Pengalaman Pertama Jadi Ayah

 Halo semuaaa

Apa kabarr???

Baik kan??

Kalo sakit ngopi-ngopi gih sama Jessica !

*toyor pala*


Halo-halo semua. Gw menulis lagi dari kota yang spesial buat gw. Dimana lagi kalo bukan di Mataram, Lombok. Entah kenapa kota yang biasa aja ini begitu spesial buat gw. Yang udah ngikutin blog gw dari awal pasti ngerti jawabannya. Buat yang gak ngerti, sila di cek di mari.

www.freepik.com

Mumpung gw lagi senggang, gw mau cerita nih pengalaman gw saat pertama jadi ayah alias jadi bapak. Gw yakin nanti cowok-cowok akan merasakan juga hal yang sama. Untuk para calon bapak, halooo... sebentar lagi anda akan merasakannya. Ini berdasarkan pengalaman gw yah. Maap-maap kalo rada gesrek. Apa sih yang gak gesrek di hidup gw. Buat anak gw, adekkk, jangan malu ya punya ayah kaya daddy, wkwkwkwk.


1. Takjub

Yak ! Ini dia perasaan pertama yang akan kalian rasakan saat pertama kali melihat anak kalian lahir !

Saat pertama gw lihat kepala anak gw lahir dari 'itu' bini gw, gw merasa sangat takjub ! Kok bisa ya kepala segede itu bisa keluar dari 'situ'? Sungguh pertanyaan yang gak bisa gw jawab. Saat pertama gw lihat wajah putri gw, gw pun merasa sangat takjub.

Ya ampunnn, itu bayi yahhh???

Itu anak gw???

Oh mai gatt, gw jadi bapak !

Saat pertama kali lihat anak gw menangis, gw pun sangat takjub. Ya ampunnn, anak gw nangisss... *norak*

Terus saat lihat anak gw pertama kali tersenyum pun gw takjub. Ya ampunnn, anak gw senyummm... *norak lagi*

Saat anak gw diem ditaruh di dada emaknya, gw pun takjub. Ya ampunn, anak gw antenggg...
*norak kuadrat*

Pokoknya isinya serba takjub terus habis itu lu jadi norak. Liat anak lu ngeliatin lu, lu takjub. Liat jari-jarinya utuh, lu takjub. Denger anak lu kentut, lu takjub. Bener-bener norak banget gw tuh pas pertama punya anak.

Percayalah, kalian akan merasakannya nanti.


2. Bangga

Itulah perasaan selanjutnya yang gw rasakan. Bangga luar biasa saat bisa melihat anak gw lahir di dunia. 

WOW AKU LELAKI SEJATI !!!


Wkwkwkwk

Gw sudah ikut meramaikan bumi ini dengan penambahan penduduk, wkwkwkwk. Saat pertama kali gendong anak pun rasanya bangga luar biasa. Ternyata gini toh rasanya punya anak? Rasanya pengen gw pamerin ke siapa aja kalo gw baru aja punya anak. Bahkan kang cilok yang barusan lewat pengen gw panggil terus gw pamerin anak gw. Iya, gw norak, wkwkwkwk.

Setelah sembilan bulan menunggu, akhirnya gw bisa mendekapnya. Bangga luar biasa pokoknya !


3. Sabar

Ini lah yang gw rasakan setelah gw jadi seorang bapak. Emosi gw jadi sedikit teredam. 

Ketika melihat anak lu menangis, maka secara otomatis lu akan menggendong anak lu berusaha menenangkan anak lu. Disaat itulah lu secara tidak sadar berlatih untuk jadi pribadi yang sabar. Lu jadi bersabar mencari tau apa sebabnya anak lu menangis. Ingin minum kah? Atau pipis kah? Atau pup kah? Atau dia mengantuk?

Nah lu akan mencoba berbagai cara untuk menenangkan anak lu. 

Inget ya, anak lu adalah mahluk yang selama ini kalian inginkan. Jadi kalian harus sabar. Punya anak itu kuncinya satu, sabar. Sabar mengunggu kelahirannya. Sabar mengurus anak lu. Sabar mengganti popoknya yang berkali-kali ganti. Sabar menggendong berkali-kali sampe pinggang mau patah. Semua serba sabar.

Ingat ya, anak itu bisa merasakan apa yang kalian rasakan. Kalo kalian jengkel, anak akan semakin rewel. Tapi kalo kalian mau sabar, maka anak lama-lama akan anteng. Makanya harus sabar. 

Ternyata kesabaran gw juga menular ke kehidupan sehari-hari. Contoh nyata adalah, sekarang setiap nyetir gw jadi lebih sabar dan gak grubag-grubug. Pokoknya kalo ada yang menjengkelkan, sekarang gw lebih banyak tarik nafas karena inget sama anak gw.


4. Pintar Mengarang Lagu

Sumpah ini aneh banget tapi gw mersakannya sendiri. Entah yang lain bagaimana, tapi gw yakin pasti juga merasakan. 

Sejak anak lahir, secara otomatis gw akan menyanyikan lagu pengantar tidur yang gw hapal. Jadi, lagu nina bobok yang kalian hapal adalah lagu pengantar tidur versi ecek-ecek. Nanti kalo anak lu gak tidur-tidur, lu akan ganti ke lagu lain yang kalian hapal. Lagu apa aja, semua lagu yang ada di kepala kita akan kita nyanyikan. 

Gak tidur juga?

Akhirnya secara gak sadar lu menyanyikan lagu nina bobok versi lu sendiri yang diciptakan dengan spontan, nada yang spontan, dan suara yang spontan juga. Pokoknya liriknya suka-suka, nadanya suka-suka, dan didengar di telingapun suka-suka, wkwkwkwk. Dari lagu ciptaan sendiri versi koplo, dangdut, pop, jazz, sampe nyanyi sambil mendesis macem ular udah pernah gw praktekkin semua. Semua dilakukan hanya agar anak kita bisa tidur.

Disaat anak lu bisa tidur dengan lagu ciptaan lu sendiri, rasanya senang luar biasa ! Besoknya lu udah lupa sama lagu yang lu ciptakan. Akhinya ngarang lagu lagi sama seperti kemarin hanya biar anak lu bisa tidur. 

Jadi, siapa bilang kita gak bisa jadi pencipta lagu????


5. Selalu Kangen Rumah

Ini adalah sesuatu yang gak mungkin nggak. Kalian kalo udah punya anak, bawaannya pengen cepet pulang terus, karena kangen unyel-unyel anak kalian. Ngebayangin senyumnya aja bisa bikin kangen apalagi kalo ngesun anak. Hadehhh, gak pengen kerja rasanya. Pengennya di rumah aja sama anak kalo bisa. 

Sejak punya anak gw jadi manusia tenggo. Begitu jam 5 teng, langsung go !

Kerjaan? Buat besok aja lahh

Kaya gak ada waktu lain aja. Itu yang sekarang ada di pikiran gw. 

Maap ya bos, wkwkwkwk


6. Norak

Ini sih lebih tepatnya buat gw sendiri.

Gw pertama kali liat anak gw bisa pipis, gw malah norak sendiri. 

UWOWWW, ANAK GW BISA PIPIS !!!

*toyor pala*


Saat anak gw pertama kali boker, gw juga norak

WAAHHH, ANAK GW BOKERRR !!!

*toyor pala*


Pas anak gw kentut, gw tambah norak

YA AMPUNNN, ADEK KENTUTTT !!!

*ngelus dada*

Malu banget gue, tapi itu yang gw rasain, hiks.

7. Jam Tidur Tidak Pasti

Ini adalah konsekuensi yang gak bisa ditawar-tawar. Apalagi pas baru lahir. Anak akan bangun sesuka hatinya, gak kenal waktu. Ntah siang, ntah malam. Apalagi yang gak ada siapa-siapa kaya gw di perantauan. Semua dilakukan berdua. Pagi bini gw yang jagain. Maka malemnya gw yang gantian jagain. Kalo nangis minta susu gw kasihin ke emaknya. Udah nyusu, gw gendong biar tidur lagi. Kalo bangun karna pipis ya gw yang gantiin popoknya. 

Jadi gak ada itu pulang kerja santai-santai kaya di pantai. Tapi gantian jagain anak. Sudah pasti ngantuk banget. Tapi gak boleh mengeluh. Inget, itu anak berdua, ya kalian bahu membahu saling menjaga bergantian. 

Pokoknya sabar aja sama dibawa senyum. Yakin lah pengorbanan kalian gak akan sia-sia. Kuncinya cuman satu. Saat anak tidur, ya kalian harus ikut tidur. Jangan main hape atau begadang. Karena nanti kalau anak kalian bangun, kalian gak akan punya waktu buat istirahat. Banyak makan makanan bergizi sama rajin olahraga aja biar badan sehat.

Hmmp, apalagi yak? 

Bingung gw mau nulis apalagi. Ntar deh kalo ada inspirasi gw tambahin lagi. Gw yakin ini bapak-bapak yang pada baca pasti senyum-senyum karna udah pernah ngerasain apa yang gw tulis. Iya kan???

Hayo ngaku....


Wkwkwkwk


Yasud yah, bayy....

Post a comment

11 Comments

  1. Siap2 begadang klo jadi ayah, aku ngalamin nih ngajak melek aja bayinya haha

    ReplyDelete
  2. Barakallah.. happy new baby.
    Jgn lupa siapin ind*mie isi 40. sehari makan 1 ya

    ReplyDelete
  3. biasanya gitu za...kalau baru jadi ayah baru...dunia serasa milik bapak dan bebynya hihi..trlebih kalau bebynya cewek cantik unyu unyu wah wes mben dino rasanya cuma pengen cepet pulang gasik hahhahaha...tapi ya harus nrenteng gantian bagi tugas ma bojo ya hahhahahah

    ReplyDelete
  4. alhamdulillah, barokah mas, udah siap mie goreng 1 dus? 40 hari puasa, :P

    ReplyDelete
  5. Duh jadi pengen segera jadi ayah. Jodoh mana jodooohhh 😭. Kalau melihat teman2ku yang sudah punya anak, hal yang paling sering mereka rasakan adalah selalu kangen rumah, memang anak adalah segalanya ya.

    ReplyDelete
  6. HORE OM SUDA TUWAAAA
    *eh maksudnya OM SUDA PUNYA ANAAAKKKKK

    ReplyDelete
  7. hai mas... happy new year 2021.. maaf ya sebab saya baru berkesempatan untuk singgah di sini.

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah sudah jadi Ayah tambah tanggung jawan sekarang bang

    ReplyDelete
  9. aku yang bukan bapak bapak aja, baca ini mesem mesem
    entar agak gedean dikit, sekian bulan gitu, uuhh tambah pinter ngoceh tuh, bapaknya bisa kalah sahut sahutan sama anak

    ReplyDelete
  10. Selamat pak, walau bagaimanapun tetep seru pak kayaknya hehe
    Moga aja aku cepet dapet jodoh aamiin

    ReplyDelete

Cieeehhhhh yang abis baca blog gue sambil ketawa-ketawa, kasih komentarnya dong sayy....