Lapor SPT Tahunan

3/20/2019 09:21:00 am Riza Alhusna 27 Comments

Halo semuahhh

I'm back.. I'm back...

Sabar-sabar, gw duduk dulu tarik napas...

Fiuhhh




Hei kalian semua? Apa kabar? Sehat kan?

Ini bulan Maret kakak, waktunya lapor SPT Tahunan. Kalian yang punya NPWP wajib lapor yah. Yah walopun penghasilan kalian di bawah PTKP (Pendapatan Tidak Kena Pajak) tetap wajib lapor. Ayo dong jadi wajib pajak yang tertib. Kan sekarang lapornya online, gampang. Yang penting udah punya E-FIN.

Gw heran yah, kok ya banyak yang gak mau lapor. Apa susahnya sih lapor? Lebih baik jujur mengakui semua penghasilan kita daripada dikejar-kejar pegawai pajak. Malah hidup lu gak tenang. Gak usah sok. Gw kasih tau yah, sebagai orang yang kerjanya tiap hari berkecimpung sama pajak, gw bisa bilang orang pajak itu pintar-pintar. Sepintar-pintarnya lu nyembunyiin duit, bakal terendus juga. Sekarang sih gak ketauan, tapi nanti suatu saat pasti ketauan. Tiba-tiba dateng aja surat panggilan atau tagihan pajak. Kalo udah kaya gitu mau gimana coba?

Sebagai teman yang baik, gw ingin menghimbau kalian semua buat jadi warga negara yang baik. Kalo udah punya NPWP silakan lapor SPT Tahunan kalian. Inget, formulirnya ada 3 jenis. 1770 SS, 1770 S, 1770. Bedanya apa? 1770 SS itu untuk yang penghasilannya dalam setahun kurang dari 60 juta. 1770 S itu yang dalam setahun penghasilannya lebih dari 60 juta. Kalo 1770? Itu untuk pekerja bebas. Bedanya apa dong sama yang lain? Kalo 1770 SS dan 1770 S itu buat pegawai. Lu kerja sama orang, maka pake itu. Makanya lu dapet bukti pemotongan PPh 21 dari kantor lu. Tapi kalo lu jualan online, pedagang, buka konter, warteg, warung atau intinya lu gak kerja sama orang pakenya 1770. Itu penjelasan gampangnya. Inget ya, penghasilan kurang dari 60 juta atau lebih dari 60 juta itu bruto bukan netto.

Lapornya online aja. Yang penting punya E-FIN. Dapetnya dari mana mas? Dari kantor pajak. Buat E-FIN pertama kali itu harus di kantor pajak. Habis itu tinggal lu isi online aja deh semua. 

Baik kan gue bantu pemerintah?

Jangan lupa terakhir lapor 31 Maret. Lebih dari itu boleh lapor mas? Ya boleh, tapi lu kena denda 100 ribu. 

Udah yah gitu aja dulu. Mari jadi wajib pajak yang tertib !

Byeee....

27 comments:

  1. Aku bingung gimana lapornya, akhirnya bayar jasa orang buat lapor SPT Pribadi :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya ampun, itu gampang banget. Sini-sini gw ajarin, gratis...

      Delete
    2. padahal ngelapornya semudah belanja online, persis kayak registrasi lho..

      kalau gini, apa mungkin ada banyak orang yang kesulitan ngisi SPT, gimana kalau kita buka jasa aja XD

      Delete
  2. aku masih pake 1770ss
    padahal dah risen
    mau ngitung lagi males sih wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya tidak pakai apa apa karena sudah lama risennya :)

      Delete
    2. Gak papa om Ikrom, lagian orang pajak gak bakal meriksain WP receh kaya kita.


      Pasti Om Djangkaru gak lapor yah? Wkwkwkwk

      Delete
  3. Saya dulu sempat punya npwp, tapi lupa setelah nganggur. Saya cari tidak ketemu juga itu surat maupun identitasnya. itu pun saya mencari karena terpaksa, ada partner yang menanyakan nomor npwp.
    Malas urus lagi, pendapatan masih kecil, repot jika harus dipotong sana kemari, nanti habis deh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paling udah di freeze sama kantor pajak. Soalnya kalo 2 tahun atau 3 tiga tahun gak lapor SPT Tahunan, NPWP-nya di freeze sama kantor pajak.

      Delete
  4. Waduh, mesti buru-buru lapor nih biar gak kena denda :)

    ReplyDelete
  5. Om... ajarin ane dulu gimana sih pajak itu.. ane dah dapet di pelajaran Ekonomi tapi kok gak paham-paham yaaaa :v.

    ...atau karena emang otak gue... --"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti aja nak kalo udah kuliah. Anak SMA mah gak usah pusing mikirin pajak.

      Delete
  6. Kalau saya sih laporan NPWP sekalian dibikin sama bagian yang membikinnya di kantor :D haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah, eank amat. Rajin amat itu tax departemennya.

      Delete
    2. Memang sudah tugasnya membantu karyawan lain bagian itu :D

      Delete
  7. Ih, aku baru tahu klo Maret adalah saatnya bayar pajak hihihi....


    #ketauan gaPernah bayar pajak

    ReplyDelete
  8. Di sini orang-orang yang udah kerja semua ya 🙈
    Aku baru aja minggu lalu ikut sosialisasi lapor SPT tahunan hihi baru ngerasain kerja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat dek ! Nanti th depan bisa ngerasain lapor spt tahunan

      Delete
  9. Aku mau bikin NPWP bingung caranya kwkw
    UDah dpt email waktu ituh, tapi pas hari H yg mesti nganter brkasnya malah bentrok sama hal lain sehingga batal deh

    terus hangus permohonannya

    mau bikin lagi udah males kwkwkw

    belum gawe sih emang. SK PNS ku juga belum rilis
    selama ini jajannya dari blog dan instagram ajaa
    blum perlu NPWP kan itu om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mending bikin sekarang deh ul. Soalnya PNS itu NPWP wajib. Liat aja besok kalo gak percaya. Daripada lu repot besok pas udah kerja mending sekarang aja bikinnya.

      Delete
  10. Alhamdulillah ak sudah lapor SPT tahunan.

    Bukan ak sih, tapi minta tolong orang kantor laporin, hehe.

    ReplyDelete
  11. Alhamdulillah gua udah lapor spt tahunan kemarin. Hihihi

    ReplyDelete
  12. Wah... Aku baca ini Bulan April. Tapi, syukurlah, Bulan Maret kemarin aku sudah lapor.
    Diingetin abangku.
    Gampang sih lapornya. Semudah bikin akun, gitu saja kok.
    Yang penting jujur.

    Makasih Kak.
    Salam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang gampang, asal kita mau coba dan belajar.

      Kadang orang udah males duluan karena gak mau nyoba.

      Delete

Cieeehhhhh yang abis baca blog gue sambil ketawa-ketawa, kasih komentarnya dong sayy....