuhu

      Delete
  46. Ada yang mencoba mengontak email pengaduan@pajak.go.id? atau fitur live chatnya di http://pengaduan.pajak.go.id/ ? Bagaimana pelayanannya di sana? thx

    ReplyDelete
  47. Kezel ituh..
    Belasan kali redial kring pajak
    Sekalinya nyambung eeeh si kecil mewek bangun dr tidurnya
    Wassalamu'alaikum

    ReplyDelete
  48. Yg paling konyol, telepon sudah duterima, sudah masukkan NPWP lalu dgn enaknya dijawab petugas kami masih bekerja keras, tekan angka 1 jika sabar, dan akhirnya dibilang hubungi kami kembali, kan lebay jadinya, mendingan ditolak dari awal, telepon masih sibuk, ndak buang2 pulsa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat ! Anda baru saja dikerjai kantor pajak !


      Wkwkwkwkk

      Delete
  49. Haloo...mau ikutan sharing nih...

    Wah kayaknya pada susah susah amat ya menghubungi kring pajak...

    Aku mau berbagi pengalaman aja ni..aku tuh gak susah loh hubungi kring pajak..biasanya paling lama 5x dial dah nyambung..

    trik nya sih gini, waktu tekan angka angka 1500200 setiap tekan angka harus tekan agak lama (kira-kira 5 detik or boleh lebih per angka)..pengalaman aku sih cepet nyambung..
    kalo kamu pencetnya cepet-cepet jangan harap cepat nyambung deh..apalagi kl di redial..

    aku sih ga tau hubungannya apa, tapi it work loh..
    masalah setelah nyambung mesti nunggu lagi or tekan angka ini itu lagi sih wajar lah..lah wong udah bisa masuk aja seneng banget, jadi sabar dikit its ok lah ya gak??

    sebetulnya trik ini aku coba gara-gara telp rumah kakak ku yg kalo di hubungi sibuk terus..padahal sebetulnya ga di pakai tips dr kakakku yang satu lagi kalo telp ke rumah si kakak ini pencet tiap angkanya agak lamaan pasti nyambung..eh di coba bener nyambung.. Nah trik itu aku coba juga di Kring pajak atau layanan hotline yang susah masuk..dan alhasil sih kalo aku selalu berhasil...

    Selamat mencoba... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbaknya, saya kan coba tips dari mbak. Tapi ko gak ngaruh ya, mau saya dial cepet-cepet atau pun dengan kecepatan 5detik/nomor, tetep aja gak nyambung. Kayaknya memang cuman orang-orang terpilih yang bisa ngobrol sama Kring Pajak.

      Delete
    2. Wah kl saya kok gampang ya mba...barusan aja saya telp ke kring pajak masalah e-faktur sekali dial aja langsung nyambung loh..ya dengan tips itu pencet tombolnya lamaan gitu mba...
      emg ga selalu sekali dial langsung nyambung kadang perlu beberapa kali, tapi paling banyak 5x biasanya udah nyambung kalo saya...
      kalo kayak si mba Ruth bilang hanya orang-orang terpilih...wah berarti saya termasuk yg terpilih donk ya...hehehe

      tapi dicoba lagi deh mba sabar aja pencet nya jangan buru-buru..pelan pelan aja slow but sure gitu..

      Delete
    3. Wkwkwkwk, emang enak dikerjain sama kantor pajak....

      Dih, enak banget sih lu mbak, gw selalu di PHP-in sama kantor pajak

      Delete
  50. Luar biasa...
    Beneran perjuangan dan karena putus asa saya minta pencerahan om Google dan ketemu Blog ini.
    Ini diposting 2016 ya?
    Hadowhhh sampai tahun 2018 masih saja tidak ada perubahan itu kring pajak. Ckckckck

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat! Anda baru saja dikerjai kantor pajak....

      Delete
  51. iya bener tuh mas, tapi kalau ibu yang terhormat sri mulyani atau bahkan presiden baca ini kira2 di tanggapin gak ya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak mas, aku mah apa. Hanya debu di tiang bendera...

      Suara saya mah receh...

      Delete
  52. Barusan selesai pencet 1500200 ni, baru 3x coba blm kesambung wkwkkw
    Wah wah... mungkin no yg punya blog udah di lock sama kring pajak ya makanya di PHPin mulu XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan gw udah bilang mbak, harus sabar. Kalo perlu punya kesabaran seluas samuderaaa

      Delete
  53. aku donk... tlp kring pajak 2 kali panggilan langsung nyambung , Alhamdulillah ! ( Lagi beruntung kali ya ... yg angkat mbak mbak suaranya bagus ramah sabar baik pula ... ) masalah pajakpun clear !!!

    ReplyDelete
  54. Haloo.. senang baca-baca ada yg review tentang kring pajak hehe..
    Sedikit koreksi aja, tentang jam kerja pegawai sebenernya emg dr jam 8-4 sore.. benar2 sudah ada pegawai yg standby buat angkat telpon di jam tsb. Krn pegawai kring pajak sendiri jg dinilai dalam ketepatan waktu mereka dalam log in dan log out saat akan ngeshift angkat telpon :)

    Untuk susahnya emg mungkin krn sistem dalam penyambungan telponnya :) krn masih dalam layanan pemerintah jelas sekali bedanya dg layanan swasta yg pastinya bermodal sangat besar. Doakan saja supaya layanan sistem untuk kring pajak bisa terus ditingkatkan sehingga bisa melayani WP dg lebih baik..

    Oh ya, fyi aja hehe saat ini kring pajak memiliki sekitar 100 agen informasi yg siap melayani WP dr jam 8-4 sore.. tp memang SDM yg tersedia disadari tidak sebanyak WP yg menginginkan informasi. WP di Indonesia sendiri mencapai ratusan ribu. Jd sekali lg terima kasih atas apresiasi kpd kring pajak dan doakan supaya kring pajak lebih banyak membentuk SDM yg mumpuni dan bisa membantu WP serta bisa melayani dg lebih baik ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Guysssssss

      Ada orang pajak di sini nih, mari kita bully sama-sama !!!

      YEEAAHHHH......


      Eh halo, mas/mbak/bapak/ibu, saya gak akan mendoakan apa-apa untuk kring pajak karena saya lihat dari dulu gitu-gitu aja. Gak ada perubahan yang berarti. Gak bisa ya pegawainya ditambah jadi 1000 atau 10.000 sekalian? Masa kantor pajak gak mampu bayar sistem yang kece kaya swasta. Minta sama Menteri Keuangan dong. Lagian ini kan buat meningkatkan penerimaan negara. Jangan maunya meningkat doang, perbaiki layanan dong.

      Delete
  55. wwkwk ini kok curahan unek unek gw banget yaaa..

    ohya bang gw sering tlp kring pajak semenjak kerja dari 2018.
    nah entah kenapa setelah gw perhatiin di 2019 ini gw gak pernah bisa hubungi. Jadi kan diminta masukin npwp tapi keterangannya selalu salah npwp, padahal udah bener. sampe gw hapal tuh npwp badan udah diluar kepala gw. kira2 kenapa ya ? apa gw diblokir karena kring pajak bosen sama gw selama 2018 kemaren ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kayaknya mbak, hahahaha

      Die lagi, die lagi. Ngapa sih nelpon mulu. Gw blok aja lah...


      HAHAHHAHA

      Delete
  56. HADEEHH….KALO MENURUT SAYA CARA TERROR PUN JUGA NGGA MEMPAN LEBIH SAKTI KRING PAJAK MUNGKIN YA KRN SAYA TELPON DARI PAGI TDK BISA SAMPAI EMOSI JIWA....WOI DJP SUDAH NGOPI BELOM

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwk

      Emang enak mbak dikerjain sama kantor pajak?

      Gw tau perasaan kalian semua, makanya gw curahin di blog gw sendiri.

      Hahaha

      Delete
  57. gue nelpon baru dua kali aja abis pulsa 15rebu. kagak ada hasil. sayang sayang aja kebuang nihil. suek

    ReplyDelete
    Replies
    1. HUAHAHAHAHA

      Emang enak dikerjai sama kantor pajak

      Emang susah-susah gampang nelpon mereka. Tapi sekalinya nyambung enak banget.

      Delete
  58. sek numpang ngguyu, mau sambat sudah terwakili sama mbak2 mas2 comment di atas...yasudahlah saya akan mencoba peruntungan saya lagi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo coba lagi....


      Wkwkwkwk, emang enak dikerjai kantor pajak

      Delete
  59. Berat memang menghubungi mereka gan, telepon 30x gak nyambung-nyambung, live chat gak direspon, beuhh...

    ReplyDelete
  60. Iyah live chat juga ga ada respon sama sekali.. udah datang ke KPP nya juga nihil hasilnya. Padahal mau urus npwp yang hilang malah makin dipersulit.

    Hadeuuuhh pelayanan indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minta pencetakan kembali bisa gan. Gw aja gitu.

      Delete
  61. bener parah banget kring pajak. gue mungkin udah hubungi sampai 15x lebih tapi ngga ada yang nyambung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baca istigafar dulu gan, seribu kali kalo bisa. Abis itu baru deh telepom Kring Pajak. Kalo masih gak nyambung, diumpat aja telponnya. Keluarkan semua kata-kata kasar yang agan hapal, wkwkwkwk

      Delete
  62. Susah nyari orang yg mau kerja lama sebagai pegawai call center. Ada risiko kerusakan telinga n penyakit-penyakit khas call center. Belum lagi nyari yg pinter pajak dan hal-hal yg terkait yang mau digaji sama (atau mungkin kurang) dari yg di KPP. Apalagi klo dia punya kesempatan (pendapatan) yg lebih tinggi di luar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lahhh, pantes aja dari dulu sampe sekarang masih susah dihubungin. Ternyata ini alasannya.

      Delete

Cieeehhhhh yang abis baca blog gue sambil ketawa-ketawa, kasih komentarnya dong sayy....